31 C
Jakarta
Selasa, 28 Juni, 2022

Coba Yuk! Begini Cara-cara Mendapatkan Uang dari Pinterest

JAKARTA, duniafintech.com – Adakah cara mendapatkan uang dari Pinterest? Tentu saja ada. Meski tidak sepopuler media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, bahkan Twitter, Pinterest sendiri bagi sebagian besar orang merupakan senjata utama untuk menghasilkan uang dan menaikkan nilai bisnis mereka.

Pinterest bahkan menjadi salah satu acuan para desainer dan seniman untuk mencari referensi karya dan inspirasi. Sejatinya, cara kerja Pinterest pun sangat sederhana, yakni dengan berbagi foto-foto sesuai dengan tema yang telah diklasifikasikan sehingga para pengguna bisa mendapatkan banyak sekali referensi dari tema yang dicari.

Nah, hal itu tentunya menjadi peluang besar bagi para pemilik blog dan internet marketer untuk mempromosikan produk dan jasa melalui konten yang mendapat “Pin” oleh para penggunanya. Anda pun bisa mendapatkan uang dari Pinterest jika tahu bagaimana mengelola dan menaikkan nilai dari akun yang dibuat.

Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest: Membuat Akun dengan Tema yang Disukai sesuai Passion

Pertama, Anda bisa sign up ke Pinterest, lalu membuat akun yang sesuai dengan passion. Di awal tadi sudah dijelaskan, Pinterest akan menampilkan konten-konten dengan tema yang sama atau seragam berdasarkan minat dari pencarinya.

Dengan demikian, cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat akun dengan tema yang disukai. Misalnya, Anda suka dengan berbagai fashion hijab terbaru, Anda bisa membuat akun yang akan menampilkan berbagai konten yang berkaitan dengan hal tersebut.

  1. Menggunakan Fitur Pinterest for Business sebagai Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest

Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Pinterest for Business. Sejalan dengan berkembangnya pengguna Pinterest di seluruh dunia dan terbukti beberapa perusahaan besar telah menggunakannya untuk kepentingan bisnis mereka, Pinterest pun menghadirkan fitur Pinterest for Business yang akan membantu para pencipta kreator maupun pebisnis untuk mengupayakan konten mereka lebih terarah dan mendapatkan perhatian oleh peminat yang tepat.

Pinterest for Business akan memberikan fitur-fitur lengkap cara meluaskan konten dan mendata bagaimana cara Pinterest bekerja pada setiap board yang Anda buat. Dengan fitur ini, para pebisnis dan pencipta konten bisa benar-benar menjadwalkan dan merencanakan konten yang tepat untuk mendapatkan penghasilan lebih besar lagi.

  1. Membangun Penonton dan Membuat Konten Menarik

Selanjutnya, biasa juga dengan membuat konten yang menarik. Sama dengan peraturan di media sosial pada umumnya, mulailah dengan membuat konten yang menarik. Setidaknya, mulailah membuat konten-konten yang menurut Anda menarik dan ajaklah orang untuk merespons konten itu.

Konten menarik tentu akan membuat akun Pinterest Anda menjadi rujukan dan akan banyak followers yang menyukai setiap postingan. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memposting konten yang buruk sebab Pinterest akan menghapus dan pada kondisi tertentu akan menutup akun Pinterest milik Anda.

Baca juga: Ingin Mendapatkan Uang dari Facebook? Ikuti Tips Ini

  1. Membuat Infografis yang Edukatif

Adapun kekuatan dari konten bergambar, salah satunya, adalah informasi yang didapatkan bisa terserap dengan sangat baik ketimbang informasi yang ditulis dalam beberapa paragraf. Hal itu memungkinkan Anda untuk membuat konten infografis yang edukatif.

Pinterest sendiri sangat menyukai konten infografis sebab dinilai sangat tepat dan efektif dalam menyampaikan pengetahuan baru hanya dalam satu postingan pin. Kalau Anda konsisten dengan membangun pin bertema infografis yang edukatif maka bukan tidak mungkin cara ini akan mempercepat akun Pinterest mendapatkan atensi dari pengguna lainnya.

  1. Mengunggah Konten secara Konsisten

Ingatlah bahwa akan menjadi percuma jika Anda menyiapkan konten edukatif dan menarik, tetapi itu tidak konsisten. Pasalnya, konsisten adalah salah satu cara atau kunci untuk bisa mendapatkan uang dari internet.

Konsisten juga menjadi indikator bahwa akun sosial media yang Anda buat itu hidup dan terus aktif. Kalau Anda tidak bisa konsisten memposting konten di Pinterest setiap hari maka buatlah jadwal tetap kapan Anda akan memposting dan siapkan semua postingan minimal untuk dua minggu kedepan.

  1. Menggunakan Tag supaya Konten Mudah Dicari

Ada jutaan konten dengan berbagai tema unik yang diposting di Pinterest setiap harinya. Lantas, bagaimana cara mengklasifikasikan konten Anda terhadap pengguna tertentu? Cara terbaik, yakni dengan memikirkan tema dan tag supaya setiap orang bisa dengan mudah mencari dan menemukan konten yang sesuai seperti pin yang diposting.

Berikan judul yang jelas sesuai dengan tema dan gambar, tambahkan tag dari kata kunci yang berkaitan dengan konten itu. Tambahkan pula watermark atau situs tautan di dalam postingan supaya para pengguna bisa mendapatkan informasi valid di mana mencari informasi lebih lanjut terkait postingan tersebut.

  1. Melakukan Kolaborasi dengan Perusahaan atau Brand

Di tahap ini, pastikan bahwa Anda sudah memilih tema yang tepat sesuai dengan minat dan konsisten memposting foto atau konten yang berkaitan di Pinterest. Kalau kedua hal ini dilakukan maka bisa jadi Anda sekarang sudah mendapatkan banyak followers yang menyukai hal yang sama.

Setelahnya, Anda bisa mengajukan penawaran kolaborasi dari perusahaan atau brand terkait dengan minat yang sesuai dengan tema yang Anda bangun di Pinterest. Produk-produk dari brand itu bisa diselipkan di postingan dan tentu saja akan menaikkan nilai dan kemungkinan produk akan terjual dengan followers yang jadi target pasar utama.

Baca juga: Patut Dicoba! Inilah 15 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

  1. Menyediakan Media Promosi atau Sponsorship

Salah satu cara mendapatkan uang dari Pinterest adalah dengan menyediakan media promosi atau sponsorship. Anda bebas membuat konten sesuai tema yang telah dibangun dari awal.  Dalam perkembangannya, cobalah membuat media promosi sendiri yang disesuaikan dengan minat followers.

Kemudian, ajukan penawaran pada brand yang tepat untuk bisa dipromosikan pada postingan Pinterest-mu. Dari situ, biasanya para pengguna Pinterest mendapatkan uang dengan cepat dan mudah.

  1. Melakukan Promosi dengan Tautan Produk Afiliasi

Cara berikutnya juga bisa dengan melakukan promosi tautan produk afiliasi. Jadi, Anda akan mendapatkan uang dari produk yang terjual berkat tautan yang Anda sematkan di postingan Pinterest. Kian banyak orang yang berbelanja menggunakan tautan itu maka kian banyak pula komisi yang diperoleh.

Untuk melakukan cara ini, Anda tidak perlu mendapatkan banyak followers terlebih dahulu. Yang terpenting adalah produk yang menjadi tautan afiliasi sesuai dengan tema yang Anda buat di Pinterest.

  1. Menggunakan Fitur One-tap Promote Pins untuk Meningkatkan Traffic dan Penjualan

Di samping meluncurkan fitur Pinterest for Business, Pinterest pun telah meluncurkan sebuah fitur iklan bernama One-Tap Promote Pins, yang memungkinkan Anda untuk mengiklankan sebuah pin promosi berbayar dan akan muncul berdasarkan tema dan minat yang sesuai.

Dengan demikian, postingan berbayar ini akan muncul secara acak saat seseorang mencari postingan yang mirip dengan tema itu. Nantinya, setiap orang yang mengeklik pin itu bakal langsung diarahkan ke situs pengiklan dan mendapatkan promo sesuai dengan keinginan pengiklan.

  1. Menggunakan Strategi Search Engine Optimization (SEO) untuk Kata Kunci yang Tepat

Supaya bisa menjangkau lebih banyak orang, Anda harus bekerja sama dengan platform lain., misalnya Google, untuk mendapatkan atensi para pengguna internet. Dengan memperhatikan apa yang bisa Google lakukan dengan SEO-nya, Anda bisa menautkan akun Pinterest agar bisa dilihat oleh pengguna Google.

Di menu profil Pinterest, ada menu About yang bisa diisi dengan deskripsi singkat. Di dalamnya, bisa Anda masukkan beberapa kata kunci potensial yang mungkin bisa ditemukan juga oleh pengguna Google.

  1. Membuat Kontes di Pinterest

Cara mendapatkan uang dari Pinterest selanjutnya, yakni dengan membuat kontes. Pinterest punya fitur Pin to Win yang memungkinkan Anda membuat kontes yang akan diikuti oleh pengguna Pinterest lainnya.

Anda bisa membuat sayembara kuis, mengikuti pin, atau membuat board di laman Pinterest mereka dengan ketentuan yang telah disepakati. Banyak yang membuktikan bahwa fitur Pin to Win ini cukup ampuh untuk menaikkan trafik dan meningkatkan nilai dari postingan pin.

  1. Mengiklankan dan Menjual Produk/Layanan melalui Pinterest

Tutorial membuat kerajinan tangan unik menjadi salah satu konten menarik yang sering dijumpai di Pinterest. Kalau Anda adalah salah satu seniman dengan karya-karya handmade yang menarik maka Anda bisa menjual produk di Pinterest dan mendapatkan atensi yang luar biasa ketimbang beriklan di media sosial lainnya.

Pinterest adalah tempat dimana orang-orang kreatif mencari inspirasi, dan salah satu produk Anda mungkin adalah produk yang mereka cari selama ini. Gabungkan foto-foto produk handmade dengan beberapa postingan tutorial atau proses pengerjaan produk tersebut agar semakin memikat calon pelanggan.

  1. Memamerkan Produk dengan Promoted Video

Cara lainnya adalah dengan memamerkan produk dengan promoted video. Penting diketahui, fitur di Pinterest tidak hanya memungkinkan Anda untuk memposting foto saja, tetapi juga video singkat yang bisa menarik perhatian para pengguna Pinterest. Tentunya, hal itu bisa dimanfaatkan untuk membuat promote video dari produk atau jasa yang sedang ditawarkan.

  1. Melakukan Re-pin Orang Lain

Selanjutnya, Anda bisa melakukan re-pin. Kalau Anda belum punya ide konten terbaru untuk akun Pinterest milik Anda maka Anda juga bisa melakukan re-pin postingan orang lain. Re-pin ini bisa dipahami sebagai memposting ulang pin yang ada di Pinterest dengan tema dan minat yang sama sesuai dengan akun Pinterest milik Anda.

  1. Membuka Jasa Konsultasi untuk Mengajarkan Strategi Pinterest

Di tahap ini, Anda sudah memahami cara Pinterest bekerja dan fitur-fitur menarik di dalamnya yang akan mempermudah cara mendapatkan uang dari Pinterest. Setelah Anda menerapkan dan menyadari bahwa akun Pinterest yang dibangun itu ternyata bisa tumbuh, berkembang, dan tentu saja mendapatkan atensi bagus dari followers, Anda kini bisa membuka jasa konsultasi untuk mengajarkan strategi Pinterest yang telah dipahami selama ini.

Baca juga: Wajib Coba Nih! 12 Cara Mendapatkan Uang dari Twitter

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Fitur Baru, Instagram Bakal Lakukan Verifikasi Umur Menggunakan Video Selfie

JAKARTA, duniafintech.com - Instagram tengah melakukan uji coba untuk melakukan verifikasi umur pengguna dengan cara baru. Nantinya, setiap pengguna Instagram diminta melakukan verifikasi umur yang...

Izin Usaha Holywings Dicabut Pemprov DKI Jakarta, Ini Daftar 12 Gerainya

JAKARTA, duniafintech.com – Izin usaha seluruh gerai Holywings yang ada di Jakarta secara resmi dicabut oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Adapun langkah ini diketahui...

Pasar Kripto Bergejolak, Tapi Masih Cenderung Bergerak Positif

JAKARTA, duniafintech.com - Harga mata uang kripto sepanjang pekan ini cenderung menguat, di tengah masih tingginya gejolak atau ketidakpastian seputar akhir krisis Ukraina sementara...

Mengenal REN Coin, Token Milik Jaringan Protokol Ren yang Didirikan 2017

JAKARTA, duniafintech.com - Ren (REN) Coin adalah protokol jaringan terbuka yang dibangun untuk menyediakan interoperabilitas dan likuiditas antara berbagai platform blockchain.  Dilansir dari Coinmarketcap, REN...

Dapat Pengalaman Baru, Vidi Aldiano Konser dan Ngedance di Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Penyanyi Vidi Aldiano akan menggelar konser di metaverse. Ini merupakan pengalaman pertamanya melakukan konser secara virtual. Konser Virtual Vidi Aldiano di...
LANGUAGE