25.1 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Inilah Sumber Pinjaman Terbaik Sebagai Solusi Butuh Uang Mendesak

DuniaFintech.com – Dalam hidup, pasti ada waktu di mana kita sangat butuh dana tambahan untuk berbagai keperluan. Bahkan terkadang sifatnya sangat mendesak. Namun, terkadang kita pun bingung untuk mendapatkan solusi butuh uang mendesak. Apalagi uang yang dibutuhkan mencapai jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

Sebenarnya ada banyak jalan yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan solusi butuh uang mendesak ini. Kita bisa mengajukan pinjaman dana darurat di perbankan atau di pegadaian atau bisa juga pinjaman online. Dari tiga jalan ini tentu memiliki cara dan syarat yang berbeda-beda saat mengajukannya. Berikut DuniaFintech akan menjelaskan cara dan syarat masing-masing untuk pengajuan pinjaman dana darurat tersebut.

Pinjam Uang di Bank

Yang pertama bisa dijadikan pilihan untuk solusi butuh uang mendesak adalah bank. Meski harus melewati banyak persyaratan, namun meminjam uang di sini dinilai sangat aman dan terjamin. Anda bisa memanfaatkan layanan kartu kredit, kredit dengan jaminan, atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang ditawarkan oleh bank.

Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan KTA sebagai pinjaman dana darurat ini antara lain, KTP, KK, Akta nikah/cerai, NPWP / SPT, Rekening tabungan 3 bulan terakhir, dan Slip gaji karyawan. Biasanya dokumen tersebut merupakan salinan saja. Saat sudah lengkap, Anda tinggal datang ke kantor bank.

KTA juga bisa diajukan secara online loh. Ini akan lebih menghemat waktu dan biaya. Jika proses survey dokumen oleh bank sudah selesai maka Anda bisa memperoleh kabar apakah pinjaman disetujui atau tidak. Jika disetujui maka tinggal menunggu waktu pencairan yang hanya memakan 3-7 hari kerja.

Baca Juga:

Pinjam Uang di Pegadaian

Mengajukan pinjaman uang melalui Pegadaian adalah opsi berikutnya. Pegadaian adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penyaluran kredit dengan sistem gadai. Saat ini Pegadaian memiliki enam produk pinjaman, yaitu kredit cepat aman (KCA), Krasida, Kreasi, Rahn, Amanah, dan Arrum.

Setiap pinjaman tentunya memiliki persyaratan, jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman, dan bunga yang berbeda-beda. Dengan demikian kita bisa memilih salah satu di antaranya yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk Dokumen yang biasanya dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman di Pegadaian antara lain, KTP dan Surat Berharga asli (jika yang diagunkan adalah surat berharga).

Besarnya dana yang bisa dipinjam mulai dari Rp500.000 sampai Rp5 miliar, tergantung jenis agunan yang dibawa. Sedangkan jangka waktu yang diberikan untuk pinjaman hanya sampai 4 bulan saja. Tapi itu bisa diperpanjang dengan bayar sewa modal atau menganggur sebagian uang pinjamannya.

Untuk pelunasan bisa dilakukan kapan saja dan tidak ada batasan waktunya. Anda juga tidak harus membuka rekening sebagai syarat pengajuan pinjaman. Dana yang didapatkan saat Anda meminjam di Pegadaian adalah dana tunai ya. Bunga yang diterapkan pada kredit ini mulai dari 0,75% per 15 hari dan biaya administrasinya sebesar Rp2.000 sampai Rp125.000.

Pinjam Uang di Fintech

Fintech atau Pinjaman uang online adalah fasilitas penyedia jasa keuangan yang dilakukan melalui aplikasi digital atau situs web resmi langsung. Pengajuan pinjaman dengan cara ini memang terkenal dengan prosesnya yang mudah, yaitu cukup mengunduh aplikasi di ponsel dan menyertakan KTP, maka kita sudah bisa mengajukan pinjaman.

Kemudahan ini yang membuat pinjaman online yang ada saat ini memiliki suku bunga yang lebih besar bila dibandingkan dengan pinjam di perbankan atau di Pegadaian yaitu mulai dari 0,8% per harinya. Selain itu ada juga biaya-biaya yang harus kamu perhatikan saat pengajuan pinjaman online.

Biaya tersebut antara lain biaya provisi 5-8% dari jumlah pinjaman, biaya administrasi 1% dari jumlah pinjaman, dan biaya layanan 1%. Selain itu ada denda keterlambatan jika kamu telat membayar angsuran sebesar 1%.

Untuk mengajukan sebuah pinjaman online ini caranya juga sangat mudah. Kamu tinggal mendownload aplikasi pinjaman online yang kamu pilih, isi data diri beserta jenis pinjaman yang kamu pilih. Lengkapi semua syarat yang dibutuhkan dan kamu tinggal menunggu kabar baiknya. Biasanya proses persetujuan sampai pencairannya hanya dalam hitungan menit saja saja. Contoh perusahaan pinjaman online yang resmi dan terdaftar di OJK dapat dilihat di link: Daftar Perusahaan P2P Lending.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

5 Fungsi Manajemen Keuangan dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Salah satu fungsi manajemen keuangan adalah bagaimana mengelola keuangan dari satu perusahaan dengan baik dan benar tentunya. Dari fungsi tersebut, usaha yang sedang dijalankan...

Gandeng Fintech Batumbu, CIMB Niaga Salurkan Rp50 Miliar Bagi UMKM

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkolaborasi dengan perusahaan financial technology (fintech) pembiayaan berbasis aplikasi atau fintech lending PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu). Head...

Ini Alasan Maudy Ayunda Jadi Salah Satu Investor Startup Segari

Satu tahun beroperasi di Indonesia, Segari, startup grocery commerce terus catat pertumbuhan bisnis yang signifikan. Segari baru saja menyelesaikan pendanaan Seri A dari para...

Anuitas: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Kerja

Anuitas adalah metode penghitungan bunga pinjaman dalam rangka memudahkan nasabah membayar angsuran setiap periodenya. Biasanya, sistem yang diterapkan adalah bunga mengambang atau efektif (floating...

Belum Punya Asuransi Kartu Kredit? Simak Pertimbangannya di Sini

Asuransi kartu kredit adalah produk perlindungan finansial yang diberikan oleh penerbit kartu kredit (CC atau credit card) kepada nasabah mereka. Proteksinya meliputi pembebasan tagihan...
LANGUAGE