24.4 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri Terbaru dan Kelebihannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara tarik tunai kartu kredit Mandiri terbaru 2022 ini wajib diketahui, apalagi oleh para pengguna layanan perbankan ini.

Hal ini penting sebab supaya sewaktu-waktu kamu perlu dana yang mendesak, kamu bisa memanfaatkan kartu kredit Mandiri yang kamu punya untuk memperoleh dana cepat. Dengan melakukan tarik tunai kartu kredit Mandiri, kamu pun tidak perlu lagi mengajukan pinjaman ke bank.

Seperti diketahui, pinjaman uang dari kartu kredit ini memang sangat menarik. Akan tetapi, banyak dari pengguna kartu kredit yang belum siap dengan itu. Hal tersebut juga ditandai dengan terjadinya kegagalan pembayaran angsuran kartu kredit per bulannya.

Nah, bagaimana sih cara tarik tunai kartu kredit Mandiri ini? Kamu bisa menemukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Apa Itu Tarik Tunai Kartu Kredit?

Definisi dari tarik tunai kartu kredit adalah pencairan limit kartu kredit menjadi uang tunai lewat bantuan mesin ATM. Adapun kartu kredit Mandiri menjadi salah satu jenis kartu berbasis kredit yang mendukung metode penarikan tersebut. 

Itu artinya, kemampuan mengeluarkan uang tunai bukan hanya bisa diperoleh melalui kartu debit Mandiri, melainkan juga dari kartu kredit Mandiri. Dengan metode penarikan uang tunai atau cash out  ini, pemilik kartu kredit Mandiri pun nantinya bisa mengoptimalkan fungsionalitas kartunya dengan praktis. 

Cukup bermodalkan kartu kredit, kamu nantinya bisa bertransaksi sekaligus tidak khawatir lagi saat dihadapkan pada situasi yang mengharuskan ketersediaan uang tunai.

Baca juga: Berapa Ya Limit Kartu Kredit Mandiri? Ketahui Selengkapnya di Sini

Kelebihan Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

1. Solusi kebutuhan dana tunai: pemegang kartu bisa dengan sangat mudah menarik dana tunai dari kartu kredit.

2. Mudah: sangat gampang dilakukan. Tinggal ke mesin ATM, uang bisa langsung ditarik dari kartu kredit Mandiri. Tidak perlu proses pengajuan dan approval lagi. Selama limit di kartu tersedia, tarik tunai bisa dilakukan.

3. Cepat: dana emergensi dapat diatasi dengan tarik tunai sebab prosesnya cepat. Tidak perlu proses approval, uang bisa langsung ditarik dari kartu kredit. Hanya dalam hitungan detik, uang sudah bisa diambil.

4. Bisa diubah menjadi cicilan: cash advance bisa diubah menjadi cicilan kalau diinginkan oleh konsumen. Jadi, pilihannya cukup fleksibel, yakni revolving atau cicilan. Dengan menjadi cicilan, bunga tetap selama masa tenor yang dipilih.

Perbedaan Tarik Tunai Vs Gesek Tunai Kartu Mandiri

Para pengguna kartu kredit tentu saja sudah familiar dengan metode cashout lainnya, yakni gesek tunai atau yang biasa disebut “gestun”. Adapun perbedaan tarik tunai dan gesek tunai terletak pada media yang digunakan untuk melakukan pencairan kredit menjadi uang fisik.

Tarik tunai adalah istilah yang digunakan apabila cashout dari kartu kredit Mandiri dilakukan melalui mesin ATM, sedangkan gesek tunai adalah penarikan uang fisik dilakukan melalui merchant yang menyediakan mesin gesek kartu kredit, sebagaimana mesin yang digunakan dalam transaksi via kartu kredit, seperti mesin Electronic Data Capture (EDC).

Dengan alasan keamanan serta menghindari penggunaan kartu kredit yang tidak tepat guna, cashout dengan kartu kredit lebih disarankan untuk dilakukan melalui metode tarik tunai melalui ATM. Gesek tunai dilarang oleh bank penerbit kartu kredit, seperti Bank Mandiri, dan dilarang juga oleh Bank Indonesia.

Kalau ketahuan maka merchant yang menyediakan jasa gestun akan dicabut izin dan di-blacklist untuk tidak bisa menjadi merchant kartu kredit di semua bank. Sementara itu, pemegang kartu yang ketahuan melakukan gestun akan dikenakan sanksi dan di-blacklist oleh bank penerbit kartu kredit. Jadi, gestun itu punya risiko yang besar, lain dengan tarik tunai.

Syarat Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

Beberapa persyaratan yang penting dalam melakukan tarik tunai di kartu kredit Mandiri adalah sebagai berikut:

– Memiliki kartu kredit Mandiri yang masih aktif

– Pastikan limit kartu kredit masih tersedia

Baca juga: Kartu Kredit Mandiri: Syarat, Cara Membuat, dan Besaran Bunga

– Pastikan mesin ATM kompatibel dan mendukung penarikan uang dengan jenis kartu kredit yang kamu miliki

– Pastikan untuk memilih nominal dan kelipatannya sesuai jenis uang yang tersedia di mesin ATM. Misalnya, apabila suatu ATM memuat kelipatan uang Rp100.000 maka pastikan untuk tidak memilih nominal tarik tunai sebesar Rp50.000 atau kelipatan ganjilnya.

cara tarik tunai kartu kredit mandiri

Proses atau Cara Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

Adapun cara tarik tunai kartu kredit Mandiri bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

– Datang ke ATM Mandiri atau ATM terdekat

– Masukkan kartu kredit Mandiri kamu pada slot kartu yang tersedia

– Pilih menu “Transaksi”

– Input PIN kartu kredit Mandiri kamu

– Pilih menu “Cash Advance”

– Pilih opsi “Tunai”, kemudian tentukan nominal uang yang ingin ditarik

– Pada tampilan menu pencetakan struk, pilih “Ya” apabila kamu ingin mencetak struk atau pilih “Tidak” jika kamu tidak ingin mencetaknya

– Tunggu penarikan diproses otomatis hingga mesin ATM mengeluarkan uang

– Ambil uang tersebut dan pastikan nominal uangnya sesuai

– Ambil struk jika kamu menekan “Ya” pada menu pencetakan struk

– Jangan lupa untuk mengambil kartu kredit kamu sebelum meninggalkan ATM

Biaya dan Bunga Tarik Tunai Kartu Kredit Bank Mandiri

– Suku Bunga Pengambilan Tunai: 1,75% per bulan/ 21% per tahun

– Biaya Pengambilan Tunai: 6% dari jumlah yang diambil atau minimum Rp100.000

– Dikenakan atas setiap Transaksi Penarikan Tunai dengan menggunakan Kartu Kredit

– Maksimum cash advanced tarik tunai: 60% dari limit kartu kredit

Adapun cara perhitungan bunga tarik tunai adalah bunga dihitung sejak uang diambil, bukan dari tanggal pembayaran jatuh tempo. Ketika jatuh tempo, due date, konsumen harus membayar pokok dan bunga sejak tarik tunai dilakukan.

Sekalipun konsumen membayar lunas, bunga tetap harus dibayar di transaksi tarik tunai. Perhitungan bunga tarik tunai ini menjadi lebih mahal ketimbang dengan perhitungan bunga ritel sebab di ritel bunga hanya dihitung saat pembayaran tidak lunas.

Oleh sebab itu, meskipun tingkat suku bunga ritel dan tarik tunai sama, yakni 1,75% per bulan, tetapi dengan nilai transaksi yang sama, nilai pembayaran akan berbeda lantaran cara perhitungan bunga yang berbeda.

Kendala dalam Tarik Tunai Credit Card Mandiri

Berikut ini beberapa kendala gagal diprosesnya tarik tunai credit card Mandiri yang perlu kamu ketahui:

Limit kartu kredit Mandiri tidak mencukupi atau habis

Kartu kredit diblokir oleh pihak Mandiri

ATM tidak mendukung jenis kartu kredit

Nominal yang ditentukan saat penarikan tidak sesuai ketentuan

ATM kehabisan uang

Mesin ATM error

Baca juga: Kartu Kredit BCA Terblokir? Begini Cara Bukanya

Demikianlah informasi tentang cara tarik tunai kartu kredit Mandiri terbaru beserta kelebihannya. Tertarik untuk mencoba cara ini?

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE