26.3 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Dijamin Sukses, Begini Cara Mendapatkan Uang dari Playstore

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mendapatkan uang dari google Playstore, memangnya ada? Tentu saja ada. Playstore sendiri merupakan gudangnya berbagai jenis aplikasi smartphone berbasis Android, mulai dari aplikasi untuk media sosial, game, olahraga, hobi, kesehatan, hingga penghasil uang.

Namun, memang belum banyak orang yang mencoba cara mendapatkan uang dari aplikasi di Google Play Store. Nah, jika Anda tertarik untuk memperoleh uang dari situ maka Anda bisa mulai mengikuti panduannya di bawah ini.

  1. Cara Mendapatkan Uang dari Playstore dengan Mendaftar di Aplikasi Freelancer

Aplikasi freelancer akan sangat berguna bagi Anda yang sudah berbulan-bulan menganggur atau sudah bekerja, tetapi masih ingin memiliki penghasilan tambahan.

Biasanya memang Anda biasanya mencari pekerjaan freelance di situs, tetapi belum mendapatkannya, mungkin sebaiknya Anda mulai mencarinya melalui aplikasi freelancer. 

Berbagai aplikasi untuk freelancer di Play Store yang direkomendasikan untuk Anda adalah Sampingan, Freelancer Indonesia, Fastwork, Fiverr, Truelancer, dan Upwork.

  1. Mendapatkan Uang dari Sosial Media sebagai Cara Mendapatkan Uang dari Playstore

Anda juga bisa mendapatkan uang dengan mengunduh berbagai aplikasi sosial media yang ada di Play Store, mulai dari Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, dan sebagainya. Di sini, Anda bisa mendapatkan uang dari sosial media dengan berjualan secara online, menjadi influencer & endorse, dan lainnya.

  1. Jualan Online hingga Jadi Dropshipper di e-Commerce

Bisnis online adalah ladang uang paling strategis untuk dijajaki hingga sekarang, termasuk usaha jualan online atau juga menggunakan sistem dropship di e-commerce. Dropship akan membuat Anda bisa menjual aneka produk dari produsen atau supplier tanpa harus memiliki stok barang dan melakukan pengiriman. Beberapa e-commerce yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, JD.ID, dan Carousell.

Baca jugaApa Sih Perbedaan Asuransi dan Garansi Mobil? Berikut Ini Ulasannya

  1. Menjadi Developer dan Menjual Aplikasi

Selanjutnya, Anda juga mencoba cara lainnya, yakni dengan menjadi developer yang membuat aplikasi atau menjualnya ke pihak lain. Jumlah pengguna aktif sistem Android yang mencapai ratusan juta hingga miliaran di seluruh dunia membuat aktivitas pengunduhan di Playstore tentu menggiurkan pagi pembuat aplikasi.

Setidaknya, ada beberapa keuntungan dari menjadi Android developer, yaitu kebutuhan pasar, penghasilan yang besar, dan pekerjaan yang fleksibel. Anda memiliki pilihan untuk membuat aplikasi yang bisa digunakan secara gratis atau berbayar di Playstore. Untuk berbayar, misalnya Anda bisa menjualnya Rp10.000 melalui kartu kredit atau potong pulsa bagi pengguna yang ingin menggunakannya.

  1. Sponsorship untuk Membuat Aplikasi

Adapun pengembang aplikasi juga bisa bekerja sama dengan sebuah perusahaan yang ingin mempromosikan produknya dalam bentuk karakter, latar tempat, dan sebagainya di dalam aplikasi. Pada kerja sama ini, aplikasi yang dikembangkan biasanya akan tetap milik developer.

Pasalnya, pihak perusahaan hanya akan mengambil keuntungan dari gambar, karakter, atau elemen grafis lainnya di dalam aplikasi sampai kampanye yang dilakukan suatu perusahaan berakhir. Pihak developer akan mendapatkan bayaran selama kerja sama berlangsung.

  1. Menyediakan Aplikasi dengan Sistem Subscription

Subscriptions atau langganan juga bisa jadi untuk mendapatkan uang dari aplikasi yang Anda buat. Anda bisa membuat sistem langganan dengan durasi setiap bulan sampai setiap tahun sekali.

Di samping itu, bisa juga dengan menggratiskan aplikasi buatan Anda, tetapi tetap menyertakan fitur berbayar atau premium dengan berbagai keunggulan, misalnya tanpa iklan. Adapun besaran biaya langganan juga bervariasi, mulai dari Rp5.000, Rp10.000, Rp50.000, dan seterusnya. 

  1. Melakukan in-app Advertising

Bisakah developer menggratiskan aplikasi, tetapi tetap mendapatkan uang? Tentu saja bisa, yakni lewat iklan. Hingga kini, iklan menjadi cara mendapatkan uang dari Playstore terbaik bagi sebuah aplikasi yang gratis.

Dalam hal ini, developer bisa menambahkan beberapa tipe iklan di dalam aplikasi, mulai dari banner ads, overlay ads, hingga interstitial ads.

  1. Melakukan in-app Purchases

Cara lainnya bisa dengan melakukan in-app Purchases di dalam aplikasi. Artinya, sebuah aplikasi menjual produk digital, baik barang maupun layanan, ke pengguna aplikasinya. Produk digital yang dijual bisa berbentuk senjata, game, pakaian, atau item lainnya untuk karakter yang dimainkan oleh gamer agar bisa bertambah kuat di dalam permainan.

Harga sebuah item digital ini bisa bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Murah atau mahalnya harga barang digital ini (khususnya dalam permainan) ditentukan oleh tingkat kelangkaannya beserta fungsinya di dalam permainan. Tidak jarang, pemain yang sudah kecanduan game rela mengeluarkan banyak uang untuk item ini.

9. Gunakan Aplikasi Penghasil Uang Online yang Bisa Diunduh dari Google Playstore

Anda juga bisa mendapatkan uang dari sini dengan mengunduh berbagai aplikasi penghasil uang. Adapun aplikasi-aplikasi ini akan memberikan kamu uang setelah melakukan berbagai aktivitas mulai dari bermain game, menginstal aplikasi selama beberapa hari, menonton video, membaca berita, sampai mengisi survei.

Berbagai aplikasi penghasil uang ini, misalnya Buzz Break, Money App, Cashtree, WHAFF Rewards atau WHAFF Master, dan lain-lain.

  1. Mengisi Survei Online via Aplikasi

Di samping menggunakan jasa aplikasi penghasil uang, Anda juga bisa mencoba cara mendapatkan uang dari Playstore dengan mengisi survei online via aplikasi. Biasanya, perusahaan menggunakan survei untuk mengetahui opini masyarakat tentang produk mereka untuk meningkatkan kinerja penjualan.

Aplikasi yang bisa membayar Anda setelah melakukan survei, di antaranya YouGov dan Google Opinion Rewards.

  1. Menjual Stok Foto

Playstore memang gudangnya berbagai aplikasi, di antaranya aplikasi untuk menjual stok foto. Jika Anda punya hobi fotografi maka hal itu tentu saja bisa menjadi ladang uang. Namun, foto yang dihasilkan tentunya foto yang punya kualitas gambar berkualitas, bukan asal jepret.

Baca jugaAturan PPnBM Mobil Baru 2022 hingga Syarat Diskonnya

Di antara beberapa aplikasi stok foto adalah Shutterstock Contributor, Contributor by Getty Images – iStock, dan Dreamstime.

  1. Menghasilkan Uang dari Podcast

Podcasters yang menyediakan konten audio secara online saat ini menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Hal itu karena podcast memang tengah digandrungi oleh generasi milenial.

Baca jugaBerapa Penghasilan YouTuber? Simak di Sini Cara Menghitungnya

Lewat profesi ini, Anda bisa memperoleh penghasilan dari berbagai sumber, mulai dari sponsor, donasi, iklan, afiliasi, dan lainnya. Untuk membuat podcast juga tidak melulu harus mengeluarkan biaya besar. Pasalnya, Anda kini bisa membuatnya di situs Anchor.fm atau menggunakan aplikasi Anchor.

  1. Jadi Penulis dan Mendapatkan Monetisasi

Anda juga bisa cara mendapatkan uang dari Playstore bermodalkan kreativitas dan imajinasi, yakni dengan menjadi penulis fiksi. Saat ini, sudah banyak berbagai platform menulis daring yang membuat karya Anda dibaca banyak orang, baik melalui situs maupun aplikasi. 

Berbagai platform online ini, antara lain, Storial, Joylada, Novelme, Dreame, Wattpad, dan seterusnya. Kalau novel karya Anda dibaca puluhan ribu atau ratusan ribu pembaca maka  bukan tidak mungkin nantinya karya fiksi itu bisa diterbitkan dan diangkat ke layar lebar. 

  1. Menggunakan Aplikasi Peminjaman Uang Online

Bukan hanya menjadi tempat menghasilkan uang, Playstore pun telah menjelma sebagai tempat meminjam uang. Jika hendak mencari modal untuk usaha maka Anda juga bisa mempertimbangkan berbagai aplikasi pinjaman uang online yang ada di Playstore.

Pengajuan pinjaman online ini biasanya lebih mudah ketimbang meminjam uang di bank. Kisaran bunganya? Tentu Anda bisa membandingkannya sendiri antar aplikasi pinjaman online.

Beberapa aplikasi pinjaman uang online untuk modal usaha yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), antara lain, Kredit Pintar, Kredivo, TUNAIKU, dan PinjamanGo.

  1. Bermain Game yang Menghasilkan Uang

Anda suka bermain game dan ingin menghasilkan uang dari kegemaran itu? Bisa banget! Bermain game pada era sekarang ini bisa menghasilkan pendapatan, baik itu game smartphone maupun PC.

Sejumlah game yang bisa bikin pemainnya menghasilkan uang adalah Player Unknown Battle Ground (PUBG), Mobile Legends, dan RO: Idle Poring.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara mendapatkan uang dari Playstore yang bisa Anda terapkan sekarang juga. Tertarik buat mencobanya?

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU