29.6 C
Jakarta
Rabu, 26 Januari, 2022

Cara Memilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat untuk Bertransaksi

DuniaFintech.com – Jika Anda hendak mulai investasi saham, maka pertama kali yang harus dilakukan adalah memilih sekuritas yang dapat membantu Anda dalam bertransaksi. Lalu, bagaimana cara memilih perusahaan sekuritas yang tepat?

Perusahaan sekuritas itu sendiri adalah perantara antara investor dan pasar modal. Sebagai pemula, pastinya Anda kebingungan bagaimana cara memilih perusahaan sekuritas dengan tepat bukan?

Ditambah lagi setiap perusahaan mengklaim diri mereka yang terbaik. Untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik demi meminimalisasi kerugian di masa yang akan datang, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Baca juga:

Cara Memilih Perusahaan Sekuritas

Perhatikan Legalitas Perusahaan

Cara pertama untuk memilih perusahaan sekuritas yang tepat adalah dengan memilih legalitas perusahaan. Apakah perusahaan sekuritas tersebut sudah terdaftar di OJK dan BEI?

ASalah satu cara untuk mengecek apakah perusahaan sekuritas yang diincar legal atau tidak adalah melalui akses di situs idx.com.

Periksa Track Record Perusahaan

Rekam jejak alias track record merupakan indikator penting dalam memilih perusahaan sekuritas terbaik. Sekuritas yang pernah tersangkut masalah dapat dikatakan perusahaan yang tidak mampu menjaga reputasi. Dengan kata lain, ada sistem kurang baik pada manajemen perusahaan tersebut. 

Anda bisa browsing dengan menggunakan kata kunci “kasus sekuritas”, atau “kasus pasar modal” juga dan membuat list perusahaan sekuritas mana saja yang punya catatan buruk. 

Cek Biaya Fee Transaksi dan Setoran Awal

Perlu diketahui bahwa setiap transaksi di perusahaan sekuritas akan ada fee transaksi jual dan beli. Apalagi bagi investor ritel, persentase fee bisa dianggap penting. Semakin murah fee yang ditetapkan sekuritas biasanya semakin disukai investor.

Namun, umumnya fee transaksi jual lebih besar dari fee beli. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan setoran awal ya, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Perlu diingat, tidak selalu yang setoran awal rendah berarti kualitas layanannya murahan. Jadi cermatlah dalam memilih.

Kemudahan Proses daftar dan transaksi

Salah satu faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih sekuritas terbaik yaitu proses pembukaan rekening yang mudah. Salah satu akses kemudahan yang cukup bagus yaitu proses pendaftaraan yang bisa dilakukan secara online.

Tentu saja, ini tidak mengharuskan Anda untuk datang ke kantor sekuritas tersebut. Satu lagi, akan jauh lebih baik lagi jika proses pembukaan rekening dapat dilakukan dengan cepat sehingga Anda bisa segera bertransaksi.

Menyediakan Aplikasi Trading Online dengan Fitur Lengkap

Setiap perusahaan sekuritas umumnya memiliki aplikasi online trading sendiri dengan menawarkan berbagai fitur unggulan.

Yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apa saja fitur unggulan dari aplikasi sekuritas tersebut. Tentu saja, semakin bagus dan lengkap fitur yang disediakan, maka semakin menunjang kegiatan trading saham Anda. 

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Binary Option Ilegal dan Dilarang, Dua Nama Crazy Rich Ini Terseret

JAKARTA, duniafintech.com – Di jagat maya belakangan ini ramai diperbincangkan soal afiliator sistem trading Binary Option. Adapun keberadaannya pun dianggap sudah menipu dan merugikan...

NET TV IPO: Saham Diburu Investor Asing hingga Bakal Kembangkan Pemanfaatan Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com – Pada Rabu (26/1/2022), PT Net Visi Media Tbk atau NET TV resmi melantai di bursa saham Indonesia setelah melakukan Initial Public...

Sri Mulyani Luncurkan E-Materai, Startup Ini Sediakan Fiturnya

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani telah meluncurkan materai elektronik atau e-materai. Menyambut kebijakan tersebut, Startup Fintech Paper.id melunucurkan fitur tersebut. CTO & Co-Founder...

Permodalan Fintech Akan Lebih Tinggi, Pemain Mulai Siapkan Strategi

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merilis fintech lending yang berjumlah 103 platform, per 3 Januari 2022 seluruhnya telah mengantongi izin usaha...

Cara Setor Tunai BCA Tanpa Kartu di ATM, Mudah dan Praktis

JAKARTA, duniafintech.com - Cara setor tunai BCA tanpa kartu ternyata bisa dilakukan lewat ATM BCA terdekat di rumah Anda. PT Bank Central Asia TBK...
LANGUAGE