25 C
Jakarta
Selasa, 4 Oktober, 2022

Cara Memilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat untuk Bertransaksi

DuniaFintech.com – Jika Anda hendak mulai investasi saham, maka pertama kali yang harus dilakukan adalah memilih sekuritas yang dapat membantu Anda dalam bertransaksi. Lalu, bagaimana cara memilih perusahaan sekuritas yang tepat?

Perusahaan sekuritas itu sendiri adalah perantara antara investor dan pasar modal. Sebagai pemula, pastinya Anda kebingungan bagaimana cara memilih perusahaan sekuritas dengan tepat bukan?

Ditambah lagi setiap perusahaan mengklaim diri mereka yang terbaik. Untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik demi meminimalisasi kerugian di masa yang akan datang, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Baca juga:

Cara Memilih Perusahaan Sekuritas

Perhatikan Legalitas Perusahaan

Cara pertama untuk memilih perusahaan sekuritas yang tepat adalah dengan memilih legalitas perusahaan. Apakah perusahaan sekuritas tersebut sudah terdaftar di OJK dan BEI?

ASalah satu cara untuk mengecek apakah perusahaan sekuritas yang diincar legal atau tidak adalah melalui akses di situs idx.com.

Periksa Track Record Perusahaan

Rekam jejak alias track record merupakan indikator penting dalam memilih perusahaan sekuritas terbaik. Sekuritas yang pernah tersangkut masalah dapat dikatakan perusahaan yang tidak mampu menjaga reputasi. Dengan kata lain, ada sistem kurang baik pada manajemen perusahaan tersebut. 

Anda bisa browsing dengan menggunakan kata kunci “kasus sekuritas”, atau “kasus pasar modal” juga dan membuat list perusahaan sekuritas mana saja yang punya catatan buruk. 

Cek Biaya Fee Transaksi dan Setoran Awal

Perlu diketahui bahwa setiap transaksi di perusahaan sekuritas akan ada fee transaksi jual dan beli. Apalagi bagi investor ritel, persentase fee bisa dianggap penting. Semakin murah fee yang ditetapkan sekuritas biasanya semakin disukai investor.

Namun, umumnya fee transaksi jual lebih besar dari fee beli. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan setoran awal ya, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Perlu diingat, tidak selalu yang setoran awal rendah berarti kualitas layanannya murahan. Jadi cermatlah dalam memilih.

Kemudahan Proses daftar dan transaksi

Salah satu faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih sekuritas terbaik yaitu proses pembukaan rekening yang mudah. Salah satu akses kemudahan yang cukup bagus yaitu proses pendaftaraan yang bisa dilakukan secara online.

Tentu saja, ini tidak mengharuskan Anda untuk datang ke kantor sekuritas tersebut. Satu lagi, akan jauh lebih baik lagi jika proses pembukaan rekening dapat dilakukan dengan cepat sehingga Anda bisa segera bertransaksi.

Menyediakan Aplikasi Trading Online dengan Fitur Lengkap

Setiap perusahaan sekuritas umumnya memiliki aplikasi online trading sendiri dengan menawarkan berbagai fitur unggulan.

Yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apa saja fitur unggulan dari aplikasi sekuritas tersebut. Tentu saja, semakin bagus dan lengkap fitur yang disediakan, maka semakin menunjang kegiatan trading saham Anda. 

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Blibli.com Kembali Ajukan Rencana IPO di Tahun Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali buka suara terkait rencana Blibli.com untuk IPO/Initial Public Offering tahun ini. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK...

Bulog Endus Perusahaan Swasta Rusak Harga Beras di Pasar

JAKARTA, duniafintech.com - Perum Bulog/Badan Urusan Logistik mengendus adanya permainan perusahaan swasta yang menyebabkan harga beras melonjak. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan perusahaan...

BSU Tahap 4 Sudah Cair, Begini Cara Cek Status Pencairannya

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah memastikan program bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4 akan diberikan kepada para pekerja atau buruh. Bantuan sebesar Rp600.000 ini akan sampai...

Cara Tarik Tunai GoPay di Alfamart, ATM BCA, & Bank Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara tarik tunai GoPay di ATM BCA, BRI, Indomaret, dan Alfamart berikut ini tentu sangat penting diketahui. Seperti diketahui juga, GoPay merupakan...

Cara Menabung di Bank Mandiri lewat ATM dan Teller

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menabung di Bank Mandiri pada ulasan berikut ini sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah Mandiri. Seperti diketahui bersama, Bank Mandiri...
LANGUAGE