28.5 C
Jakarta
Selasa, 30 November, 2021

Menakar Pasar Keuangan Dunia yang Mudah Diakses

DuniaFintech.com – Sulit untuk mengukur ukuran pasti dari pasar keuangan dunia, yang tetap menjadi entitas fiskal seismik yang menarik investor dari seluruh dunia. Ulasan berikut penting sebagai tambahan informasi untuk Anda dalam menakar pasar keuangan dunia.

Pasar perdagangan mana yang paling mudah diakses?

Untuk menempatkan ini dalam konteks, total kapitalisasi pasar semua saham memuncak senilai $70,75 triliun pada 31 Desember 2019, yakni naik dari $68,65 triliun pada akhir tahun sebelumnya.

Pasar keuangan dunia juga telah sangat terdiversifikasi di era digital, karena kelas aset baru menjadi tersedia bagi investor yang tertarik. Tetapi pasar mana yang paling mudah diakses oleh pedagang dan apa yang membantu Anda membuat perbedaan seperti itu?

Baca juga:

Pasar Apa Saja yang Tersedia?

Pembahasan tentang saham tetap menjadi salah satu kelas aset paling beragam terpopuler di dunia. Anda pasti dapat mengakses jenis aset ini dengan berbagai cara, mulai dari berinvestasi di saham perusahaan hingga memperdagangkan indeks utama di seluruh dunia.

Pasar valas juga sangat populer, di mana sektor ini memperlihatkan sekitar $6,6 triliun yang diperdagangkan secara global setiap hari.

Anda juga dapat memperdagangkan mata uang sebagai aset derivatif, yang menciptakan peluang untuk melakukan lindung nilai terhadap instrumen tertentu dan berspekulasi tentang pergerakan harga jangka pendek. Hal ini sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan di pasar yang terdepresiasi.

Aset lain yang diperdagangkan secara luas yang dikelaskan sebagai komoditas yaitu logam mulia seperti emas dan perak hingga entitas yang lebih volatil seperti minyak.

Komoditas dapat mencakup berbagai industri mulai dari energi hingga pertanian, meskipun kisaran aset terkait yang tersedia sangat bervariasi. Misalnya, emas adalah aset berwujud dan terbatas yang menyediakan sumber kekayaan yang aman untuk melindungi nilai dari penurunan ekonomi. Sedangkan minyak secara signifikan lebih tidak stabil dan berkorelasi langsung dengan dolar AS.

Berapa Banyak yang Anda Butuhkan untuk Mulai Memperdagangkan Aset Ini?

Saham secara relatif tidak dapat diakses dalam beberapa hal, terutama jika Anda ingin memulai perdagangan ekuitas di negara maju seperti AS atau Inggris.

Contoh hal ini, jumlah minimum yang diperlukan untuk berpartisipasi cukup menggiurkan, yaitu $25.000 (£18.622), yang kemungkinan besar akan menjadi penghalang bagi sebagian besar pemula atau calon pedagang.

Ini jauh lebih tinggi dari jumlah minimum yang diperlukan untuk mengakses valas ritel dan akun berjangka, dan hal ini mungkin menjadi pertimbangan penting bagi siapa saja yang baru mengenal pasar.

Dalam kasus perdagangan valas ritel, beberapa broker hanya membutuhkan setoran minimal antara £50 dan £300 untuk membuka akun uang nyata, sebagian besar berkat jumlah leverage yang tersedia bagi investor.

Juga tidak ada persyaratan formal untuk memiliki sejumlah modal tetap saat berdagang valas, jadi pasar ini jauh lebih mudah diakses dari perspektif pedagang.

Baca Juga:

Opsi Mana yang Tepat untuk Anda?

Kabar baiknya adalah bahwa masing-masing pasar dan kelas aset ini (bersama dengan opsi alternatif seperti obligasi) dapat diakses melalui satu antarmuka di era digital, berkat platform online dan seluler canggih seperti MetaTrader 4

Dengan alat ini, Anda dapat mengakses berbagai pasar keuangan dan dengan mudah mendiversifikasi portofolio Anda dari waktu ke waktu, menciptakan peluang untuk mengimbangi risiko serta sekalian menyebarkan modal Anda lebih jauh.

Tetapi pasar mana yang menawarkan nilai terbaik bagi para pedagang? Bisa dibilang, pasar valas adalah yang paling menarik, karena ini memiliki sedikit sekali hambatan untuk masuk dari perspektif keuangan dan aksesibilitas, sementara ada juga fleksibilitas yang jauh lebih besar dalam mendapatkan keuntungan di pasar yang terdepresiasi.

Anda juga dapat memanfaatkan “stop losses” untuk meminimalkan risiko yang ditimbulkan oleh kerugian yang tidak proporsional di pasar valas, karena entitas ini bekerja dengan menutup posisi secara otomatis sebelum mencapai tingkat kerugian yang telah ditentukan.

(DuniaFintech/Karin Hidayat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pengertian e-Polis Asuransi dan Contohnya

JAKARTA, duniafintech.com - E-polis asuransi adalah versi digital atau elektronik (polis digital) dari polis asuransi, termasuk asuransi kesehatan, yang kini mulai diterapkan oleh sejumlah...

Jadi Trending Twitter, Apa Itu Binance Coin (BNB)?

JAKARTA, duniafintech.com - Binance Coin (BNB) sedang trending di Twitter pada hari ini, Selasa (30/11), dan masih cukup hype sampai sekarang. Popularitas aset crypto...

Manfaat Asuransi Proyek hingga Daftar Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi proyek adalah proteksi yang diberikan terhadap sektor proyek konstruksi yang diketahui punya risiko tinggi. Polis pertanggungan ini bakal memberikan perlindungan...

Cara Ikut Lelang Mobil Asuransi, Siapkan Persyaratan Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Lelang mobil asuransi adalah salah satu cara saat mengatasi ganti rugi. Sebagaimana jamak diketahui, di antara risiko yang dijamin dalam asuransi...

Varian Covid-19 Omicron Gagal Menjegal Bitcoin Cs

JAKARTA, duniafintech.com – Pada hari ini, Selasa (30/11) pagi waktu Indonesia, mayoritas harga kripto berkapitalisasi pasar besar (big cap) kembali diperdagangkan di zona positif. Hal...
LANGUAGE