26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Cara Klaim Asuransi Tugu Mandiri dan Cek Saldonya Termudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara klaim Asuransi Tugu Mandiri dalam ulasan berikut ini tentunya sangat penting diketahui oleh para nasabahnya.

Seperti dipahami bersama, memang, memilih produk asuransi adalah hal yang sangat membingungkan. Pasalnya, ada manfaat yang sangat banyak dan juga premi yang harus dibayarkan, yang kemudian menjadi pertimbangan bagi banyak orang.

Bahkan, bukan hanya berhenti sampai di situ, kamu pun mesti memberikan usaha tambahan untuk mengajukan klaim saat dirimu menghadapi suatu masalah yang di-cover oleh pihak asuransi.

Akan tetapi, kalau kamu adalah pemilik dari asuransi Tugu Mandiri maka kamu tidak perlu khawatir soal klaim yang ribet. Hal itu karena asuransi ini punya cara klaim yang sangat mudah dan juga proses yang demikian cepat.

Bagaimana sih tata cara melakukan klaimnya? Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti disadur dari Qoala.

Baca juga: Cara Cek Saldo Asuransi Tugu Mandiri dengan Mudah dan Efektif

Mengenal Asuransi Tugu Mandiri — Cara Klaim Asuransi Tugu Mandiri

PT asuransi jiwa Tugu Mandiri sudah berdiri sejak tahun 1985 dan juga telah beroperasi di 8 kota besar Indonesia. Diketahui, sahamnya dimiliki oleh beberapa perusahaan besar Indonesia, di antaranya PT Timah dan juga Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Perusahaan ini punya sejumlah layanan perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan untuk berbagai jenis individu atau kelompok. Mereka pun memberikan program pensiun iuran pasti dan juga program pensiun untuk kompensasi pesangon. Kemudian, juga jalur distribusi pemasaran Captive, Corporate, Agency, Alternatif, dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

Berikut ini sejumlah fakta terkait dengan Tugu Mandiri yang perlu diketahui:

  • Perusahaan ini sudah memiliki pengalaman selama lebih dari 30 tahun sejak 28 Juni 1985
  • Memiliki komitmen yang kuat dari pemegang sahamnya
  • Perusahaan ini memiliki sumber daya manusia profesional yang sudah berhasil melayani lebih dari 86 ribu pemegang polis
  • Perusahaan ini memiliki program DPLK Tugu Mandiri yang memiliki lebih dari 32000 peserta
  • Produk yang diberikan oleh perusahaan ini cukup bervariatif dan kompetitif
  • Perusahaan ini sudah memiliki layanan teknologi dengan basis website
  • Perusahaan ini juga sudah bekerja sama dengan lebih dari 1300 provider

Jenis-jenis Klaim Asuransi Jiwa Tugu Mandiri

  1. Ekspress Claim

Merupakan salah satu jenis klaim asuransi jiwa yang proses klaimnya akan dilakukan dengan cepat. Klaim ini dapat dilakukan saat perusahaan telah menerima berkas lain yang diserahkan oleh peserta. Adapun seluruh berkas yang diberikan oleh peserta mesti lengkap dan sesuai dengan ketentuan polis.

  1. Klaim Asuransi Jiwa Kumpulan (Askum)

Jika ingin melakukan klaim pada asuransi jiwa kumpulan maka kamu mesti menyiapkan beberapa berkas yang nantinya akan diberikan kepada perusahaan, di antaranya surat lamaran perusahaan, formulir yang sudah ditandatangani pejabat pemegang polis, fotokopi surat keputusan pensiun peserta, KTP, kartu peserta, dan fotokopi rekening tabungan.

  1. Klaim Asuransi Jiwa Perorangan (Asper)

Selayaknya saat melakukan klaim pada asuransi askum, di sini pun kamu mesti menyiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan untuk melakukan klaim, di antaranya formulir asuransi jiwa perseorangan yang sudah diisi secara lengkap, fotokopi KTP, polis asli, struk pembelian premi asuransi yang asli, dan fotokopi rekening tabungan peserta. Kemudian, silakan kirim berkas itu kepada perusahaan untuk melakukan proses klaim.

  1. Klaim Hospital Cash Plain

Sebagai informasi, asuransi hospital cash plan memiliki beberapa berkas yang harus diberikan ke perusahaan dan cukup berbeda dengan persyaratan dua asuransi sebelumnya. Anda membutuhkan fotokopi identitas, surat kuasa dengan materai, surat keterangan polisi, surat dokter, resume medis,, rekapitulasi tagihan rumah sakit, dan kwitansi asli pembelian obat.

  1. Klaim Mandiri Asuransi Pesangon Sejahtera (MAPS)

Nah, untuk produk asuransi yang satu ini, kamu membutuhkan sejumlah dokumen yang mesti dikirimkan ke perusahaan. Namun, dokumennya akan berbeda-beda, sesuai dengan pemicu atau alasan melakukan klaim. Contoh faktor pemicu adalah berhenti bekerja, cacat total yang menyebabkan berhenti bekerja, atau meninggal dunia.

cara klaim asuransi tugu mandiri

Cara Klaim Asuransi Tugu Mandiri

1. Ajukan Dokumen Klaim

Pertama, kamu harus mengajukan dokumen klaim terlebih dahulu sebelum melakukan pencairan saldo.

Adapun dokumen-dokumen yang dibutuhkan bisa dikirimkan secara langsung ke kantor pusat dari asuransi Tugu Mandiri atau membawanya ke customer service pada kantor cabang terdekat.

Kamu pun harus memastikan bahwa semua data yang diisi sudah benar agar proses pencairan dana dapat berjalan lancar.

2. Pemeriksaan Kelengkapan Dokumen

Jika kamu telah menyerahkan dokumen kepada pihak asuransi maka dokumen kamu akan diperiksa secara menyeluruh.

Dokumenmu akan diperiksa dengan sangat mendetail, mulai dari kelengkapan hingga keaslian dari dokumen. Kamu pun akan langsung dihubungi oleh pihak asuransi kalau dokumen yang dikumpulkan itu ternyata belum lengkap.

Kamu harus melengkapi dokumen ini dalam jangka waktu 30 hari kerja dan jika kamu gagal melakukannya maka dokumen kamu akan dikembalikan.

3. Tunggu Keputusan Klaim sebagai Cara Klaim Asuransi Tugu Mandiri

Nantinya, setelah dokumen yang kamu serahkan kepada pihak asuransi dinyatakan benar, selanjutnya tim penilai klaim akan melakukan analisis terhadap dokumen yang kamu ajukan untuk melakukan klaim pencairan dana.

Saat ini, kamu hanya perlu menunggu sampai akhirnya kamu mendapatkan informasi dari pihak asuransi tentang keputusan dari klaim. Merujuk pada situs resmi PT Tugu Mandiri, kamu hanya perlu menunggu 14 hari kerja hingga akhirnya mendapatkan keputusan dari pihak asuransi.

4. Cek Pembayaran Klaim Asuransi

Apabila kamu telah memperoleh keputusan dari pihak asuransi soal persetujuan pencairan dana maka kamu akan mendapatkan pembayaran klaim dari pihak asuransi.

Nantinya, kamu akan dihubungi oleh pihak asuransi melalui sambungan telepon atau surat terkait persetujuan klaim pencairan dana.

5. Cek Penerimaan Klaim sebagai Cara Klaim Asuransi Tugu Mandiri

Untuk proses pencairan dana klaim yang Anda ajukan nantinya akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja. Kamu pun bisa melakukan pengecekan dana dalam jangka waktu tersebut.

Baca juga: Review Lengkap Asuransi Jiwa Tugu Mandiri Hanya di Sini

Cara Cek Saldo Asuransi Tugu Mandiri

  1. Cek Saldo via Situs Resmi

Kamu bisa mengakses berbagai layanan dari asuransi jiwa Tugu Mandiri lewat aplikasi maupun website. Hal ini pun berlaku bagi peserta yang sudah aktif mendaftar. Sebenarnya, kamu tidak bisa menemukan informasi yang jelas soal mengenai cara cek saldo pada asuransi Tugu Mandiri. Meski demikian, kamu bisa mengetahui saldo melalui opsi menu polis di bagian bawah. Pastikan kamu sudah melakukan login terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Di menu itu, kamu bisa mengetahui jumlah saldo yang dimiliki dengan cara menghitungnya secara manual. Kamu pun bisa menghubungi call center Tugu Mandiri atau langsung datang ke kantor Tugu Mandiri terdekat. Sejatinya, situs resmi ini ditujukan bagi peserta membeli polis asuransi yang bisa ditemukan di homepage aplikasi dengan berbagai penawaran menarik.

  1. Langsung Datang ke Kantor Cabang

Apabila kamu merasa kurang paham dengan cara mengecek lewat situs resmi maka kamu bisa langsung datang ke kantor cabang dari asuransi jiwa Tugu Mandiri. Kamu bisa menanyakannya kepada customer service terkait dengan cara pengecekan saldo.

Di sini, kamu nantinya akan langsung diarahkan ke kantor cabangnya. Cara ini memang terbilang konvensional, tetapi banyak orang yang lebih menyukai cara tersebut. Kamu bisa mengunjungi lokasi-lokasi di bawah ini.

a. Kantor Pusat Tugu Mandiri

Taman Sari Parama Boutique Office, Lt 10,11,12

Jl.Wahid Hasyim No 84-86 Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat 10340

Telepon: 021-2788 6600

Fax: 021-2788 6678

Website: www.tugumandiri.com 

b. Kantor Pemasaran Tugu Mandiri

  • Jakarta Selatan: Jl. Ciputat Raya No. 27 F – G, Pondok Pinang – Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Telepon : +6221 7509490
  • Bandung: Graha Pos Indonesia Lt. 5 Blok C, Jl. Banda No. 30, Bandung, Telepon : +6222 20526945
  • Cirebon:Gedung Tuparev Super Blok Lt. 2 Blok B No. 3, Jl. Tuparev Raya No. 83, Cirebon, Telepon : +6231 222132
  • Semarang: Gedung Kompas Gramedia Lt. 5 Jl. Menteri Supeno No. 30, Mugassari, Semarang, Telepon : +6224 8410248
  • Surabaya: Gedung Pakuwon Center, Tunjungan Plaza 5, Office Lt. 16-07, Jl. Embong Malang No. 1, 3, 5 Tegalsari Kedungdoro, Surabaya, Telepon : +6231 99252591
  • Bali: Gedung Renon Landmark Lt. 2 Jl. Mohamad Yamin No. 7, Renon Kota,Denpasar, Bali, Telepon : +62361 4781592
  • Tugu Medan: Mandiri Building Lt. 5 Ruang 508, Jl. Imam Bonjol No.16 D. Medan, Telepon : +62614 534663
  • Palembang: Sudirman Office Tower Lt. 6, Jl. Jend. Sudirman No. 57, Palembang, Telepon : +62711 5734026
  1. Melalui Agen Tugu Mandir

Selain dengan mendatangi kantor pusat atau kantor cabang dari asuransi Tugu Mandiri, kamu pun bisa mendapatkan bantuan dari agen Tugu Mandiri untuk melakukan pengecekan saldo asuransi.

Nantinya, agen akan memberikan arahan terkait dengan pengecekan saldo, selayaknya ketika kamu ingin melakukan pembukaan akun. Akan tetapi, kamu harus memastikan bahwa agen ini masih bekerja dengan Asuransi Tugu Mandiri sebab pengecekan saldo yang kamu lakukan ini melibatkan pihak ketiga.

Kamu bisa mendapatkan alamat lengkap dari agen resmi asuransi Tugu Mandiri di alamat berikut ini:

  • Sukabumi, Jl. Selabintana No. 145, Kel. Selabatu, Kec. Cikole, Sukabumi. Jawa Barat
  • Kepulauan Riau: Jl. Hangtuah Kel. Ranai, Bunguran Timur, Natuna
  • Papua: Jl. Kesehatan Blok F No. 10, Mimika, Papua
  • Nusa Tenggara Timur (NTT): Kompleks Ruko Kebang Tonu Wujo, Jl. San Juan RT 141/ RW 05 Lebao, Kelurahan PTW Bao, Larantuka, NTT
  1. Via Customer Care Line

Di samping itu, pengecekan saldo DPLK juga bisa dilakukan via call center perusahaan pada nomor 27886600. Pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan komunikasi lewat sambungan telepon ini.

Keunggulan Asuransi Tugu Mandiri

  • Asuransi Tugu Mandiri punya produk yang sangat lengkap karena mereka memiliki produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dana pensiun, investasi, dan dana pesangon
  • Asuransi Tugu Mandiri juga memiliki mitra dengan banyak rumah sakit dan fasilitas kesehatan supaya nasabahnya bisa menggunakan fitur cashless dengan mitra rumah sakit pada setiap kota
  • Asuransi yang satu ini juga sudah memiliki kerja sama dengan BPJS Kesehatan sehingga nasabah bisa melakukan klaim dengan lebih mudah
  • Santunan rawat inap yang diberikan oleh asuransi Tugu Mandiri cukup besar dan keuntungan ini bisa Anda dapatkan pada produk kesehatan dan kumpulan

Sekian ulasan tentang cara klaim Asuransi Tugu Mandiri yang bisa kamu coba sekarang juga. Semoga sukses ya!

Baca juga: Asuransi Komersial adalah: Manfaat hingga Daftar Produknya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE