27.6 C
Jakarta
Selasa, 23 April, 2024

Cara Setor Tunai BNI, Termasuk Limit dan Minimal Setorannya

JAKARTA, duniafintech.com – Berbagai pilihan cara setor tunai BNI (Bank Negara Indonesia) pada artikel ini penting diketahui oleh para nasabah dari Bank BNI atau juga bank lainnya yang ingin mentransfer sejumlah uang ke rekening BNI.

Adapun bank BNI sendiri memang memberikan kemudahan dan kenyamanan supaya nasabahnya tetap menjadi prioritas dengan mendapatkan layanan terbaik. Sebagai informasi, setor tunai adalah kegiatan menyetorkan sejumlah uang ke rekening tertentu, baik itu milik pribadi maupun orang lain.

Baca juga: WOW, Bos Kripto ini Beli Kapal Pesiar Usai Tipu Korban Rp887 Miliar

Mengingat ada beberapa cara yang dapat dilakukan, nasabah pun bebas untuk memilih cara yang paling mudah. Bagaimana saja ya caranya? Yuk, intip di sini.

Cara Setor Tunai BNI di Mesin ATM

Kendati sudah banyak nasabah BNI yang menggunakan kartu ATM, tetapi tetap masih ada sebagian dari mereka yang tidak tahu cara setor tunainya melalui ATM. Untuk melakukannya, cobalah datang ke lokasi ATM setor tunai BNI terdekat yang beroperasi selama 24 jam.

Sebagaimana ATM tarik tunai yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia yang bisa, banyak pula ATM setor tunai yang dapat digunakan hingga dalam 24 jam. Itu berarti, kapan saja Anda harus menyetorkan uang, Anda tidak perlu khawatir.

Nah, berikut ini cara setor tunai di ATM BNI yang dapat Anda ikuti:

  • Pertama, Anda perlu menyiapkan uang tunai yang hendak disetorkan kalau sudah berada di lokasi ATM. Uangnya harus dalam kondisi yang baik, tidak sobek, tidak basah, dan tidak terlipat
  • Pilih ATM yang menyediakan layanan setor tunai. Hal ini penting dalam cara memasukkan uang tunai ke ATM BNI sebab tidak semua mesin ATM bisa memproses transaksi tersebut
  • Kemudian, masukkan kartu ATM ke mesin ATM
  • Setelah memasukkan kartu ATM atau debit, pilih jenis bahasa dan biasanya ada 2 pilihan, yakni Bahasa Indonesia dan English
  • Saat diminta untuk memasukkan PIN atau Personal Identification Number yang terdiri dari 6 digit nomor, pastikan bahwa Anda mengetikkan PIN yang benar. Berhati-hatilah sebab jika salah memasukkan PIN selama tiga kali maka ATM akan terblokir secara otomatis
  • Langkah selanjutnya, yakni menekan tombol “Setor Tunai” dan pilih “Lanjutkan”
  • Pilih Rekening Tabungan dan box uang akan otomatis terbuka
  • Masukkan uang dan periksa apakah jumlahnya sudah sesuai dengan nominal yang akan Anda setorkan
  • Jika sudah sesuai maka pilih menu “Setor”
  • Mesin akan mengeluarkan bukti transaksi setor tunai setelah transaksi berhasil diproses

Baca juga: Wow! Belanja di E-Commerce Ini Bakal Dapat NFT, Ini Caranya

Cara Setor Tunai BNI di Teller

Cara penyetoran yang satu ini barangkali menjadi cara yang konvensional, tetapi masih menjadi pilihan/diminati oleh banyak orang dengan beberapa alasan. Buat sebagian orang, cara ini dianggap kurang praktis, apalagi kalau harus melalui antrean yang cukup panjang.

Tentu saja, ada pilihan cara setor tunai lainnya tanpa ATM atau kartu yang dapat Anda pilih. Ketika harus melakukan setor tunai, tetapi tidak membawa buku rekening, cara setor tunai lewat teller tanpa buku tabungan pun patut dicoba.

Nah, supaya uang segera masuk ke rekening tujuan, baik itu milik sendiri atau milik orang lain, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, datanglah ke lokasi cabang Bank BNI atau KCP yang terdekat dari lokasi kamu saat ini
  • Kemudian, jangan lupa ambil nomor antrian dan tunggu hingga Anda dipanggil. Setelah itu, datangi teller yang kosong atau ketika nomor antrean Anda dipanggil
  • Langkah selanjutnya, yakni mengisi data pribadi yang dibutuhkan dan juga jumlah nominal uang yang akan Anda setor di slip yang sudah disediakan lengkap dengan tanda tangan sebagai penyetor uang
  • Serahkan uang tunai dan buku tabungan dan tunggu hingga setoran diproses
  • Ambil kembali buku tabungan dan bukti transaksi yang diberikan oleh teller
  • Jangan lupa untuk terlebih dahulu melakukan pengecekan sebelum meninggalkan teller atau bank

Sementara itu, untuk cara setor tunai ke rekening BNI milik orang lain juga tidak jauh berbeda dengan penyetoran ke rekening sendiri. Namun, jangan khawatir sebab ada langkah-langkah berikut ini yang dapat diikuti. Untuk diketahui juga, langkah-langkah berikut ini pun dapat menjadi salah satu cara transfer uang dari BNI. Begini caranya:

  • Serahkan sejumlah uang ke teller dan berikan informasi nomor rekening dan nama rekening penerima
  • Anda akan mendapatkan slip bukti setoran tunai jika transaksi sudah selesai dilakukan oleh teller
  • Hal yang penting diingat di sini adalah bahwa penyetoran uang ke rekening orang lain mungkin dikenakan biaya. Oleh sebab itu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke petugas bank sebelum Anda bertransaksi

Cara Setor Tunai Bank Negara Indonesia di Alfamart

Kemudian, juga ada cara setor tunai tanpa kartu ATM BNI yang penting buat Anda ketahui.  Pasalnya, kadang kala di tengah perjalanan, ada kebutuhan yang mengharuskan Anda untuk melakukan setoran tunai, tetapi sayangnya Anda tidak menemukan lokasi ATM BNI yang bisa setor tunai terdekat.

Ketika dalam kondisi seperti itu, Anda bisa mendatangi Alfamart terdekat untuk tetap bisa bertransaksi tanpa harus pusing. Sejatinya, ini pun dapat menjadi alternatif cara setor tunai BNI ke rekening lain. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama, Anda harus mendatangi lokasi Alfamart dan pastikan bahwa Anda punya aplikasi seperti DANA atau OVO yang akan digunakan untuk setor tunai
  • Mintalah kasir untuk melakukan top up aplikasi yang Anda pilih, misalnya DANA., dan berikan sejumlah uang yang dimaksud
  • Setelah top up berhasil dilakukan dan saldo ditransfer ke rekening DANA milik Anda, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan transaksi, termasuk mengirim uang ke rekening BNI milik Anda atau punya kerabat

Limit Setor Tunai BNI

Hal berikutnya yang penting Anda perhatikan, tetapi kadang kala dilupakan ketika menerapkan cara setor tunai adalah limit atau batas nominal yang dapat disetorkan.

Memang benar bahwa setor tunai saat ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, tetapi bukan berarti tidak ada limitnya. Ketika melakukan transaksi penyetoran tunai, BNI tidak membebankan biaya transaksi ke nasabah, tetapi ada batas minimal dan maksimal.

Jika setoran dilakukan di mesin setor tunai maka limit minimalnya sebesar Rp50.000. Untuk setor tunai BNI maksimal dengan limit bergantung pada jenis kartu ATM. Adapun limit harian setor tunai pemegang kartu ATM BNI Taplus sebesar Rp50.000 dan pemegang kartu BNI Taplus Bisnis adalah Rp99.000,000. Untuk setoran yang dilakukan di teller, paling rendah adalah sebesar Rp10.000.

Keunggulan Setor Tunai BNI

Sejak menjadi nasabah BNI yang melakukan setor tunai di ATM, Anda akan merasakan beberapa manfaat berikut ini:

  • Transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama 24 jam perhari tanpa jeda (kecuali jika ada gangguan sistem)
  • Hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu datang ke lokasi kantor bank
  • Tidak perlu menunggu antrean di bank
  • Mudah dilakukan dan praktis
  • Siapapun bisa mengikuti panduan yang tertera di layar ATM

Kekurangan Setor Tunai BNI

Inilah beberapa kekurangan setor tunai BNI yang dilakukan melalui ATM yang membuat nasabah merasa kurang nyaman:

  • Nominal yang diterima oleh mesin setor tunai adalah pecahan Rp50.000 dan pecahan Rp100.000
  • ATM tidak bisa menerima uang dengan kondisi tidak baik atau terlipat sehingga harus dicoba berulang kali
  • Adanya limit dana yang disetorkan setiap harinya

Nah, demikianlah ulasan soal cara setor tunai BNI yang perlu Anda ketahui. Anda pun bisa memilih salah satu dari opsi yang ada di atas.

Baca juga: Wow! Ada yang “Bela” Tersangka Mafia dan Ancam Boikot Program Minyak Goreng Curah Nih

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE