29.8 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Cara Mengubah Tenor Cicilan Akulaku dan Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengubah tenor cicilan Akulaku berikut ini penting diketahui oleh para pengguna layanan yang satu ini.

Seperti diketahui bersama oleh pecinta fasilitas kredit online, aplikasi Akulaku menyediakan limit senilai ratusan ribu hingga jutaan rupiah bagi para pengguna baru.

Sejalan dengan fasilitas pay later pada umumnya, lewat limit kredit yang dimiliki itu nantinya setiap pengguna dapat melakukan transaksi di aplikasi Akulaku dengan sistem Beli Sekarang Bayar Nanti.

Baca juga: Dana Cicil Akulaku tidak Bisa Digunakan? Begini Mengatasinya

Di samping itu, Akulaku pun sudah menjalin kerja sama dengan beberapa e-commerce ternama, di antaranya Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia. Oleh sebab itu, limit Akulaku pun dapat digunakan untuk membeli barang di e-commerce tadi.

Terkait transaksi dengan Akulaku, setiap pengguna nantinya juga dapat memilih tenor pembayaran. Tersedia 2 jenis tenor yang ditawarkan, yakni Tempo (30 hari) dan Cicilan. Selain itu, masing-masing pengguna pun dapat mengubah tenor cicilan Akulaku sesuai keinginan dan kemampuan.

Penasaran dong bagaimana tata caranya? Berikut ini ulasannya, seperti dinukil dari Proses Kredit.

Syarat dan Ketentuan Terkait Cara Mengubah Tenor Cicilan Akulaku

Sebelumnya, penting diketahui bahwa untuk mengubah tenor cicilan di Akulaku tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang diterapkan di antara Akulaku dan pihak toko yang menyediakan barang pesanan itu.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk dipahami bahwa setiap penjual di Akulaku punya ketentuan tersendiri dalam menyediakan pilihan tenor pembayaran. Lazimnya, hal ini ditentukan sesuai dengan harga dan jenis barang.

Di lain sisi, dari pihak Akulaku sendiri juga memiliki kebijakan khusus terkait proses mengubah tenor cicilan. Berikut ini ulasannya.

1. Perubahan Tenor Hanya Bisa Dilakukan sebelum Barang Dikemas

Pertama, untuk mengubah tenor cicilan Akulaku, syaratnya adalah waktu transaksi. Dalam hal ini, perubahan tipe pembayaran hanya dapat terjadi kalau pesanan Akulaku belum sampai dikemas. 

Itu berarti, perubahan/pemilihan tenor hanya dapat dilakukan sesaat sebelum checkout barang. Kebijakan senada pun berlaku saat pesan barang pakai Akulaku via e-commerce.

2. Perubahan Tenor Menyesuaikan Pilihan Tipe Pembayaran yang Tersedia

Kedua, syaratnya adalah ketersediaan tenor cicilan dari toko yang menyediakan barang pesanan. Artinya, memang tidak semua toko mendukung pembayaran via Akulaku akan menyediakan tipe pembayaran cicilan.

Oleh sebab itu, saat dari toko tersebut hanya menyediakan tenor pembayaran 30 hari alias Tempo, pengguna tidak akan bisa mengubah tenor cicilan.

Baca juga: Cara Menaikkan Kredit Poin Akulaku dengan Cepat Terbaru 2022

Cara Mengubah Tenor Cicilan Akulaku

Di samping mengubah tanggal jatuh tempo, setiap pengguna Akulaku pun dapat menikmati fitur mengganti tenor cicilan dari transaksi yang dilakukan. Namun, sebelumnya, kamu perlu tahu soal pemilihan tenor pembayaran di Akulaku.

Dalam hal ini, kian lama tenor cicilan yang dipilih, kian kecil pula biaya tagihan yang mesti dibayarkan. Meski demikian, juga ada segelintir pengguna yang malah ingin cepat menyelesaikan cicilan di Akulaku sehingga mereka memilih tenor cicilan paling cepat, yakni 3 bulan.

cara mengubah tenor cicilan akulaku

Nah, berikut ini cara mengubah atau memilih tenor cicilan saat pesan barang di Akulaku yang perlu kamu ketahui:

  1. Buka Aplikasi Akulaku: Pertama, buka aplikasi Akulaku di smartphone kamu.
  2. Cari Barang: setelah itu, tap kolom Pencarian lalu ketikkan nama barang / produk yang ingin dibeli.
  3. Klik Beli: selanjutnya, klik Beli di pojok kanan bawah.
  4. Pilih Tenor Cicilan: kemudian, tentukan tenor cicilan sesuai kemampuan. Pada saat mengubah tenor cicilan, di situ nantinya juga akan tertera nominal DP yang harus dibayarkan—kecuali dari pihak toko memang tidak menyediakan pembayaran uang muka).
  5. Konfirmasi Pesanan: jika sudah maka lakukan konfirmasi pesanan dengan cara menentukan lagi tenor cicilan yang digunakan lalu klik Bayar. Kalau ada ketentuan pembayaran uang muka maka pilih metode pembayaran. Namun, apabila tidak ada ketentuan itu maka kamu tinggal memasukkan PIN Akulaku untuk menyelesaikan transaksi.

Pilihan Tenor Cicilan di Aplikasi Akulaku

Selain mengetahui cara mengganti tenor cicilannya, kamu pun perlu memahami ketentuan tenor cicilan yang disediakan oleh Akulaku. Lazimnya, pilihan tipe pembayaran secara cicilan ditentukan sesuai jenis dan harga barang. Dengan demikian, untuk jenis barang atau produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, dan sejenisnya, pihak Akulaku hanya menyediakan tenor 30 hari, yang juga berlaku untuk semua nominal pembelian.

Sementara itu, untuk produk non-digital, semisal pakaian, barang elektronik, properti, dan sejenisnya, pilihan tenor pembayaran disesuaikan dengan harga barang. Di sini, kian harga barang itu, kian banyak pilihan tenor cicilan, bahkan bisa mencapai 12 bulan.

Sekian ulasan tentang cara mengubah tenor cicilan Akulaku yang bisa kamu coba sekarang juga. Semoga sukses ya!

Baca juga: Cara Mengembalikan Akun Akulaku yang Di-hack dengan Mudah

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.

Iklan

ARTIKEL TERBARU