27.6 C
Jakarta
Jumat, 19 April, 2024

Cara Menggunakan Limit Kredit Akulaku, Bisa Buat Belanja!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menggunakan limit kredit Akulaku hampir tidak diketahui oleh banyak orang, padahal bisa juga digunakan untuk berbelanja.

Di lain sisi, pengajuan limit kredit di salah satu aplikasi pinjaman online terbaik Indonesia ini pun lumayan gampang kok. Mengutip laman resminya via kumparan.com, Akulaku adalah platform penyedia layanan kredit.

Sejumlah fitur di dalam aplikasi ini akan memudahkan penggunanya untuk membeli barang yang diinginkan, yakni dengan sistem pembayaran nanti (Buy Now Pay Later) dan produk pinjaman tunai.

Di samping itu, Akulaku pun menawarkan sejumlah kemudahan bagi penggunanya, di antaranya akses dalam satu aplikasi, membayar sesuai dengan pilihan pengguna, mencicil berbagai produk, bahkan HP, yang bisa dibayar dengan beragam metode.

Apa Itu Limit Kredit Akulaku?

Limit kredit Akukalu adalah saldo yang dapat dipakai untuk membeli produk dengan cara membayar cicilan di Akulaku. Limit kredit Akulaku sendiri punya besaran mencapai Rp15 juta, dengan tenor panjang hingga 15 bulan.

Adapun plafon pinjaman di Akulaku juga akan mengikuti skor kredit. Dalam artian, kian baik skor kredit yang dimiliki, kian tinggi pula plafon yang bisa diberikan.

Baca juga: Cara Tarik Tunai Akulaku di Indomaret, Gampang Kok!

Nah, untuk dapat memakai limit kredit ini, kamu bisa mengisi dan mengirimkan pengajuan. Selanjutnya, pengajuan itu akan diverifikasi dan kalau berhasil maka limit kredit bisa kamu gunakan.

Cara Mengajukan Limit Kredit Akulaku

Berikut ini adalah cara untuk mengajukan limit kredit Akulaku yang perlu kamu ketahui:

  1. Siapkan dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu identitas lain seperti Surat Izin Mengemudi (SIM).
  2. Unduh aplikasi Akulaku di Google Playstore atau App Store.
  3. Lakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor ponsel yang masih aktif.
  4. Buka “AkuCicil” pada menu “Financial/Keuangan”.
  5. Klik “Pengajuan Limit Kredit”.
  6. Isi semua informasi pribadi dan jangan lupa sertakan informasi kontak darurat dengan benar.
  7. Lengkapi pula informasi pekerjaan. Lalu, kamu akan mendapat limit virtual. Akan tetapi, kamu harus mengunggah data lainnya agar bisa mendapatkan limit kredit yang sebenarnya.
  8. Unggah foto KTP dan foto diri dengan memegang KTP, lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  9. Lengkapi foto yang dibutuhkan dan pastikan data yang diberikan jelas dan benar.
  10. Selesaikan otorisasi akun Facebook atau BPJSTKU. Kamu juga bisa memilih untuk melewati langkah halaman ini.
  11. Kirimkan semua data yang diperlukan dan tunggu hasil verifikasi sekitar lima menit atau lebih.

Bisakah Mengajukan Limit Kredit tanpa KTP?

Untuk pertanyaan di atas, jawabannya adalah tidak bisa. Pasalnya, pengajuan limit kredit di Akulaku wajib untuk menggunakan KTP. Kamu tidak bisa memakai dokumen lain seperti SIM, NPWP, Kartu Pelajar, maupun dokumen lainnya.

Di samping itu, besaran limit kredit yang diperoleh setiap pengguna Akulaku nantinya juga akan berbeda-beda. Namun, tenang saja ya sebab pengguna Akulaku bisa mengajukan penambahan limit kok! 

Cara Menggunakan Limit Kredit Akulaku

Cara Menggunakan Limit Kredit Akulaku

Sejatinya, limit kredit Akulaku dapat kamu gunakan untuk berbagai macam hal, di antaranya untuk membeli barang di aplikasi tersebut. Nah, cara memakai limit kredit Akulaku sendiri juga terbilang sangat gampang. Pasalnya, kamu hanya perlu memilih metode Pembayaran Cicilan ketika melakukan pemesanan di aplikasi Akulaku.

Uniknya lagi, Akulaku pun memberikan tenor pinjaman hingga 12 bulan. Dengan jangka waktu yang lama itu, angsuran Akulaku kamu pun bakal menjadi lebih terjangkau. Adapun besaran angsurannya akan disesuaikan dengan nilai barang dan tenor yang dipilih.

Di samping itu, penggunanya juga dapat membeli barang yang nilainya melampaui limit kredit. Jika harga barang lebih mahal maka pembayarannya dapat menggunakan uang tunai, sedangkan sisanya dapat menggunakan limit kredit.

Baca jugaKredit Mobil Bekas tanpa DP [Cara dan Tips Melakukannya]

Berikut ini adalah cara menggunakan limit kredit Akulaku yang bisa kamu coba:

  1. Silakan buka aplikasi Akulaku.
  2. Kemudian, cari produk yang ingin dibeli melalui kolom pencarian atau langsung pilih produk yang ada pada halaman utama aplikasi Akulaku.
  3. Setelah mendapatkan barang yang diinginkan, klik tombol “Beli” dan pilih jumlah, warna, ukuran, dan lainnya.
  4. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang diinginkan. Nah, untuk menggunakan limit kredit Akulaku, silakan pilih metode pembayaran “Cicilan” atau “Installment Payment“. Kemudian, dilanjutkan dengan menentukan tenor pinjaman yang diinginkan.
  5. Langkah selanjutnya, kamu tinggal memasukan alamat dan kontak penerima. Pastikan alamat yang dimasukkan sudah benar ya. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengisi email jika membeli produk elektronik. Hal itu perlu dilakukan agar kamu mendapatkan polis asuransi produk.
  6. Berikutnya, kamu tinggal memilih metode pembayaran dan kamu akan mendapatkan kode akun virtual untuk membayar pesanan.
  7. Setelah itu, kamu tinggal menunggu produk dikirim
  8. Kalau produk sudah diterima maka kamu jangan lupa untuk klik “Diterima” yang tersedia di menu “Pesananku” di aplikasi AKulaku.
  9. Nantinya, limit kredit akan dipotong sesuai dengan jumlah pembelian barang. Kemudian, setiap bulan kamu juga harus membayar cicilan sesuai dengan jangka waktu yang dipilih. Ingat ya, pembayaran kamu tidak boleh telat loh!

Cara Menggunakan Limit Kredit Akulaku untuk Belanja HP

Kamu ingin belanja HP dengan limit kredit Akulaku? Bisa dong! Caranya pun hampir sama dengan panduan di atas, yakni sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Akulaku di ponsel kamu.
  2. Cari produk HP sesuai keinginan pada kolom pencarian yang tersedia. Klik ‘Beli’ dan atur jumlah, warna, dan lainnya.
  3. Pilih metode pembayaran yang diinginkan. Dalam hal ini, kamu akan menggunakan limit kredit.
  4. Klik ‘Cicilan’ atau ‘Installment Payment’ di menu ‘Metode Pembayaran’.
  5. Atur waktu pinjaman sesuai kebutuhan kamu.
  6. Lengkapi data yang dibutuhkan dengan memasukkan kontak dan alamat kamu. Isilah alamat email untuk mendapatkan asuransi produk. Pasalnya, kamu membeli HP.
  7. Kemudian, masukkan kode virtual account yang dikirim via SMS ke nomor HP yang terdaftar pada akun Akulaku.
  8. Tunggu produk dikirim ke alamat yang dicantumkan. Kalau produk sudah sampai maka klik ‘Diterima’.
  9. Selesai! Pembelian HP menggunakan limit kredit Akulaku kamu sukses dilakukan.

Demikianlah ulasan tentang cara menggunakan limit kredit Akulaku. Ternyata, limit kreditnya bisa digunakan untuk berbelanja ya, bahkan untuk membeli handphone (HP). Cobain yuk sekarang juga!

Baca jugaAplikasi MyPertamina Bakal Jadi Syarat Beli BBM Bersubsidi, Bikin Ribet? 

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE