28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

4 Cara Mengetahui Rekening Mandiri Masih Aktif atau Tidak

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengetahui rekening Mandiri masih aktif atau tidak tentunya sangat penting diketahui oleh nasabah Bank Mandiri.

Seperti diketahui, menjadi bank milik pemerintahan Indonesia atau BUMN, Bank Mandiri pun telah membekali kartu ATM bagi setiap nasabahnya. Adapun tujuan dari kartu ATM ini adalah untuk memudahkan aktivitas transaksi setiap nasabahnya.

Lewat adanya kartu ATM, nasabah Mandiri pun tidak perlu mendatangi kantor bank untuk bertransaksi. Pasalnya, nasabah tinggal mendatangi gerai-gerai ATM Mandiri yang telah tersebar luas hingga penjuru Indonesia.

Baca juga: Cara Daftar SMS Banking Mandiri, Bisa via Smartphone Loh!

Namun, perlu diketahui bahwa sekalipun kartu ATM ini punya banyak manfaat, tetapi ada juga nasabah yang tidak memanfaatkannya untuk bertransaksi. Nah, jika suatu saat kembali menggunakannya maka boleh jadi kartu ATM itu tidak aktif loh.

Kalau kartu ATM itu sudah tidak aktif maka berarti rekening tabungan pun mengalami yang sama.  Nah, untuk mengetahui rekening Mandiri masih aktif atau tidak, simak yuk ulasannya berikut ini, seperti disadur dari ViralOrchard.com.

Penyebab Rekening Mandiri tidak Aktif

Ada sejumlah penyebab rekening Mandiri menjadi tidak aktif. Berikut ini rinciannya:

1. Nasabah tidak melakukan transaksi selama 6 bulan.

2. Saldo di rekening Rp0 sehingga tidak ada uang yang bisa digunakan untuk membayar biaya admin.

3. Rekening tidak aktif juga bisa disebabkan oleh permintaan nasabah yang ingin menonaktifkan rekening.

Panduan Cara Mengetahui Rekening Mandiri Masih Aktif atau Tidak

Untuk mengetahui rekening Mandiri kamu masih aktif atau tidak, tersedia beragam cara yang bisa kamu lakukan seperti berikut ini.

1. Cek Rekening via Mandiri Call

Ini menjadi cara termudah untuk mengecek rekening Mandiri masih aktif atau tidak, yakni silakan kamu menghubungi Mandiri Call di nomor 14000.

Silakan kamu menghubungi nomor itu lalu mintalah bantuan kepada petugas Mandiri Call untuk mengecek status rekening milikmu. Petugas Mandiri Call nantinya akan meminta kamu untuk menyebutkan nomor rekening.

Kemudian, ia pun akan melakukan pengecekan status rekening apakah masih aktif atau tidak. Nah, untuk mengetahui nomor rekening, kamu bisa melihatnya pada buku tabungan ya!

Setelah itu, kalau ternyata rekening sudah tidak aktif maka kamu pun bisa bertanya, apakah rekening bisa diaktifkan kembali atau tidak. 

cara mengetahui rekening mandiri masih aktif atau tidak

2. Mendatangi Kantor Bank Mandiri Terdekat

Buat kamu yang punya waktu cukup luang, kamu bisa melakukan pengecekan rekening dan kartu ATM Mandiri melalui kantor cabang terdekat. Namun, sebelum mendatangi kantor bank, silakan siapkan terlebih dahulu persyaratan yang dibutuhkan, di antaranya buku rekening tabungan, kartu ATM, dan kartu identitas diri berupa KTP.

Kalau semua persyaratan di atas sudah lengkap maka silakan kamu datang ke kantor cabang bank Mandiri terdekat lalu ikuti panduan seperti berikut ini:

– Datangi kantor cabang bank Mandiri terdekat dengan membawa beberapa dokumen persyaratan.

– Sesampainya di kantor bank, silakan ambil nomor antrean untuk menuju ke customer service.

– Jika nomor antrean telah terpanggil maka silakan menuju ke petugas customer service dan beri tahukan tujuan kamu, yaitu ingin mengecek apakah rekening dan kartu atm masih aktif atau tidak.

– Selanjutnya, petugas customer service akan meminta kamu untuk menyerahkan beberapa persyaratan dokumen. Bukan hanya persyaratan di atas, kamu pun sebagai nasabah juga akan diminta untuk menyebutkan nama ibu kandung, yang tujuannya adalah untuk menyamakan data yang ada pada kamu dengan data di sistem bank.

– Ketika semua data telah sesuai, selanjutnya petugas customer service akan memberitahukan kepada kamu sebagai nasabah soal aktif atau tidaknya kartu ATM Mandiri milikmu.

3. Transaksi Transfer dari Bank Lain

Adapun cara lainnya yang bisa kamu coba untuk mengecek rekening Mandiri masih aktif atau tidak adalah dengan melakukan transaksi transfer dari bank lain. Kalau transfer berhasil maka berarti rekening kamu masih aktif. Adapun transfer ini bisa dilakukan via rekening Bank lain maupun sesama Mandiri.

Baca juga: Cara Daftar Internet Banking Mandiri, Mudah Banget Loh!

4. Melalui ATM Mandiri sebagai Cara Mengetahui Rekening Mandiri Masih Aktif atau Tidak

Tentunya, sebagai nasabah bank Mandiri, kamu saja akan dibekali kartu ATM. Dari fitur kartu ATM itu, kamu bisa memanfaatkannya sebagai alat pengecekan kartu ATM masih aktif atau tidak. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

– Silakan datang ke gerai ATM Mandiri terdekat.

– Setibanya di gerai ATM, silakan masukkan kartu ATM di slot kartu yang tersedia dengan posisi yang benar.

– Nasabah akan diminta untuk memilih bahasa transaksi yang terdapat dari bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk mempermudahkan proses transaksi, silakan pilih bahasa Indonesia.

– Berikutnya, masukkan enam digit PIN ATM Mandiri dengan benar. Pastikan bahwa kamu tidak salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali secara berurutan sebab sistem dapat memblokir kartu ATM secara otomatis.

– Untuk proses pengecekan kartu ATM masih aktif atau tidak, nasabah bisa memilih menu transaksi berupa “Transfer, Tarik Tunai, Pembayaran, atau Pengecekan Saldo”.

– Jika proses transaksi yang kamu pilih gagal atau ditolak maka hal itu menandakan bahwa kartu ATM kamu sudah tidak aktif. Akan tetapi, kalau transaksi tersebut berhasil dilakukan maka kartu ATM kamu masih aktif.

Apakah Rekening tidak Aktif Bisa Diaktifkan Kembali?

Sebenarnya, bisa saja kamu melakukan hal ini, tetapi semuanya bergantung dari status rekening. Jika rekening dalam kondisi dormant maka bisa diaktifkan kembali dengan cara datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Nantinya, apabila setelah dicek dan ternyata rekening Mandiri masih aktif maka kamu bisa menggunakannya untuk bertransaksi di ATM maupun melalui layanan mobile banking yang disediakan oleh Bank Mandiri.

Dalam hal ini, berbagai transaksi bisa dilakukan, mulai dari transfer, tarik tunai, hingga membayar tagihan. Namun, seluruh transaksi ini hanya bisa dilakukan apabila rekening dalam keadaan aktif.

Sekian ulasan tentang cara mengetahui rekening Mandiri masih aktif atau tidak yang perlu kamu ketahui. Selamat mencoba ya!

Baca juga: Cara Top Up OVO via Mandiri, dari ATM sampai Kartu Debit

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE