26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Cara Membeli Saham di Ajaib dengan 4 Langkah Mudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara membeli saham di Ajaib penting diketahui oleh para calon investor yang akan menggunakan aplikasi itu.

Saham sendiri adalah instrumen investasi yang sudah sangat populer sejak dulu. Sebelum digitalisasi semarak, kegiatan trading saham memang cukup merepotkan.

Akan tetapi, perkembangan teknologi menyederhanakan hal ini, yaitu lewat kontribusi aplikasi trading investment, misalnya Ajaib.

Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari Qoala.

Baca juga: Strategi Transaksi Margin Yang Aman, Nyaman, dan Cuan Ala Ajaib

Cara Membeli Saham di Ajaib: Apa Itu Aplikasi Ajaib?

Aplikasi Ajaib merupakan suatu perangkat lunak untuk platform mobile yang dirancang untuk digunakan melakukan berbagai aktivitas investasi, di antaranya jual beli saham, reksadana, dan lainnya.

Ajaib bisa diunduh melalui Playstore maupun Appstore dan dioperasikan secara online melalui perangkat mobile, baik Android maupun iPhone. Perusahaan di balik Aplikasi Ajaib adalah Ajaib Group yang menjadi wadah dari dua perusahaan, yakni PT Ajaib Sekuritas Asia (sebelumnya PT Primasia Unggul Sekuritas) alias Perusahaan Ajaib Sekuritas dan PT Takjub Teknologi Indonesia alias perusahaan Ajaib Reksadana.

Inilah fitur dan kelebihan dari aplikasi Ajaib:

  • Tidak menerapkan minimum investasi
  • Biaya transaksi relatif terjangkau, yaitu berkisar antara 0,10% hingga 0,08% untuk setiap transaksi jual beli saham
  • Aplikasi Ajaib juga terintegrasi dengan forum diskusi dan juga menyediakan banyak bahan belajar, sehingga lebih memudahkan para pemula untuk mempelajarinya
  • Tersedia gratis biaya Tarik Dana ke rekening Permata Bank dan biaya murah ke rekening lain
  • Menyediakan layanan pelanggan berupa online chat sehingga lebih praktis dan mudah digunakan
  • Menawarkan cukup banyak pilihan produk yang memungkinkan para investor melakukan diversifikasi portofolio
  • Fitur Notifikasi Real-time Update memberikan pemberitahuan cepat yang membantu para investor dalam investasi mereka
  • UI/UX yang didesain untuk mudah digunakan sehingga sangat ramah untuk pemula

Cara Daftar Aplikasi Ajaib

  1. Unduh aplikasi Ajaib di smartphone
  2. Daftarkan diri di aplikasi Ajaib
  3. Lakukan konfirmasi di email
  4. Isi formulir pendaftaran online dengan lengkap
  5. Tunggu verifikasi untuk aktivasi

Cara Membeli Saham di Ajaib

1. Lakukan Top Up RDN

Tentunya, kamu memerlukan dana untuk dapat membeli saham. Maka dari itu, urutan cara membeli saham di Ajaib yang pertama, yaitu top up RDN. Kalau ingin bebas biaya transfer maka kamu bisa melakukan Top up RDN di aplikasi Ajaib menggunakan rekening BCA. 

Setelah RDN terisi saldo, selanjutnya kamu dapat mulai melihat Watchlist Saham yang telah kamu buat untuk bersiap “berbelanja” saham sesuai rencana yang sudah kamu susun.

2. Pilih Saham Emiten Terdaftar yang Ingin Kamu Beli

Di tahap sebelumnya, kamu telah memiliki saldo di RDN milikmu. Nah, sekarang, lanjutkan dengan proses memilih saham emiten yang ingin kamu beli.

Sebagai informasi, aplikasi Ajaib menyediakan berbagai saham emiten sehingga kamu punya cukup banyak pilihan. Aplikasi ajaib pun menyertakan informasi dari emiten-emiten yang terdaftar di aplikasi mereka secara lengkap.

Kamu dapat mengetahui bagaimana posisi suatu perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain di industri yang sama lewat informasi competitive ranking emiten yang disediakan.

Baca juga: Ajaib Segera Luncurkan Fitur Transaksi Margin dengan Bunga Rendah

Jika kamu sudah menemukan saham yang dirasa paling cocok untuk kamu beli maka cara membeli saham di Ajaib, yaitu dengan memilih saham itu, lalu tekan dan geser ke kanan pada namanya hingga muncul opsi BELI, kemudian klik pada tombol BELI itu.

3. Masukkan Jumlah Lot Saham yang Ingin Dibeli

Selanjutnya, silakan mengeklik tombol BELI dan kamu akan diarahkan ke halaman Order Book. Di halaman itu, kamu bisa memilih harga yang sesuai lalu masukkan berapa jumlah lot saham yang ingin kamu beli. Kemudian, tinggal klik tombol BELI yang ada di sebelah kanan bawah.

4. Lakukan Konfirmasi Pembelian

Berikutnya, kamu akan melihat halaman yang berisi konfirmasi pembelian. Silakan baca dengan saksama, apakah ada kesalahan dari jumlah lot dan data lainnya di situ. Kalau sudah dirasa benar maka silakan klik BELI atau OK untuk mulai memproses order.

Cara Membeli Saham di Ajaib

Cara Jual Saham di Ajaib

  1. Masuk menu portofolio

Pertama, silakan masuk menu portofolio. Kamu dapat melihat daftar semua saham milikmu di menu ini. Di situ akan tertampil saham perusahaan yang sudah dibeli dengan harga dan limit sesuai perkembangan paling baru di setiap periodenya.

Namun, jangan harap menu portofolio ini menampilkan daftar saham kalau kamu sama sekali belum melakukan pembelian saham di dalam aplikasi ini. Apabila kamu sudah membuka menu portofolio dan melihat saham yang kamu miliki maka kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

  1. Memilih saham yang ingin dijual

Selanjutnya, kamu bisa memilih saham yang ingin dijual. Pilihlah salah satu saham di portofolio yang dirasa cocok untuk dijual. Misalnya, saham-saham yang tengah dalam masa limit atau saham yang tidak memberikan kenaikan signifikan.

  1. Menentukan lot yang akan dijual

Setelah memilih saham yang akan dijual, langkah selanjutnya kamu akan melihat halaman berisi rincian lot dan harga saham. Nah di sini kamu bisa menentukan harga dan lot yang ingin dijual agar lebih cepat laku sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan. Kemudian klik JUAL.

  1. Klik jual

Kalau sudah selesai dengan penentuan lot maka kamu akan melihat halaman konfirmasi berisi rincian penjualan yang kamu lakukan.

Silakan cek kembali kalau kamu rasa semua informasi di situ sudah benar. Selanjutnya, kamu bisa menekan tombol JUAL untuk mengkonfirmasi penjualan.

  1. Lihat order

Terakhir, kamu dapat memantau perkembangan penjualan saham yang kamu lakukan. Caranya adalah dengan membuka menu order. Di situ, ada rincian harga lot dan jangka waktu yang ditentukan.

Di sebelah kanannya, kamu dapat melihat keterangan yang menunjukkan status penjualan saham, apakah telah terjual atau belum.

Sekian ulasan tentang cara membeli saham di Ajaib yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Ajaib Gandeng Ghozali Everyday, Edukasi Anak Muda Konsisten Berinvestasi

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE