27.6 C
Jakarta
Minggu, 21 April, 2024

Sangat Efektif dan Praktis, Inilah Daftar Cara Menabung di Rumah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menabung di rumah berikut ini sangat penting untuk disimak. Pasalnya, membiasakan menabung memang bukan hal yang mudah untuk sebagian orang, khususnya kalau memang punya sifat boros yang sulit diatasi.

Dalam hal ini, menabung menjadi salah satu usaha mengurangi sifat boros sekaligus mengendalikan alur keuangan. Nah, bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

  1. Cara Menabung di Rumah: Tentukan Tujuan Menabung dan Tulis di Dekat Tabungan

Pertama, Anda mesti menentukan tujuan menabung supaya Anda kian termotivasi dan bersemangat. Menabung tanpa tujuan bakal membuat Anda semakin mudah tergiur untuk mengambil uang tabungan.

Baca jugaMau Menghentikan Kebiasaan Berhutang? Simak Cara-cara Berikut Ini!

Tujuan menabung bisa berbentuk apa saja, misalnya barang yang sedang diinginkan, membeli rumah untuk masa depan, atau meminang pasangan. Supaya semakin semangat untuk menyisihkan pundi-pundi, tulislah tujuan menabung yang dimiliki di dekat tabungan atau celengan sebagai cara menabung.

  1. Selalu Sisihkan Besaran Nominal Tertentu, Bukan Menyisakan—Cara Menabung di Rumah

Adapun cara menabung uang yang benar bukanlah menabung sisa uang dari pengeluaran mingguan atau bulanan, melainkan dari menyisihkan uang sebesar nominal tertentu dari pendapatan k. Jika Anda baru saja mulai membiasakan menabung maka tidak masalah untuk memulai dari nominal yang tidak terlalu besar, tetapi Anda mesti yakin bahwa jumlah itu bisa dicapai.

  1. Buat Skala Prioritas dan Stick to the Budget

Jika bingung dengan cara menabung maka Anda perlu membuat skala prioritas keuangan. Skala prioritas adalah pemilahan kebutuhan sesuai dengan tingkat kebutuhan yang sesungguhnya. Dengan membuat skala prioritas, Anda tidak akan kecolongan belanja barang padahal kamu seharusnya membayar cicilan atau tagihan.

  1. Kumpulkan Uang Receh

Cara menabung di rumah yang praktis selanjutnya adalah dengan mengumpulkan uang receh. Mungkin beberapa orang menganggap remeh uang koin atau recehan, padahal dengan mengumpulkannya bisa menjadi salah satu cara menabung uang di rumah yang praktis. Seperti kata pepatah, ‘Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit’, menabung dengan mengumpulkan uang receh bisa menjadi uang ekstra yang bisa kamu gunakan saat butuh atau darurat.

Baca juga: Melek Teknologi, NFT Jadi Metode Lain untuk Populerkan Karya Musisi Tanah Air

Kumpulkan setiap uang receh yang kamu terima dan sediakan celengan dengan ukuran yang agak besar agar uang koin muat. Bisa juga menggunakan celengan dari wadah yang bening, agar bisa terlihat seberapa banyak uang yang terkumpul. Cara ini bisa juga menjadi salah satu cara menabung yang benar untuk pelajar.

  1. Coba Metode Menabung Ala “”The Power of 20.000″”

Beberapa waktu lalu, seorang motivator bernama Ippho Santosa mempopulerkan cara menabung di rumah yang cukup unik dan efektif. Yakni dengan menabung tiap uang Rp20.000,- yang kamu temukan dan masukkan ke dalam celengan. Kapanpun dan berapapun jumlah uang nominal tersebut kamu temukan, harus segera masukkan.

Misalkan kamu mendapatkan uang kembalian tiga lembar Rp20.000,-, maka semua uang tersebut harus langsung ditabungkan. Cara ini terbilang cukup efektif, karena misal dalam sehari kamu menabung Rp20,000 sebanyak 3 lembar, maka dalam seminggu saja kamu sudah bisa mengumpulkan sebesar Rp420.000,-, lho. Jika kamu konsisten, dalam sebulan kamu sudah bisa menabung Rp1,6 juta. Lumayan, kan?

  1. Menabung Terbalik Tanggal

Cara menabung berikutnya bisa dengan menabung terbalik tanggal. Menabung dengan metode tanggal terbalik adalah menabung dengan jumlah besar di awal dan semakin mengecil menjelang akhir bulan. Contohnya, dalam satu bulan ada 30 hari sehingga di tanggal 1 Anda harus menabung sebesar Rp30.000, lalu di tanggal 2 Anda harus menabung sebesar Rp29.000 dan di tanggal 3 menabung sebesar Rp28.000, demikian seterusnya.

  1. Menyimpan Uang Kertas Terkecil Setiap Harinya

Cara menabung di rumah lainnya bisa dengan metode menyimpan uang kertas terkecil setiap harinya. Tabungkanlah uang kertas terkecil yang dimiliki pada hari itu ke celengan dan lakukan hal ini secara rutin.

  1. Coba Menabung Emas

Selain uang, emas juga dipertimbangkan sebagai cara menabung, selain investasi. Perlu diingat, harga emas tiap tahunnya naik hampir mengikuti kenaikan inflasi dari tahun ke tahun. Dengan cara menabung emas di rumah bisa melindungi uang Anda berkurang karena inflasi.

  1. Berpartisipasi dalam Arisan

Arisan adalah kegiatan yang sudah cukup rutin dilakukan di kalangan masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang punya banyak lingkaran sosial, manfaatkanlah arisan sebagai salah satu sarana menabung.

  1. Buat Rencana Masak (Meal Plan) untuk Menentukan Belanjaan dengan Tepat

Untuk ibu rumah tangga, cara menabung bisa dengan mengelola dapur sebijak dan seefisien mungkin hingga ke hal-hal terkecil. Dengan demikian, Anda bisa lebih menekan pengeluaran dan mengalokasikannya menjadi tabungan. Contohnya, dengan membuat rencana masak atau meal plan harian, yang akan memudahkan untuk mengatur apa saja yang harus dibeli dan bagaimana menyiasati agar uang yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

  1. Lakukan Belanja Kebutuhan Rumah Tangga secara Mingguan

Cara menabung untuk ibu rumah tangga yang cukup efektif adalah melakukan belanja kebutuhan rumah tangga secara mingguan. Jika tadi sudah dibahas soal meal plan maka Anda bisa mengimplementasikannya pada cara ini. Dengan membeli bahan-bahan masakan yang dibutuhkan selama 7 hari, Anda bisa mengurangi pembelian belanjaan yang tidak dibutuhkan. Jika ada sisa uang belanja maka bisa ditabung di rumah.

  1. Tekan Biaya Bulanan Semaksimal Mungkin

Kalau budget yang tersisa untuk biaya bulanan terbatas maka Anda mesti lebih kreatif untuk melakukan penghematan pada pos-pos tertentu. Anda bisa memangkas biaya yang bersifat tersier dan bersifat memenuhi keinginan, bukan kebutuhan. Misalnya, biaya langganan TV berbayar, biaya nongkrong, biaya makan di luar, biaya membeli jajanan/camilan, atau biaya gaya hidup misalnya membeli baju atau makeup. Menekan biaya bulanan semaksimal mungkin dan menahan biaya pengeluaran untuk hal-hal di atas bisa membantu jadi cara menabung yang efektif.

Baca juga: Sesuai Jenisnya, Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa

  1. Utamakan Membayar Kebutuhan Rutin Langsung setelah Gajian

Anda juga bisa menabung dengan membiasakan untuk langsung membayar kebutuhan rutin langsung setelah gajian. Membayar kebutuhan rutin adalah langkah dasar dalam mengatur keuangan pribadi agar mencapai kebebasan finansial. Dengan demikian, Anda sudah bisa membagi pos-pos kebutuhan Anda sekaligus menyisihkan uang untuk ditabung. Sekecil apa pun penghasilan Anda, usahakan untuk langsung menyisihkan sekitar 10% untuk ditabung.

  1. Simpan Uang dalam Amplop

Cara menabung yang cukup unik lainnya, yakni dengan menyimpang uang di dalam amplop. Meski sering dibilang kuno, tetapi cara ini bisa membantu menyimpang uang lebih efisien. Bahkan, ini bisa menjadi salah satu cara menabung agar tidak diambil terlalu sering.

  1. Gunakan Celengan yang Sulit Dibuka jika Anda Tergolong Susah Menabung

Cara menabung lainnya adalah dengan menggunakan celengan, yang bisa berbentuk apa saja, mulai dari wadah hingga menggunakan rekening bank yang tidak terdaftar m-banking. Dengan demikian, Anda akan malas mengambil uang sebab harus pergi ke ATM dan Anda akan terhindar dari niat konsumtif.

  1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran dengan Aplikasi di Handphone

Cara menabung uang berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi di ponsel yang khusus membantu dengan fitur pencatatan pemasukan dan pengeluaran. Pasalnya, aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengevaluasi adanya keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran atau malah sebaliknya.

  1. Investasi Barang yang tidak Memiliki Depresiasi Nilai

Berikutnya, Anda juga bisa menabung di rumah dengan membeli barang atau hal yang tidak memiliki depresiasi nilai. Artinya, nila barang itu cenderung naik dan tidak mengalami penurunan. Misalnya saja barang-barang koleksi, seperti tas wanita atau sneakers dengan merek ternama.

  1. Tutup Utang Mendesak sesuai Kemampuan

Jika Anda ingin menabung maka cara yang paling tepat, yakni dengan segera menutup utang mendesak sesuai kemampuan. Cara menentukan utang mana yang harus ditutup bisa dengan memastikan uang tunai yang dimiliki sekarang, lalu kemudian bandingkanlah kedua jenis utang yang dimiliki, kira-kira mana yang lebih mampu ditutup. Kemudian, bandingkan pula beban bunga yang paling memberatkan.

  1. Hindari Kebiasaan Buruk yang Membuat Boros

Bagi Anda yang masih sering kesulitan menabung dan bertanya-tanya cara mengumpulkan uang, sebaiknya Anda melihat kebiasaan sehari-hari. Boleh jadi, Anda punya kebiasaan buruk yang membuat boros. Sebagai contoh, Anda secara tidak sadar sering impulsif membeli barang di toko online secara berlebihan, padahal mungkin awalnya Anda hanya ingin berbelanja keperluan bulanan.

  1. Cari Pendapatan Tambahan

Anda yang kesulitan dalam menabung juga bisa mencoba mencari pendapatan tambahan. Cara ini cukup efektif jika Anda ingin mencapai target yang tinggi. Anda pun dapat mencoba mendapatkan uang dari internet, contohnya dengan menjadi freelancer penulis, fotografi, desain grafis, atau yang lainnya sesuai minat dan kemampuan.

  1. Miliki Asuransi dengan Premi Terjangkau untuk Menghindari Risiko tidak Terduga

Menabung tidak harus selalu uang, tetapi juga menabung kesehatan. Adapun risiko penyakit tidak ada yang tahu kapan bisa menyerang sehingga Anda bisa mengandalkan bantuan asuransi kesehatan yang dapat membantu saat mendapatkan tagihan biaya rumah sakit yang tinggi.

Asuransi kesehatan tak hanya melindungi kesehatan, tetapi juga kondisi finansial. Dalam hal ini, pilihlah asuransi kesehatan dengan premi terjangkau sesuai kemampuan. 

  1. Bulatkan Niat untuk Konsisten dan Disiplin dalam Menabung

Hal yang paling penting lainnya jika Anda ingin tahu cara menabung di rumah adalah dengan memiliki niat untuk tetap konsisten dan disiplin dalam melaksanakan hal ini. Dengan demikian, Anda bisa mulai merasakan manfaat dari kebiasaan menabung, khususnya kalau nanti Anda sudah berusia tua atau memasuki masa pensiun.

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE