26.6 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

Gampang Banget! Begini Cara Mencairkan Bitcoin jadi Rupiah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mencairkan bitcoin ke rupiah amatlah mudah. Ini dapat menjadi informasi yang sangat bermanfaat buat kamu para trader kripto. 

Meskipun tidak bisa menjadi alat tukar yang sah, aset kripto ini masih dapat dicairkan menjadi uang tunai agar dapat dibelanjakan. 

Sangat disayangkan apabila investasi kamu dalam Bitcoin atau aset kripto lainnya tidak bisa dicairkan menjadi uang fiat seperti Rupiah.

Prinsip mencairkan aset kripto seperti Bitcoin menjadi uang tunai sama halnya seperti emas. Aset kripto dijual sesuai dengan nilainya dalam satuan mata uang yang berlaku saat waktu penjualan tersebut. 

Setelahnya barulah uang hasil dari penjualan aset tersebut dapat langsung dikirim ke rekening pemilik bitcoin. 

Pengertian Bitcoin

Dilansir dari laman Investopedia, bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi yang dibuat pada Januari tahun 2009. Penemuan bitcoin adalah mengikuti gagasan yang ditetapkan dalam kertas putih oleh Satoshi Nakamoto. 

Bitcoin menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional lain. Fidak seperti mata uang yang dikeluarkan bank sentral, bitcoin adalah dioperasikan oleh otoritas terdesentralisasi.

Bitcoin dikenal sebagai jenis cryptocurrency atau aset kripto karena menggunakan kriptografi untuk menjaganya tetap aman. Tidak ada bitcoin fisik, hanya saldo yang disimpan di buku besar publik yang dapat diakses oleh setiap orang secara transparan (meskipun setiap catatan dienkripsi).

Baca jugaMenengok Perbandingan Luno vs Indodax, Mana yang Lebih Baik Buat Trading? 

Dengan kata lain, bitcoin adalah mata uang digital yang dibuat dan disimpan secara metode digital. Karena bentuknya digital, bitcoin tidak memiliki wujud fisik layaknya mata uang resmi milik Negara. Tidak ada otoritas yang mengatur yang mengendalikannya.

Meskipun tidak menjadi alat pembayaran sah di sebagian besar dunia, Bitcoin sangat populer dan telah memicu peluncuran ratusan mata uang kripto lainnya, yang secara kolektif disebut sebagai altcoin. Bitcoin disingkat BTC saat diperdagangkan.

Namun demikian, ada beberapa layanan yang menerima bitcoin sebagai alat pembayaran, salah satunya PayPal. Bitcoin bahkan bisa digunakan untuk membeli mobil buatan Tesla. 

Bitcoin adalah aset berharga karena orang-orang bersedia menukarnya dengan barang atau jasa nyata, dan bahkan rela menukarnya dengan uang tunai.

Cara Mencairkan Bitcoin jadi Rupiah

Cara Mencairkan Bitcoin jadi Rupiah

Cara mencairkan bitcoin jadi rupiah tidaklah sulit. Dengan memperhatikan langkah-langkah ini maka kamu akan segera dapat melakukan penukaran aset tersebut ke rupiah. Berikut ini ulasan mengenai pencairan aset kripto tersebut.

  1. Platform Penukaran Kripto

Pemilik aset Bitcoin atau kripto jenis lainnya dapat mengakses platform penyedia layanan transaksi Bitcoin. Untuk menukarkan Bitcoin menjadi rupiah, kamu cukup mengakses menu penjualan Bitcoin untuk menjual aset kripto sesuai nilai yang berlaku pada waktu transaksi. Setelah transaksi berhasil, kamu bisa langsung mengirimkan uang hasil penjualan ke rekening bank milikmu.

2. ATM Bitcoin

ATM Bitcoin berbentuk seperti ATM perbankan yang ada pada umumnya. Di alat tersebut, kamu dapat membeli dan menjual aset jenis Bitcoin. Perbedaannya dengan ATM perbankan, ATM Bitcoin tidak diakses dengan kartu debit melainkan dengan cara memindai kode QR untuk terhubung dengan dompet digital tempat pengguna menyimpan aset tersebut. 

Baca jugaMelihat Kelebihan Indodax, Platform Jual Beli Kripto Terpercaya di Indonesia

Setelah ATM terhubung dengan platform dompet penyimpanan Bitcoin, kamu dapat menjual Bitcoin sesuai jumlah diinginkan. Setelah itu, aset di dompet digital akan dikonversi menjadi uang tunai senilai dengan jumlah Bitcoin yang dijual tersebut. Dalam beberapa menit, pemilik aset dapat mengambil uang tunainya dari ATM Bitcoin itu.

3. Transaksi Peer to Peer atau P2P

Antar pemilik dompet Bitcoin dapat terhubung melalui jaringan peer to peer atau P2P yang memungkinkan kedua pihak bertransaksi aset Bitcoinnya. Singkatnya, dalam transaksi peer to peer, kamu menjual aset Bitcoin atau kripto lainnya kepada pembeli yang bersedia membayar dengan harga-harga tertentu. 

Setelah mereka membayar secara tunai atau transfer ke rekening bank, kamu langsung melepas aset Bitcoin ke akun pembeli itu. 

Itulah cara mencairkan bitcoin jadi rupiah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan berguna buat menambah wawasan anda seputar dunia cryptocurrency. 

Simak berita-berita seputar dunia kripto dan financial technology (fintech) lainnya hanya dengang mengakses duniafintech.com.

Baca jugaMengenal Manfaat Kripto: Pengertian dan Jenis-jenisnya yang Populer

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...

Mudah! Begini Cara Top Up OVO lewat Bank Bukopin via Wokee

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara top up OVO lewat Bank Bukopin? Pada dasarnya, caranya  sebenarnya sangat gampang kok untuk kamu lakukan. Seperti diketahui, belakangan...

Luhut: Kita Salah Satu Negara yang Punya Utang Terkecil di Dunia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal utang pemerintah Indonesia yang sudah menembus...

Tol Serang-Panimbang Pakai Utang China, Luhut: Jangan Mubazir!

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan...
LANGUAGE