25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Dana Cicil Akulaku tidak Bisa Digunakan? Begini Mengatasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Dana Cicil Akulaku tidak bisa digunakan? Tetap tenang sebab di sini kamu akan segera tahu cara mengatasinya.

Tentunya, sebagai orang yang sering melakukan transaksi belanja online, kamu pun sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bernama Akulaku yang masih menjadi salah satu aplikasi terbaik dari sekian banyak layanan e-commerce di tanah air hingga saat ini.

Sebagai informasi, Akulaku menawarkan sistem pembayaran dengan cara kredit/cicilan. Hal itu pun sangat membantu banyak orang untuk memperoleh barang impian tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Baca juga: Cara Bayar Tagihan Air PDAM di Akulaku serta Persyaratannya

Di samping itu, Akulaku pun mempunyai banyak fitur menarik lainnya bernama Dana Cicil atau Pinjaman Tunai. Sejalan dengan namanya, fitur itu pun memungkinkan kamu untuk mendapatkan dana pinjaman secara tunai.

Di Dana Cicil Akulaku ini juga tersedia limit pinjaman mencapai Rp15.000.000. Selain itu, untuk pinjam Dana Cicil Akulaku, kamu pun perlu memenuhi sejumlah persyaratan.

Akan tetapi, belakangan ini ada sejumlah pengguna yang mengaku bahwa fitur Dana Cicil di Akulaku mereka tidak bisa digunakan, padahal semua syarat sudah dilengkapi.

Buat kamu yang juga mengalami hal serupa, berikut ini informasi tentang cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui.

Penyebab Dana Cicil Akulaku tidak Bisa Digunakan

  1. Memiliki Tagihan KTA Asetku

Pertama, boleh jadi kamu masih punya tagihan di pinjaman KTA Asetku. Penting diketahui juga bahwa Dana Cicil dan KTA Asetku adalah dua fitur Akulaku yang berbeda. Pasalnya, pinjaman KTA Asetku hanya punya batas waktu pembayaran 15 dan 22 hari, sementara Dana Cicil memiliki pilihan tenor cicilan antara 2 dan 3 bulan.

dana cicil akulaku tidak bisa digunakan

Dengan demikian, jika tagihan KTA Asetku pada periode ini belum dilunasi maka untuk sementara waktu kamu tidak bisa menggunakan fitur Dana Cicil. Di samping itu, adanya tunggakan di KTA Asetku pun akan berdampak terhadap limit Akulaku tidak dapat digunakan untuk membeli barang ataupun bayar tagihan listrik, BPJS, dan lain sebagainya.

  1. Kredit Poin Rendah

Berikutnya, menurunnya kredit poin di akun Akulaku kamu juga bisa menjadi penyebabnya. Dalam hal ini, saat fitur Dana Cicil sudah aktif, tetapi kredit poin kurang dari batas minimal, yakni 700 poin, secara otomatis Dana Cicil akan di nonaktifkan untuk sementara.

Di lain sisi, menurunnya kredit poin sendiri ini bisa terjadi jika kamu terlambat melunasi cicilan maupun tagihan pinjaman di Akulaku. Akan tetapi, kendala seperti ini masih bisa diatasi dengan mudah sehingga Dana Cicil dapat digunakan kembali seperti sediakala.

  1. Diblokir oleh Akulaku

Penyebab berikut ini barangkali agak dialami oleh pengguna Akulaku. Namun, bagi kamu yang melanggar salah satu peraturan atau kebijakan yang ditentukan oleh Akulaku, sebagai hukumannya akun kamu akan diblokir oleh sistem. Dengan begitu, semua fitur yang tersedia tidak dapat digunakan lagi, tidak terkecuali untuk Dana Cicil.

  1. Masalah Server

Saat kamu tidak bisa pinjam uang di Dana Cicil, cobalah untuk mengecek fitur lainnya di Akulaku. Jika sama-sama tidak bisa digunakan maka ada kemungkinan kendala ini disebabkan oleh gangguan server dari Akulaku sendiri. Kalau demikian, Akulaku biasanya akan memberikan informasi perihal maintenance lewat akun resminya di Facebook, Twtitter dan Instagram.

  1. Aplikasi Akulaku Belum Di-update

Terakhir, Dana Cicil juga tidak bisa digunakan karena kamu masih menggunakan aplikasi Akulaku versi lama. Dalam hal ini, setiap beberapa bulan sekali Akulaku akan melakukan update aplikasi ke versi terbaru. Nah, kalau pengguna tidak melakukan pembaruan aplikasi maka beberapa fitur Akulaku tidak dapat digunakan.

Baca juga: Cara Menaikkan Kredit Poin Akulaku dengan Cepat Terbaru 2022

Cara Mengatasi Dana Cicil Akulaku tidak Bisa Digunakan

1. Bayar Tagihan KTA Asetku

Pertama, kamu bisa melunasi tagihan KTA Asetku yang dimiliki. Dengan cara ini, limit KTA Asetku akan dikembalikan dan hal itu akan membuat Dana Cicil dapat digunakan kembali. Pembayaran KTA Asetku saat ini pun dapat dilakukan via smartphone dengan cara memanfaatkan layanan mobile banking maupun aplikasi dompet digital, misalnya DANA, OVO, dan sejenisnya.

2. Beli Barang di Akulaku secara Cash

Berikutnya, kamu bisa melakukan pembelian barang di Akulaku secara cash tanpa menggunakan fitur Akucicil. Metode yang satu ini pun terbilang sukses untuk meningkatkan kredit poin Akulaku sehingga fitur Dana Cicil dapat digunakan kembali.

Akan tetapi, sebaiknya kamu tidak membeli produk digital, seperti pulsa, paket data, atau juga token listrik. Dalam hal  ini, silakan beli barang lain misalnya baju, aksesori, bahkan smartphone.

Nah, kian tinggi harga barang, kian banyak pula kredit poin yang diperoleh. Kemudian, silakan lihat kredit poin yang dimiliki lewat aplikasi Akulaku Finance.

3. Update Aplikasi

Penyebab dari Dana Cicil tidak bisa digunakan, salah satunya, lantaran aplikasi Akulaku belum di-update ke versi terbaru. Oleh sebab itu, sebagai solusinya, silakan kamu update via Google PlayStore maupun AppStore sesuai dengan jenis perangkat yang digunakan.

Penting juga diketahui, untuk proses update Akulaku ke versi terbaru, tidak ada biaya tambahan dalam bentuk apa pun alias gratis.

4. Hubungi Call Center Akulaku

Kalau semua cara tadi sudah dilakukan, tetapi Dana Cicil tetap saja tidak bisa digunakan, maka langkah terakhir adalah menghubungi call center Akulaku. Setelah tersambung dengan petugas, sampaikan bahwa fitur Dana Cicil pada akun Akulaku kamu tidak bisa digunakan. Nantinya, kamu akan dipandu terkait cara mengatasi masalah itu.

Sekian ulasan tentang Dana Cicil Akulaku tidak bisa digunakan, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya, yang perlu kamu ketahui. Semoga sukses ya!

Baca juga: Cara Bayar Akulaku lewat OVO serta Tarif Transaksinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE