25.6 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Pemula Wajib Baca! Inilah 20 Cara Menabung yang Unik dan Bikin Semangat

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara menabung yang unik dan bikin semangat? 

Sebagaimana diketahui, banyak orang kesulitan menabung lantaran tidak tahan menyimpan uang terlalu lama. Adapun salah satu cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan mencari metode menabung yang unik dan membuat Anda tidak merasa seperti menabung.

Tabungan pun menjadi penting sebagai cadangan dana darurat maupun untuk mewujudkan berbagai tujuan keuangan. Yuk, simak caranya berikut ini.

  1. Cara Menabung yang Unik dengan Buat Target Menabung

Anda bisa menentukan target dari kegiatan menabung, contohnya ingin berwisata ke luar negeri atau membeli mobil. Dengan adanya target atau tabel menabung bulanan, hal itu akan memotivasi Anda agar lebih giat lagi dalam menabung. Di samping itu, Anda pun bisa membuat gambar atau tulisan target jumlah uang itu, lalu meletakkannya di dompet atau di celengan.

  1. Tabungan 10 Ribu sebagai Cara Menabung yang Unik

Cara menabung lainnya adalah dengan mengumpulkan nominal Rp10 ribu di celengan atau dompet khusus. Jika punya sisa uang belanja dengan pecahan Rp10 ribu maka sebaiknya langsung disisihkan. Tips menabung di celengan ini akan efektif jika Anda selalu konsisten, apalagi uang Rp10 ribu relatif besar ketimbang terbuang percuma untuk jajan yang tidak perlu.

Baca jugaMau Menghentikan Kebiasaan Berhutang? Simak Cara-cara Berikut Ini!

  1. Sisakan uang saku

Cara cepat menabung bagi pelajar adalah dengan menyimpan uang saku harian. Jika sudah memiliki anak maka Anda bisa mengajarkannya untuk menabung sedikit demi sedikit. Uang saku itu dapat disisihkan untuk jajan, transportasi, ataupun untuk keperluan membeli alat tulis. Sisa uang harian itu bisa dimasukkan ke dalam celengan atau tempat tabungan.

  1. Mengumpulkan koin

Sering dianggap sepele oleh banyak orang dan tidak jarang diletakkan begitu saja, uang koin sebenarnya tidak boleh disia-siakan sebab bisa menjadi cara tambahan untuk mengumpulkan uang sesuai target. Simpanlah uang receh sisa kembalian dalam dompet atau celengan khusus untuk menyimpan uang koin itu.

  1. Menabung ala Orang Korea

Cara menabung berikutnya ini bisa dengan cara menggunakan tempat menabung khusus berupa kalender saku. Nah, setiap tanggal pada kalender ini punya saku/tempat penyimpanan uang. Jika tergolong penerima uang bulanan maka Anda bisa bagi uang untuk kebutuhan sehari hari terlebih dahulu.

Misalnya, satu hari mendapat jatah Rp50 ribu, Anda bisa memasukkan uangnya ke dalam saku setiap tanggal kalender. Sisa uangnya bisa Anda masukkan ke dalam tempat khusus untuk menabung. Artinya, Anda hanya bisa membelikan sesuatu dengan uang di dalam saku.

Baca jugaIni Penyebab Harga Bitcoin Turun, Diprediksi Bakal Menguat Lagi Setelah US$25 Ribu

  1. Menabung dengan Jumlah Nominal sesuai Tanggal

Anda juga bisa mencoba menabung dengan jumlah nominal sesuai tanggal atau jumlah uang sama dengan tanggal hari ini. Contoh, kalau mulai menabung tanggal 1 September maka nominalnya bisa Rp1.000, Rp11.000, Rp111.000, dan Rp1.111.000.

Demikian halnya dengan tabungan setelahnya, yang harus tetap sesuai angka yang tertera di kalender tepat pada hari uang ditabung. Anda bisa melakukan aktivitas itu selama satu bulan full dari tanggal 1 sampai tanggal 29.

  1. Aktifkan Fitur Potong Saldo di Aplikasi Internet Banking

Anda pun dapat menabung dengan cara mengaktifkan fitur potong saldo di Internet Banking. Melalui fitur ini, uang gaji bulanan Anda otomatis bakal tersisihkan untuk tabungan beberapa waktu setelah nominal masuk ke aplikasi.

  1. Menabung dalam Toples Transparan

Menabung dalam toples tembus pandang juga dapat menjadi pemicu semangat menabung yang terbukti efektif. Anda hanya perlu menggunakan toples atau wadah kaca tembus pandang. Pasalnya, wadah ini bisa memberikan sugesti kepada seseorang untuk melihat jumlah uang yang ditabung setiap hari.

  1. Berlomba untuk Menabung

Memang, ada orang yang baru bisa melakukan sesuatu berkat dorongan orang lain. Jika Anda salah satunya maka Anda bisa mengajak teman dan saudara untuk ikut dalam tantangan nabung sebulan atau lebih. Selanjutnya, tentukan target uang yang harus didapatkan dan ke mana uang itu akan disetor, apakah akan dicelengkan atau rekening yang terpisah.

Pada akhir periode, masing-masing dari kalian harus menunjukkan hasil tabungan beserta mutasi setoran yang dilakukan.

  1. Menabung sebagai Hukuman

Berikutnya, Anda juga bisa menabung dengan cara unik, yakni dengan menjadikannya sebagai hukuman atas suatu perbuatan/kesepakatan. Contohnya, Anda dapat membuat aturan sesama teman, saudara, atau pada diri sendiri untuk menabung dalam jumlah tertentu setiap melakukan sesuatu yang kurang baik.

  1. Menabung dengan Imbalan

Adapun berkompetisi menabung bersama pacar atau teman kantor juga seru untuk dilakukan. Pemenang dari kompetisi itu dapat memperoleh hadiah yang sifatnya tidak perlu dibeli dengan uang. Contohnya, jika kompetisi ini dilakukan bersama orang serumah maka hadiahnya berupa bebas tugas dari cuci piring, baju, atau bersih-bersih rumah.

  1. Menabungkan Uang Terkecil di Dompet

Untuk orang yang suka naik transportasi umum, menyediakan uang elektronik saja tentu belum cukup. Adakalanya ia harus menyediakan uang tunai untuk berjaga-jaga. Oleh sebab itu, Anda pun bisa mengambil uang dalam besaran terkecil di dompet setelah pulang kerja dan menabungnya ke celengan atau toples. Uang yang dikumpulkan itu bisa semakin bertambah banyak tanpa disadari.

Baca juga: Pasti Cepat dan Sukses! Beginilah Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun

  1. Taruh Tabungan di Lokasi yang Tersembunyi

Cara semangat menabung ini bisa dicoba jika suka khilaf membelanjakan uang tabungan terlebih untuk keperluan yang tidak penting. Anda bisa menyembunyikan tabungan di sebuah tempat yang membuat Anda berpikir berkali-kali untuk mengambilnya. Contohnya, menaruhnya di rekening bank lain yang tidak terdaftar m-banking.

  1. Arisan

Di samping bisa mempererat hubungan pertemanan, arisan juga menjadi salah satu cara agar konsisten menabung. Pasalnya, secara tidak langsung Anda harus keluar duit setiap bulan untuk membayar arisan.

  1. Menabung deposito

Deposito adalah jenis simpanan di bank yang jangka waktunya sudah ditentukan sehingga tidak bisa diambil sebelum mencapai jangka waktu itu. Simpanan ini sangat pas sebagai investasi jangka pendek karena mampu memberikan imbal hasil tetap dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Bunga deposito lebih besar ketimbang tabungan biasa dan ada juga bunga bergulung yang diperoleh ketika nasabah tidak menarik dananya usai jatuh tempo. Tidak heran jika deposito bisa jadi pilihan cara menabung yang unik dan bikin semangat karena bunganya.

  1. Menabung obligasi

Obligasi adalah instrumen investasi berupa surat utang berjangka yang diterbitkan Negara dan perusahaan dengan jangka waktu dari 1—10 tahun. Contohnya, Surat Berharga Negara (SBN), Obligasi Republik Indonesia (ORI), dan Sukuk Retail. Obligasi punya kupon imbal hasil tetap yang sudah ditetapkan pada awal periode pembelian yang tidak akan terpengaruh oleh suku bunga.

  1. Menabung reksadana

Reksadana adalah sebuah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat yang selanjutnya digunakan kembali dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Reksadana punya keunggulan bagi investor pemula, yaitu praktis lantaran dana akan dikelola langsung oleh ahlinya.

  1. Menabung emas

Emas adalah aset riil berupa logam mulia yang nilainya dapat melindungi nilai uang Anda dari inflasi. Meski mengalami fluktuasi dalam jangka pendek, nilai emas selalu naik dalam jangka panjang.

  1. Menabung saham

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan tanda kepemilikan badan atau seseorang terhadap suatu perusahaan. Terdapat dua keuntungan dalam investasi saham, yaitu capital gain dari kenaikan harga saham dan dividen.

  1. Membeli Tanah, Rumah, dan Kios

Cara menabung yang unik selanjutnya adalah dengan menabung uang dalam bentuk properti. Aset properti biasanya meningkat setiap tahunnya dan dapat mendatangkan passive income yang menggiurkan. Contohnya, membuat rumah sebagai kos-kosan atau kios dengan biaya sewa beragam dari per hari, per minggu, hingga per bulan.

 

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE