26 C
Jakarta
Rabu, 29 Juni, 2022

Dijamin Cepat! Inilah Cara-cara Mendapatkan Uang dari Instagram

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mendapatkan uang dari Instagram sangat populer di kalangan milenial. Seperti diketahui, media sosial yang satu ini memang menjadi salah satu media berbagi foto yang cukup populer dalam beberapa tahun belakangan.

Instagram sendiri dapat dijadikan sebagai tempat mencari uang, yakni dengan cara memanfaatkan cara kerja media sosial ini. Lantas, bagaimana caranya? Intip yuk peluang untuk mendapatkan uang di platform ini.

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram: Jumlah Followers dan Gajinya

Kalau Anda bertanya, berapa besaran uang atau gaji yang akan didapatkan dari Instagram dan berapa followers yang harus dimiliki supaya bisa dapat uang dari situ maka perusahaan teknologi Tribe pernah menjelaskan kaitan antara uang yang akan diperoleh dengan jumlah followers yang dimiliki.

Rinciannya seperti berikut ini:

  • 3 ribu—25 ribu followers, potensi penghasilan $100—$250 (Rp1,4 juta—Rp3,7 juta)
  • 25 ribu—100 ribu followers, potensi penghasilan $400—$600 (Rp5,9 juta—Rp8,9 juta)
  • 100 ribu—500 ribu followers, potensi penghasilan $600—$1.200 (Rp8,9 juta—Rp 17,8 juta)
  • 500 ribu—1 juta followers, potensi penghasilan $1.200—$2.500 (Rp17,8 juta—Rp 37 juta)
  • 1 juta—di atas 5 juta followers, potensi penghasilan $2.500—$5.000 (Rp37 juta—lebih dari Rp74,1 juta)

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram untuk Pemula dengan Mudah

  1. Membuat Profil dan Konten Semenarik Mungkin

Pertama, Anda bisa membuat profil dan konten semenarik mungkin. Kalau ini pertama kalinya Anda membuat profil Instagram maka tentunya Anda perlu mempersiapkan diri bagaimana publik akan menilai Anda dan siapa target dari followers Anda.

Dengan mempersiapkan niche dan konten-konten menarik, maka Anda telah memulai semuanya di jalur yang benar. Sebelum benar-benar membuat profil yang sesuai, Anda bisa mulai melakukan riset mengenai siapa selebgram yang akan dijadikan acuan.

Dari situ, Anda bisa mencari peluang untuk bisa menggaet pengikut yang sama atau juga mempersiapkan target pengikut yang lain. Perhatikan pula bagaimana Anda akan membuat konten-konten yang akan diposting setiap harinya, apakah berformat video, foto-foto pemandangan, atau tips dan trik yang dibutuhkan oleh banyak orang. Anda sudah harus mempersiapkan semuanya dari awal agar segera mendapatkan gaji dari Instagram.

  1. Mengunggah atau Post Konten secara Konsisten

Berikutnya, Anda perlu mengunggah konten secara konsisten. Perlu diketahui, kunci dari Instagram bisa berkembang, yakni konsisten dalam memposting konten. Setelah mengetahui niche atau kategori yang sedang didalami, selanjutnya usahakan untuk memposting satu konten setiap hari.

Adapun algoritma Instagram memungkinkan siapa saja yang rajin mem-posting untuk bisa terus eksis dan dilihat oleh banyak orang. Kalau konten Anda menarik dan dilirik oleh banyak pengguna Instagram yang lainnya maka kemungkinan besar mereka akan mengikuti Anda dan tentu saja potensi akun yang kamu buat bisa berkembang pesat.

Di samping itu, memposting konten setiap hari juga akan membuat para followers Anda percaya bahwa Anda adalah akun yang hidup dan terus aktif setiap hari.

  1. Mengoptimalkan Fitur IG Story

Hal penting berikutnya agar menghasilkan uang dari Instagram, yakni dengan mengoptimalkan fitur IG Story. Di samping fokus memposting konten di feed Instagram, Anda juga harus rajin mengisi konten untuk IG Story.

Biasanya, pengguna Instagram akan membuka IG Story yang pertama kali terpampang di beranda akun mereka, untuk kemudian melanjutkan pencarian sesuai dengan minat atau arahan dari akun yang telah mereka ikuti sebelumnya.

Dengan demikian, IG Story bisa menjadi sebuah iklan yang membuat para pengikut Anda untuk melirik apa yang sedang Anda posting hari ini. Kekuatan IG Story juga bisa menaikkan level akun di mata Instagram karena keaktifan itu  berpotensi menaikkan kedekatan terhadap pengguna lainnya.

  1. Menjual Produk dan Jasa/Layanan

Dengan konsisten memposting konten setiap hari, hal itu akan menaikkan rating akun dan juga kemungkinan untuk muncul di halaman pencarian. Di tahap ini, pastinya Anda telah memahami siapa saja target dari pengikut Anda.

Anda pun kini sudah bisa mulai menjual produk dan jasa/layanan yang sudah dipersiapkan sejak awal dengan target sasaran yang telah dibidik. Instagram punya fitur belanja yang memungkikan Anda menjadikannya sebagai etalase toko dan lanjut ke pemesanan serta pembayaran.

Fitur terbaru Instagram yang dikembangkan utu menjadi salah satu fitur andalan yang menjadikan Instagram sebagai etalase toko online yang efektif.

Baca juga: Pengen Tahu? Ini Syarat dan Cara Mengajukan Centang Biru di Instagram

  1. Menjual Barang Preloved atau Second Hand

Kini, ada banyak barang bekas berkualitas yang bisa dijual dengan harga miring. Masalah utama dari penjual untuk bisa sampai kepada konsumen, yakni sulitnya bertemu dan berinteraksi.

Namun, melalui Instagram, Anda bisa menyasar orang-orang yang suka dengan barang bekas berkualitas atau preloved. Barang-barang bekas berkualitas yang dijual di Instagram akan memiliki nilai jual lebih karena dibantu dengan teknik digital marketing dan juga foto-foto yang menarik ala butik terkenal.

Cukup dengan upload foto barang preloved di Instagram, Anda sudah bisa mendapatkan uang dengan mudah. Hal itu juga yang membuat berjualan barang preloved atau secondhand di Instagram terbukti menghasilkan lebih banyak uang ketimbang Anda harus membuka stand di bazar-bazar atau berjualan secara offline.

  1. Menggunakan Fitur Instagram Ads untuk Beriklan

Anda juga perlu memahami tentang fitur-fitur beriklan yang telah disediakan oleh Instagram. Platform sosmed ini, yang sudah menjadi bagian dari Facebook, juga mempunyai fitur Instagram Ads yang terintegrasi dengan Facebook Ads.

Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengiklankan produk atau jasa serta menjangkau lebih banyak orang. Harga untuk setiap kampanye iklan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga keuangan.

Dengan mengeluarkan biaya untuk beriklan, potensi untuk menghasilkan lebih banyak uang lagi dari Instagram bisa benar-benar terealisasi. Pelajari soal Instagram Ads kalau Anda memang ingin serius menerapkan cara mendapatkan uang dari media sosial yang satu ini.

  1. Menggunakan IG TV sebagai Media Promosi

Instagram sendiri dalam perkembangannya sudah memiliki fitur-fitur tambahan lebih dari sekadar media berbagi foto. Saat ini, sudah ada IGTV yang memungkinkan Anda untuk memposting video dalam durasi panjang layaknya layanan berbagi video lainnya.

IGTV ini bisa digunakan untuk mendukung promosi dari produk dan konten yang dikemas dengan menarik. Tentunya, mempersiapkan konten IGTV membutuhkan tenaga serta keahlian di bidang videografi dan editing, tetapi hal ini tentu tidak menjadi masalah karena Anda bisa merekam video dengan smartphone dan mengeditnya dengan mudah menggunakan aplikasi editing yang tersedia secara gratis.

  1. Menjadi Influencer

Cara mendapatkan uang dari Instagram yang berikutnya adalah dengan menjadi influencer atau dikenal juga dengan sebutan “selebgram”. Dengan personal branding kuat dan konten yang berkualitas, Anda bisa mendapatkan uang dari platform ini dengan menjadi seorang influencer.

