29.3 C
Jakarta
Senin, 8 Agustus, 2022

Pengertian Mata Uang Kripto, Definisi hingga Cara Membelinya 

JAKARTA, duniafintech.com – Pengertian mata uang kripto atau cryptocurrency adalah mata uang yang tengah populer dalam beberapa tahun terakhir. Di dunia, ada banyak sekali jenis uang kripto yang beredar. Yang paling populer adalah bitcoin. 

Dari namanya, pengertian mata uang kripto atau cryptocurrency berasal dari dua kata yakni cryptography yang berarti kode rahasia dan currency yang artinya mata uang. Dengan kata lain, kripto adalah mata uang virtual yang dilindungi kode rahasia.

Sederhananya, uang kripto adalah mata uang yang memiliki andi-sandi rahasia yang cukup rumit berfungsi melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital tersebut. 

Pengertian Mata Uang Kripto

Pengertian Mata Uang Kripto

Melansir Investopedia, pengertian mata uang kripto adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptography, mata uang digital ini menjadi hampir tidak mungkin untuk dipalsukan.

Pencatatan semua transaksi yang dilakukan tersimpan pada teknologi blockchain. Blockchain tersebar luas antara satu komputer dengan komputer lain dan terkoneksi di dalam satu jaringan yang tersebar luas sehingga tidak terpusat pada satu tempat, atau dikenal dengan istilah desentralisasi.

Sederhananya, mata uang kripto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga.

Selain digunakan sebagai alat transaksi, banyak pengguna yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Hal ini disebabkan oleh naik turunnya nilai mata uang virtual tersebut.

Sistem perlindungan mata uang kripto adalah menggunakan kriptografi sebagai jaminan.

Kriptografi sendiri merupakan metode yang digunakan untuk melindungi informasi dan saluran komunikasi melalui penggunaan kode-kode. 

Konsep kriptografi sebenarnya sudah dikenal sejak pada zaman Perang Dunia II. Kala itu, Jerman memakai kriptografi guna mengirimkan kode-kode rahasia agar tidak mudah terbaca oleh pihak sekutu dalam medan perang. 

Penggunaan kriptografi tersebut membuat penggunaan uang kripto tidak bisa dimanipulasi. Artinya, transaksi mata uang kripto tidak akan bisa dipalsukan. 

Baca jugaMengenal Manfaat Kripto: Pengertian dan Jenis-jenisnya yang Populer

Pencatatan dari mata uang kripto adalah biasanya terpusat dalam sebuah sistem yang disebut dengan teknologi blockchain.

Cara kerja mata uang kripto

Dikutip dari Forbes, ada tiga kata kunci yang melekat pada cara kerja uang kripto, yakni digital, terenkripsi, dan desentralisasi.

Artinya tidak seperti mata uang konvensional, yaitu dollar AS atau Euro, atau bahkan rupiah, mata uang digital ini tidak dikontrol oleh otoritas sentral dari sisi nilai dari uang tersebut.

Sehingga, tugas dalam mengontrol dan mengelola mata uang ini sepenuhnya dipegang oleh pengguna mata uang kripto melalui internet.

Bitcoin merupakan mata uang kripto pertama. Prinsip mata uang kripto sendiri secara prinsip telah dijelaskan oleh Satoshi Nakamoto dalam sebuah tulisan yang berjudul ‘Bitcoin: Sistem Uang Elektronik Peer to Peer’ yang bisa diakses di laman bitcoin.org.

Di dalam tulisan tersebut Nakamoto mendeskripsikan proyek aset uang kripto itu sebagai sistem pembayaran elektronik yang berlandaskan bukti kriptografi, bukan sekadar kepercayaan. Bukti kriptografi tersebut ada dalam bentuk transaksi yang diverifikasi dan dicatat dalam program yang disebut dengan teknologi blockchain.

Cara Membeli Mata Uang Kripto

Sebelum Anda membeli mata uang kripto, Anda harus memahami terlebih dahulu aset ini bukanlah benda dengan bentuk fisik.

Seperti Bitcoin misalnya, benar-benar merupakan angka yang terdapat pada sebuah sistem pengelola data yang terhubung dalam sistem yang disebut dengan blockchain.

Tentu saja, sebelum Anda membeli bitcoin, Anda juga harus menyiapkan dana alias uang. Besaran pembelian bitcoin akan tergantung pada jumlah dana yang disiapkan.

Untuk diketahui, jumlah bitcoin yang beredar saat ini adalah hampi 20 juta keping dari total 21 juta keping yang dicetak.

Untuk pembelian bitcoin, bisa dilakukan hingga delapan angka di depan koma, atau bisa dikatakan, 0,00000001 BTC adalah angka terkecil bagi kamu yang berminat membeli bitcoin.

Rinciannya sebagai berikut:

  1. Buat akun di bursa trading atau pedagang aset kripto yang terdaftar Bappebti. Proses pembuatan akun biasanya memerlukan informasi seperti rincian rekening bank serta kartu identitas.
  2. Pilih metode pembayaran yang tersedia di platform.
  3. Pihak pedagang aset kripto akan melakukan verifikasi data
  4. Beli bitcoin
  5. Lakukan pembayaran
  6. Transfer bitcoin ke dompet virtual yang Anda miliki
  7. Baiknya Anda secara rutin memantau pergerakan harga bitcoin agar pembelian bitcoin kamu tak merugi.

Di Indonesia, salah satu exchange perdagangan aset kripto terpercaya adalah Indodax. Kamu bisa memanfaatkan platform ini buat investasi aset kripto. Berikut ini cara membelinya. 

Baca jugaMelihat Kelebihan Indodax, Platform Jual Beli Kripto Terpercaya di Indonesia

Menyadur dari laman bantuan Indodax, para trader dapat melakukan jual beli aset kripto dengan metode instan dan metode limit. Adapun langkahnya masing-masing adalah sebagai berikut.

Sebelum membeli aset kripto, kamu harus memiliki saldo Rupiah terlebih dahulu. Hal itu agar memudahkan proses transaksi. Setelah saldo diisi, berikut cara membeli kripto di Indodax:

*Langkah pertama, buka aplikasi Indodax.

*Pilih aset kripto yang akan dibeli

Selanjutnya, pilih menu ‘Market’ dan pilih aset kripto yang akan dibeli. Misalnya, Bitcoin atau jenis kripto lainnya. Untuk pembelian metode instan, pilih opsi ‘Instan Order’. 

Sementara itu, untuk metode limit, pilih opsi ‘Limit Order’. Melalui metode ini, kamu dapat membeli aset kripto dengan harga sesuai ketentuan pribadi. 

Market maker merupakan seseorang yang membeli kripto dengan harga di bawah harga market jual terendah atau seseorang yang menjual dengan harga di atas harga market beli tertinggi.

Sedangkan market taker ,yaitu proses jual-beli dengan waktu tunggu yang relatif lebih singkat. Sebab, harga telah dibuat oleh market maker.

*Pilih Beli

Setelah menentukan aset kripto yang akan dibeli, lanjutkan dengan mengeklik ‘Beli’.

*Aset kripto berhasil dibeli

Apabila pembelian berhasil dilakukan, saldo aset kripto secara otomatis muncul di saldo akun kamu.

Itulah pengertian mata uang kripto dan cara membelinya. Di Indonesia, platform Indodax dipercaya oleh 5,3 juta member terverifikasi sehingga tidak perlu diragukan lagi. 

Baca jugaMenengok Perbandingan Luno vs Indodax, Mana yang Lebih Baik Buat Trading? 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...

Mudah! Begini Cara Top Up OVO lewat Bank Bukopin via Wokee

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara top up OVO lewat Bank Bukopin? Pada dasarnya, caranya  sebenarnya sangat gampang kok untuk kamu lakukan. Seperti diketahui, belakangan...

Luhut: Kita Salah Satu Negara yang Punya Utang Terkecil di Dunia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal utang pemerintah Indonesia yang sudah menembus...

Tol Serang-Panimbang Pakai Utang China, Luhut: Jangan Mubazir!

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan...
LANGUAGE