27 C
Jakarta
Senin, 15 Agustus, 2022

Resmi Diluncurkan, Begini Cara Posting NFT di Instagram

JAKARTA, duniafintech.com – Cara posting NFT di Instagram penting diketahui. Baru-baru ini, platform media sosial ini telah meluncurkan fitur kekinian itu. 

Meta mengumumkan ekspansi fitur token non-fungible (NFT) di Instagram ke 100 negara, termasuk di Indonesia. Karena masih baru, tentunya banyak yang bertanya bagaimana cara posting NFT di Instagram.

Dilansir dari detik.com, Sabtu (6/8/2022), digital collectible adalah item digital unik yang dapat dibagikan di Instagram. Koleksi ini menggunakan teknologi blockchain untuk mencatat kepemilikan.

Baca juga: Mengintip Kampus Metaverse Pertama di Dunia, Ijazahnya NFT!

Dengan kehadiran fitur NFT, pengguna Instagram bisa memasukkan NFT koleksinya di feed dan direct messages (DM), sekaligus dalam bentuk stiker augmented reality di Stories. Kreator dan kolektor NFT juga akan di-tag secara otomatis sebagai atribusi.

Namun sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya Anda memahami apa itu NFT terlebih dahulu. Disimak ya. 

Memahami Apa Itu NFT

Apa itu NFT? Aset digital ini mulai dikenal publik pada tahun 2017 saat game NFT, yakni Crypto Kitties diluncurkan. Di situ, pengguna bisa bermain game dengan basis blockchain jenis Ethereum (ETH). Mereka bisa mengadopsi, memelihara hingga memperdagangkan kucing peliharaan secara virtual di jagad maya. 

Beralih ke pengertian singkatnya, NFT adalah aset digital yang dapat mewakili barang berharga dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti. Transaksinya akan tercatat di dalam sebuah data blockchain. Data tersebut akan berisi informasi tentang pencipta, harga dan histori kepemilikan aset NFT tersebut. 

Melanisir CNBC, pada umumnya, transaksi investasi NFT sering menggunakan ether atau ETH yang merupakan koin buatan Ethereum. Lalu bagaimana bentuk NFT?

NFT umumnya muncul dengan format digital, seperti JPEG, PNG, GIF dan yang lain sebagainya. Jika Anda sudah memiliki aset NFT, Anda bisa menggunakannya untuk barang jual beli dengan baik dan bijak. Anda bisa mulai menjualnya dengan mencetak salah satu aset digital Anda sebagai aset NFT.

Barang yang dapat dijual dalam bentuk NFT bisa berupa karya seni, game dan lainnya. Dokumen pun bisa sangat mudah untuk diubah menjadi NFT. Tentunya, harga jual akhir karya Anda akan bergantung dengan faktor subjektif seperti kualitas, kreativitas dan reputasinya.

cara posting nft di instagram

Cara Posting NFT di Instagram

Adapun cara posting NFT di Instagram adalah sebagai berikut. 

1. Hubungkan Dompet Digital– Cara Posting NFT di Instagram

Kalian bisa menghubungkan satu atau beberapa dompet digital ke akun Instagram untuk berbagi koleksi digital. Setiap dompet hanya dapat dihubungkan ke satu akun Instagram.

Inilah langkah untuk menghubungkan dompet digital:

– Masuk ke akun Instagram

– Klik foto profil di kanan atas, lalu klik “Settings” (Pengaturan)

– Klik “Digital Collectibles” (Koleksi Digital) di menu sebelah kiri

– Klik dompet digital yang ingin dihubungkan, lalu klik “Continue” (Lanjutkan)

– Akan muncul notifikasi dan mungkin meminta password dompet digital. Jika diminta, ikuti petunjuk di layar untuk aplikasi dompet yang kalian instal

– Notifikasi kedua akan terbuka di layar. Klik “Sign” (Masuk) lalu pilih “Ok” untuk mengonfirmasi terkoneksi dengan dompet digital.

Baca juga: Dijamin Cepat! Inilah Cara-cara Mendapatkan Uang dari Instagram

2. Berbagi Koleksi Digital– Cara Posting NFT di Instagram

Untuk membagikan koleksi digital dengan membuat postingan baru, inilah tahapannya:

– Masuk ke akun Instagram

– Tap bagian atas layar, lalu pilih “Post”

– Tap di atas library ponsel

– Tap dompet digital yang telah terhubung, pilih koleksi digital yang ingin dibagikan

– Pada layar “Digital Collectibles” (Koleksi Digital), tap “Share to Feed” (Bagikan ke Feed)

– Tambahkan deskripsi, lalu tap “Share” (Bagikan).

Kemudian ada juga tahap untuk membagikan koleksi digital dari pengaturan profil, yaitu:

– Masuk ke akun Instagram

– Tap foto profil di kanan bawah

– Tap Instagram-menu-hamburger (ikon tiga garis horizontal) di kanan atas, lalu tap “Digital Collectibles” (Koleksi Digital)

– Tap dompet digital yang terhubung, lalu pilih koleksi yang ingin dibagikan

– Pada layar “Digital Collectibles” (Koleksi Digital) tap “Share to Feed” (Bagikan ke Feed)

– Tambahkan deskripsi, lalu tap “Share” (Bagikan).

Ada tips tambahan dari Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi. Ia mengatakan untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna harus berpindah ke Akun Kreator.

“Step pertama adalah connect digital wallet seperti Metamask ke Instagram. Lalu pengguna harus switch ke Akun Kreator, akun personal tidak ada akses (fitur NFT). Setelah switch, nanti di-setting akan muncul opsi Digital Collectible,” kata Putri.

Dia juga menyebut, kita bisa menggunakan dompet digital apa saja, namun kebanyakan pengguna mengandalkan Metamask.

“Connect ke Metamask atau digital wallet lain, tapi mostly pengguna pakai Metamask. Lalu nanti otomatis akan muncul pilihan posting NFT yang kita punya di Metamask langsung ke Instagram,” rincinya.

Putri menambahkan, saat ini fitur NFT di Instagram sedang dirilis secara bertahap, sehingga belum semua pengguna bisa langsung menggunakannya.

“(Saat ini) masih rolling ya, jadi mungkin ada beberapa pengguna yang belum dapat. Tapi dalam 2-3 hari seharusnya sudah merata (ketersediaannya) ke semua pengguna Akun Kreator,” tutupnya.

Baca juga: Mau Tahu Apa Saja Marketplace NFT Indonesia, Ini Daftarnya! 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Beli Tiket Pesawat di Akulaku, Bisa Nyicil Bayarnya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara beli tiket pesawat di Akulaku ini sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang berencana untuk bepergian ke luar kota. Seperti diketahui,...

Cara Top Up OVO lewat ATM Mega, Banyak Keuntungannya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Mega tentu saja perlu kamu ketahui sebab ada banyak keuntungan yang ditawarkan oleh metode ini. Sebagai...

Ketahuilah! Meski Canggih, Tapi Inilah Dampak Negatif Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Meskipun teknologi Metaverse terbilang canggih, namun tetap ada dampak negatif Metaverse tersebut. Bagi para pengguna, mesti tetap memperhatikan dampak-dampak tersebut.  Sebelumnya telah...

Harga Pertalite Mau Jadi Rp10 Ribu, Bahlil: Masih Dihitung

JAKARTA, duniafintech.com – Wacana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite menjadi Rp10.000/liter kencang berembus belakangan ini. Hal itu pun menuai komentar Menteri Investasi/Kepala...

Wajib Tahu, Inilah Jenis Crypto Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis crypto beserta kelebihan dan kekurangannya perlu untuk Anda pahami. Di dunia ini, mata uang digital bukan hanya bitcoin, namun juga...
LANGUAGE