Influencer adalah sosok yang meng-influence para pengikutnya dengan gaya pakaian, gaya hidup, atau kehidupan yang membuat orang merasa relate dengan hidupnya. Influencer punya karakter berbeda-beda yang bisa menggaet para followers loyal.

Kalau berniat untuk menjadi influencer maka Anda harus membangun personal branding yang kuat agar para followers kamu juga bisa mengikuti hal-hal positif yang Anda bagikan di Instagram.

  1. Membuka Jasa Sponsorship dan Paid Promote

Setelah menjadi influencer, dengan personal branding yang kuat, Anda akan punya followers loyal yang akan mengikuti setiap aktivitas yang Anda bagikan di Instagram. Dari situ, Anda bisa membuka jasa sponsorship dan paid promote dari brand-brand ternama.

Tentunya, jasa sponsorship dan paid promote ini akan disesuaikan dengan jumlah followers Anda, sebagaimana yang sudah dijelaskan di awal. Oleh sebab itu, penting untuk membuat konten yang baik, kemudian mendapatkan followers loyal yang banyak, sehingga pada tahap ini kekuatan Instagram untuk mendapatkan uang bisa sangat mudah.

Baca juga: Fitur NFT Akan Hadir di Facebook dan WhatsApp usai Sukses Diuji di Instagram

  1. Melakukan Review Produk

Layaknya membuka jasa sponsorship, Anda pun bisa melakukan review produk dari brand-brand besar. Tentunya, hal ini dilakukan dengan bayaran yang sudah disepakati. Umumnya, brand baru akan melirik para pengguna Instagram dengan followers banyak sebagai tempat beriklan.

  1. Melakukan Kerja Sama dengan Perusahaan atau Brand

Cara berikutnya yang bisa diterapkan adalah dengan melakukan kerja sama dengan berbagai brand atau perusahaan. Melalui personal branding yang kuat, bukan tidak mungkin ada brand atau perusahaan yang akan mengontrak Anda untuk dijadikan brand ambassador. Hal itu bisa terjadi jika personal branding Anda sesuai dengan karakter brand atau produk yang mereka jual.

  1. Menyediakan Jasa Pembuatan Filter Instagram

Filter Instagram pun bisa menghasilkan uang, yakni jika Anda bisa memanfaatkannya dengan baik. Konten foto yang bagus bakal menarik perhatian pengguna Instagram lain, yang terjadi karena Instagram memang fokus pada konten foto.

Akan tetapi, tentunya tidak banyak orang yang memahami bagaimana membuat foto yang bagus meski mereka semua memiliki kamera canggih yang tersemat di smartphone-nya. Nah, Anda bisa menggunakan celah ini dengan peluang baru dalam bisnis Instagram.

  1. Menggunakan Fitur Tags untuk Promosi yang Lebih Mudah

Adapun satu hal yang perlu diperhatikan dalam usaha meningkatkan nilai akun Instagram, yakni dengan memperhatikan hashtag dari setiap konten yang diposting. Sederhananya, tag ini akan mempermudah Instagram dalam mengklasifikasikan kontenmu dengan jutaan konten di luar sana kepada penikmat yang lebih terarah.

Dengan demikian, kalau Anda fokus pada konten kecantikan maka tag yang disematkan akan mengarahkan konten itu kepada pengguna Instagram lain yang juga memiliki minat yang sama. Dengan cara ini, promosi dan target sasaran akan lebih terarah.

  1. Menjadi Admin Instagram

Anda juga menjadi admin yang mengurusi konten dan pengembangan dari Instagram orang lain sebagai cara mendapatkan uang dari Instagram. Walaupun membuat akun Instagram ini gratis, tetapi tidak semua orang punya waktu untuk mengurusi konten dan administrasinya.

Ada banyak orang terkenal dan tokoh penting yang memiliki Instagram sebagai cara mendekatkan diri kepada penggemar atau mempromosikan bisnisnya, tetapi mereka tidak punya waktu atau keahlian untuk mengurusi kontennya setiap hari.

Nah, pastikan Anda sudah punya kapasitas dan pengetahuan terkait fitur-fitur Instagram dan pengembagannya sehingga Anda bisa menarik harga jasa yang cukup layak.

Baca juga: Cara Memperbanyak Followers Instagram, Solusi Melancarkan Bisnis Online

  1. Menjadi Buzzer

Nyaris sama dengan influencer, buzzer adalah sebuah profesi yang muncul ketika media sosial semakin marak beberapa tahun terakhir ini. Buzzer tidak selalu dikaitkan dengan kegiatan negatif, misalnya provokatif dan isu SARA saja.

Pasalnya, buzzer merupakan akun atau sosok yang akan mengarahkan banyak orang untuk menuju atau memperbincangkan sebuah isu. Dengan demikian, secara tidak langsung, buzzer akan mengarahkan orang-orang untuk memperbincangkan sebuah topik yang diinginkan sesuai dengan pesanan. Misalkan buzzer dipesan untuk mengangkat isu tentang keunikan ikan cupang. Nantinya, bisnis ikan cupang akan naik daun dan diburu oleh masyarakat.

  1. Membuat Bisnis Jasa Titip (Jastip)

Cara selanjutnya adalah dengan membuka bisnis jasa titip atau jastip di Instagram. Hal ini sangat mungkin dikembangkan lewat Instagram, yakni dengan memposting foto-foto produk yang akan dibeli oleh followers. Foto-foto yang menarik dan terus diperbarui setiap hari membuat para followers memiliki banyak pilihan tentang barang-barang yang sulit di dapatkan di lokasi mereka dan bisa dibeli melalui jasa titip yang Anda buka.

  1. Mengikuti Program Afiliasi

Mengikuti program afiliasi juga bisa menjadi cara berikutnya. Walaupun Anda tidak membangun personal branding sebagai influencer atau buzzer, tetapi secara mandiri Anda bisa menawarkan produk dengan program afiliasi dan bekerja sama dengan sebuah brand.

Cara kerja program afiliasi, yakni dengan memberikan rekomendasi produk melalui akun Instagram dengan kode tertentu. Dengan demikian, kalau ada orang yang membeli produk itu dari rekomendasi Anda maka Anda akan memperoleh bayaran sesuai dengan kesepakatan.

  1. Membuat Akun Instagram yang Dikelola untuk Dijual Kembali

Kalau Anda telah memahami cara kerja Instagram dan memahami bagaimana membangun satu akun hingga besar maka Anda bisa menjual akun tersebut kepada orang lain. Biasanya, brand produk atau perusahaan akan mencari akun-akun yang sudah besar sehingga mereka cukup melanjutkan mengisi konten yang diinginkan.

  1. Membuat Jasa Kelola Akun Instagram (Social Media Management)

Cara mendapatkan uang dari Instagram selanjutnya, yakni dengan membuat jasa kelola akun Instagram. Hampir sama dengan menjadi admin akun Instagram, Anda bisa memperoleh uang dari Instagram dengan membuka jasa kelola akun.

Tugasnya barangkali akan lebih berat dari sekadar menjadi admin sebab Anda harus mengurusi konten, mulai dari pembuatan foto atau desain, copywriting, hashtag, dan rencana satu tahun ke depan.

Maka dari itu, Anda akan mengurus sebuah akun Instagram dengan segala seluk-beluknya sesuai dengan keinginan klien. Kini, banyak perusahaan yang menggunakan jasa ini untuk menaikkan nilai akun dengan cara profesional. Tentu dengan kemampuan dan pengetahuanmu tentang algoritma Instagram, jasa ingin sangat prospek untuk dikembangkan.

  1. Menjadi Content Creator Berbayar

Apa manfaat memiliki banyak followers di Instagram? Salah satunya, yakni membantu menghasilkan uang dengan menjadi content creator berbayar. Secara mandiri, Anda bisa menghasilkan uang dari Instagram tanpa harus menunggu endorsement, paid promotion, atau lainnya.

Caranya, yaitu dengan memberikan konten berbayar untuk followers loyal yang Anda punya saat ini. Misalnya, Anda sudah membangun akun Instagram yang berkaitan dengan cara merias dan penggunaan alat kecantikan. Dengan demikian, Anda bisa membuat konten secara spesifik terkait tutorial make up untuk acara resmi, acara ke kantor, wedding, dan lainnya.

  1. Menyediakan Jasa untuk Menambah Instagram Likes dan Followers

Masalah utama dari sebuah akun Instagram yang baru merintis, yaitu sulitnya mendapatkan sejumlah followers dan likes yang diinginkan. Tentunya, perlu waktu dan proses yang tidak mudah untuk menggaet orang sebagai followers dan menekan tombol Like untuk konten yang baru saja diposting.

Nah, masalah ini bisa jadi peluang untuk kamu mendapatkan cuan dari Instagram, yakni dengan memberikan jasa tambah likes dan followers. Dalam beberapa kasus, cara ini dianggap kurang etis sebab adanya followers palsu yang mungkin akan mengurangi nilai dari akun Instagram tertentu. Akan tetapi, dalam kenyataannya, cara ini cukup efektif untuk menaikkan popularitas dalam waktu singkat.

  1. Menjadi Pemburu Giveaway dan Kuis (Quiz Hunter)

Lain dari jasa penambah followers, Anda juga bisa mencoba cara mendapatkan uang dari Instagram dengan mengikuti berbagai kuis dan hadiah (giveaway) yang dilakukan oleh akun besar.

Akun yang sering memberikan giveaway ini biasanya adalah akun selebritis atau akun khusus untuk mendongkrak followers dan likes. Dalam hal ini, Anda diharuskan untuk mengikuti beberapa akun yang telah ditentukan dan menyukai postingan di dalamnya.

Nantinya, secara otomatis, Anda akan terdaftar sebagai peserta giveaway yang akan diundi pada waktu yang telah disepakati. Hadiah yang disediakan pun terbilang lumayan untuk aktifitas sederhana seperti follow dan likes yang tidak seberapa.

  1. Menghubungkan Instagram dengan Facebook atau Sosial Media Lainnya

Cara mendapatkan uang dari Instagram yang terakhir, yakni dengan menghubungkan semua media sosial dalam satu akun. Instagram dan Facebook bisa terhubung secara langsung karena berada dalam satu perusahaan.

Nah, Anda juga bisa menghubungkan lagi dengan media sosial lainnya, seperti Twitter dan Youtube, untuk mengekspansi kemungkinan kamu untuk menggaet lebih banyak pengguna.

Dengan menghubungkan akun Instagram dengan media sosial lainnya, Anda bisa mendapatkan pasar yang lebih luas dari setiap pengguna media sosial yang beragam.

Baca juga: Instagram Hadirkan NFT dari Beberapa Jaringan Blockchain, Mulai Ethereum Hingga Solana

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Mengenali P2P Lending Syariah, Halal Tanpa Riba

JAKARTA, duniafintech.com – Mengenali P2P Lending Syariah nampaknya menjadi salah satu hal yang penting saat ini. Kemajuan teknologi membuat peer to peer (P2P) lending...

Kelebihan dalam P2P Lending Syariah, Halal Pastinya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kelebihan dalam P2P lending syariah akan jadi pembahasan tim DuniaFintech.com kali ini. Untuk lebih mengenal apa itu P2P lending syariah, simak...

Cara Kerja Akad P2P Lending Syariah, Simak ini Guys!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara Kerja Akad P2P Lending Syariah, seperti apa? Kini anda bisa dengan bebas berinvestasi dan mengajukan pembiayaan syariah melalui fintech P2P...

Bengkel Spesialis Mercy, Ini Daftar Lengkapnya

JAKARTA, duniafintech.com – Bengkel spesialis Mercy terdekat adalah tempat yang paling dicari oleh pengguna mobil keluaran Jerman ini. Di samping lantaran membutuhkan perawatan khusus, di...

Tahapan Investasi P2P Lending Syariah, Jadi Solusi Keuangan

JAKARTA, duniafintech.com – Tahapan investasi P2P lending syariah kali ini bisa dijadikan solusi, jika Anda mencari investasi yang terpercaya dan menawarkan imbal hasil yang...
LANGUAGE