29 C
Jakarta
Sabtu, 22 Juni, 2024

Kartu Kredit BCA Terblokir? Begini Cara Bukanya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu Kredit BCA kamu terblokir? Berikut ini cara membukanya yang sangat penting untuk diketahui. Mudah kok!

Selain kartu kredit BCA, kartu debit pun bisa juga kena blokir loh. Dalam hal ini, ada banyak penyebab kartu kredit BCA diblokir, di antaranya karena kesalahan memasukkan PIN sebanyak tiga kali dan hal itu secara otomatis akan membuat kartu kredit diblokir.

Nah, bagi kamu yang mengalaminya, kamu tidak perlu khawatir sebab cara buka blokir kartu kredit BCA sejatinya sangat mudah.

Di sisi lain, pemblokiran pun dapat dilakukan atas keinginan nasabah yang bisa disebabkan oleh kartu kredit hilang atau dicuri. Biasanya, setelah terblokir, secara otomatis kartu itu tidak bisa lagi digunakan untuk bertransaksi.

Sebagai informasi, pihak BCA sengaja melakukan pemblokiran jika nasabah salah memasukan PIN kartu kredit sebanyak lima kali berturut-turut. Tujuan pemblokiran ini adalah untuk menjaga keamanan kartu kredit supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pembobolan Kartu Kredit

Seperti diketahui, pembobolan kartu kredit rentan sekali terjadi. Oleh sebab itu, keamanan kartu kredit menjadi harga mati bagi para pemiliknya.

Baca juga: Biaya Kartu Kredit BCA di Semua Jenis Kartu

Sejauh ini, sudah banyak kasus pembobolan kartu kredit yang disebabkan oleh kelalaian nasabah. Hal itu dapat terjadi lantaran nasabah tidak langsung memblokir kartu kredit yang hilang

Nah, bagi kamu yang sudah melakukan pemblokiran, langkah yang diambil itu tentunya sudah sangat tepat. Sekarang, tinggal bagaimana caranya membuka kartu kredit yang diblokir supaya bisa kembali digunakan bertransaksi.

Sejatinya, cara membukanya sangat mudah, tetapi bergantung pada penyebab pemblokiran kartu. Untuk mengetahui caranya, simak ulasannya di bawah ini.

kartu kredit bca terblokir

Cara Mengatasi Kartu Kredit BCA Terblokir

Sebagaimana dipahami bersama, kartu kredit ini dapat dipakai untuk berbagai transaksi. Nasabah dapat menggunakannya untuk tarik tunai di mesin ATM maupun untuk berbelanja di berbagai merchant melalui mesin EDC.

Transaksi itu mengharuskan nasabah untuk memasukan PIN kartu kredit. Sudah diulas juga di atas bahwa jika salah memasukan PIN sebanyak 5 kali berturut-turut maka akan membuat kartu kredit terblokir.

Baca juga: Penting Diketahui, Inilah Jenis dan Limit Kartu Kredit BCA

Namun, nasabah tidak perlu panik. Pasalnya, kartu kredit BCA yang diblokir dapat langsung dibuka dengan cara menghubungi customer service Halo BCA via telepon maupun melalui aplikasi Halo BCA.

Hal sama pun berlaku untuk membuka blokir kartu kredit BCA lantaran permintaan nasabah sendiri yang disebabkan kartu kredit hilang atau dicuri. Akan tetapi, jika pemblokiran disebabkan permintaan nasabah yang ingin menutup kartu kredit BCA maka cara membukanya tidak bisa melalui Halo BCA sebab nasabah mesti meminta penggantian kartu supaya dapat kembali menggunakannya untuk bertransaksi.

Adapun penggantian kartu kredit BCA dapat dilakukan via kantor cabang terdekat. Sebelum itu, kamu disarankan untuk terlebih dahulu menghubungi customer service Halo BCA melalui kontak berikut ini:

– Telepon: 1500888 

– Email: [email protected] 

Supaya lebih gampang, kamu disarankan untuk menggunakan aplikasi Halo BCA. Aplikasi ini punya berbagai fitur untuk menghubungi customer service Halo BCA sehingga memudahkan nasabah meminta bantuan untuk membuka kartu kredit BCA yang diblokir maupun bantuan lainnya terkait produk perbankan BCA.

Untuk membuka blokir Kartu Kredit BCA, kamu bisa menghubungi Halo BCA 1500 888 atau melalui aplikasi Halo BCA dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi HaloBCA

2. Pilih jenis layanan “Call” dan pilih menu “Kartu Kredit”

3. Setelah terhubung dengan Halo BCA, informasikan kendala yang dialami, yaitu salah input PIN

4. Pastikan kamu mengingat PIN lama Kartu Kredit BCA

5. Halo BCA kemudian akan melakukan verifikasi data dan identitas kamu

6. Kartu akan otomatis ter-reset dan dapat digunakan kembali setelah 1 hari kalender

Untuk diketahui, untuk membuka blokir Kartu Debit BCA karena permintaan sendiri karena hilang atau dicuri, bisa dilakukan melalui Halo BCA atau mengunjungi kantor cabang terdekat.

Baca juga: Mudah Kok, Begini Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Sementara itu, untuk pembukaan blokir Kartu Kredit atas permintaan sendiri tidak bisa dilakukan. Pasalnya, untuk menggunakan Kartu Kredit kembali, kamu harus melakukan melakukan penggantian kartu.

Cara Buka Blokir Kartu Debit via Halo BCA

Sebagai tambahan, kamu juga bisa membuka blokir Kartu Debit BCA dengan menghubungi Halo BCA 1500 888 atau melalui aplikasi Halo BCA dengan cara seperti berikut ini:

1. Buka Aplikasi HaloBCA

2. Pilih jenis layanan “Call” dan pilih menu “Perbankan”

3. Setelah terhubung dengan Halo BCA, informasikan kendala yang dialami, yaitu salah input PIN

4. Pastikan kamu mengingat PIN lama Kartu Debit BCA

5. Halo BCA kemudian akan melakukan verifikasi data dan identitas kamu

6. Jika data sudah dianggap sesuai, petugas Halo BCA akan membuka blokir dan mereset ulang kesalahan PIN Kartu Debit BCA

7. Lakukan penggantian PIN baru di mesin ATM BCA

8. Selamat! Kartu Debit sudah dapat digunakan kembali

Cara Buka Blokir Kartu Debit via Kantor Cabang BCA

Sementara itu, untuk buka Blokir Kartu Debit BCA juga dapat dilakukan via kantor cabang terdekat, dengan cara berikut ini:

1. Siapkan dokumen penting seperti e-KTP, Buku Tabungan, dan Kartu Debit atau Kredit milikmu

2. Kunjungi cabang BCA terdekat di daerahmu dan bawa dokumen yang dibutuhkan

3. Informasikan kepada Customer Service BCA terkait kendala yang kamu hadapi

4. Isi Surat Permohonan Permintaan Pembukaan Blokir Kartu/ATM

5. Pembukaan blokir Kartu Debit selesai

Itulah informasi mengenai cara buka Kartu Kredit BCA terblokir yang perlu kamu ketahui. Kamu pun perlu panik lagi ya sekiranya Kredit BCA atau debit kamu terblokir. Pasalnya, dengan cara buka blokir kartu yang sudah dijelaskan di atas, segala transaksi keuangan kamu akan kembali lancar dan nyaman.

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Iklan

ARTIKEL TERBARU