26.3 C
Jakarta
Jumat, 30 Oktober, 2020

Cara Pinjam Uang Tanpa Bunga untuk Modal Usaha, Cek Solusinya!

DuniaFintech.com – Apakah Anda sedang mencari tempat pinjam uang tanpa bunga? Memang pertanyaan seperti ini akan muncul pada saat kita membutuhkan pinjaman tapi takut akan bunga yang dibebankan. Terlebih lagi, zaman sekarang semakin banyak anak muda yang ingin meniti karier di bidang bisnis atau wirausaha dibandingkan menjadi karyawan. Oleh karena itu pinjaman yang memudahkan tanpa adanya bunga yang dibebankan sangat banyak dicari oleh kaum muda yang akan memulai bisnis.

Untuk yang tak mau berurusan dengan utang karena takut dikejar-kejar debt collector atau hingga bunuh diri, pinjam uang tanpa bunga merupakan pilihan yang tepat. Tempat meminjam uangnya pun tidak hanya di bank atau lembaga keuangan, melainkan di lembaga atau pihak lain yang bisa memberikan pinjaman tanpa bunga. Namun, Anda harus mengetahui bagaimana cara mendapatkan pinjaman tanpa bunga dari setiap pihak atau lembaga tersebut.

Apa saja pilihan pinjam uang tanpa bunga yang dijamin tidak akan membuat Anda terbebani? Yuk, cari tahu dalam ulasan berikut ini.

Gunakan Sistem Syariah

Lembaga syariah  menggunakan sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil. Sistem ini disebut juga dengan model akad seperti mudharabah dan musyarakah, murabahah, salam, dan istishna. Ada juga akad yang terkait dengan kegiatan sewa seperti ijarah, serta gadai yang disebut dengan Rahn atau Qardul Hasan.

Cara ini tentunya tepat buat Anda yang mencari pinjaman tanpa bunga untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalani. Memang pinjaman syariah tidak mengenal bunga, namun Anda perlu menghitung besar cicilan dan periode pinjaman. Bagi hasil dari bank sudah masuk dalam cicilan bulanan tersebut.

Besarnya dana yang dicairkan juga bervariasi sesuai dengan kebutuhan mereka, bahkan terdapat bank yang memberikan pinjaman di angka ratusan juta. Meskipun sudah jelas tidak memiliki sistem pinjaman tanpa bunga, dengan begitu banyaknya lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman Syariah ini, Anda harus dengan teliti dan hati-hati untuk melakukan pemilihan pinjaman syariah untuk memaksimalkan keuntungan yang diberikan.

Baca Juga:

Manfaatkan Bunga 0% dari Kartu Kredit

Keberadaan kartu kredit pada dasarnya membantu banyak orang memiliki barang atau bayar jasa tanpa perlu menyiapkan uang dalam jumlah besar. Terlebih, alat pembayaran nontunai ini punya keuntungan, yaitu tawaran bunga 0 persen.  Keuntungan tersebut bisa dinikmati asalkan Anda melakukan pembayaran cicilan sebelum tanggal jatuh tempo.

Membayar cicilan lewat tanggal jatuh tempo akan membuat Anda harus membayar bunga plus denda keterlambatan. Inilah yang kemudian jadi alasan orang-orang menjelek-jelekkan kartu kredit gak ada untungnya sama sekali.

Pinjam Uang ke Kerabat atau Saudara

Sumber lain pinjam uang tanpa bunga ialah pinjaman uang teman melalui keluarga terdekat atau kerabat. Pinjaman ini jelas sekali tidak akan membebani Anda untuk membayar bunganya. Apalagi jika saat Anda ingin membangun usaha, Anda masih menyimpan bayang-bayang kegagalan, sehingga tidak jarang fokus untuk mengembangkan bisnis menjadi terganggu.

Supaya aman, Anda bisa meminjam sejumlah dana dari keluarga terdekat yang memiliki modal cukup kuat. Namun setelah mendapatkan sejumlah pinjaman dari keluarga, bukan berarti Anda bisa bersantai-santai mengelola bisnis dan membayar pinjaman tadi. Secara sederhana, Anda bisa membuat sebuah perjanjian tertulis yang telah disepakati tentang awal proses pinjaman dana, kebutuhan apa saja yang akan dilaksanakan.

Itulah beberapa solusi pinjam uang tanpa bunga. Satu hal yang perlu Anda tahu, yang namanya pinjaman uang itu harus dikembalikan. Kalau tidak dikembalikan, akan membuat orang-orang tidak percaya lagi dan menyebabkan citra Anda jadi buruk? Namun, sebelum meminjam uang, ada baiknya cek kesehatan keuangan Anda. Jangan sampai pinjaman ini akhirnya membuat keuangan jadi berantakan.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Siapkan Penjualan Digital, BMW Kolaborasi dengan Alibaba

DuniaFintech.com - Produsen kendaraan bermotor asal Jerman, BMW menjalin kerja sama dengan layanan niaga berbasis elektronik (e-commerce) Alibaba. Jochen Goller, Presiden dan...

Toyota Systems Lakukan Eksplorasi Blockchain dan Aset Kripto

DuniaFintech.com – Toyota Systems lakukan eksplorasi blockchain dan aset kripto? Anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Toyota Motors ini dikabarkan sedang bereksperimen dengan...

Menyoroti Kegiatan Asosiasi Blockchain Indonesia Per Oktober 2020

DuniaFintech.com - Perkembangan blockchain dan aset kripto di Indonesia tentunya bisa Anda ketahui dari berbagai informasi di dunia maya. Selain itu, Anda...

Suku Bunga Deposito Turun, Apakah Deposito Masih Menarik?

DuniaFintech.com - Suku bunga deposito turun, apakah deposito masih menarik? Penurunan suku bunga deposito tentu mempengaruhi imbal hasil deposito di berbagai bank,...

Cara Mendapat Relaksasi Kredit dari FIF Group, Perhatikan Syarat Ini

Duniafintech.com - Anak usaha PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan konsumen, PT Federal International Finance (FIF group) telah merelaksasi...
LANGUAGE