30.9 C
Jakarta
Senin, 15 Agustus, 2022

Crowdfunding adalah: Intip Yuk Jenis-jenisnya di Indonesia!

JAKARTA, duniafintech.com – Crowdfunding adalah salah satu jenis investasi yang menguntungkan dan menjadi perbincangan belakangan ini.

Secara umum, sistem ini menggunakan metode urun dana banyak dilirik oleh para investor yang tertarik untuk mendanai sebuah usaha, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Nah, jika kamu tertarik untuk menanamkan modal lewat instrumen investasi yang satu ini maka simak yuk ulasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Crowdfunding adalah

Untuk diketahui, crowdfunding adalah kata yang berasal dari istilah “crowd” (sejumlah besar orang) dan “funding” (pengumpulan dana). Dengan demikian, ini adalah sebuah proses pengumpulan dana yang berasal dari sejumlah besar orang untuk sebuah proyek maupun bisnis.

Pada dasarnya, crowdfunding menjadi sebuah skema pendanaan yang sering kali dipandang sebagai suatu ajang investasi. Patungan dana atau urun dana ini pun memang bisa menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan dan juga dapat diandalkan.

Sistem pendanaan yang satu ini diketahui memanfaatkan aksesibilitas yang mudah dari jaringan luas orang via media sosial dan situs web crowdfunding untuk menyatukan investor dan pengusaha, dengan potensi untuk meningkatkan kewirausahaan dengan memperluas kumpulan investor di luar lingkaran tradisional pemilik, kerabat, dan pemodal ventura.

Adapun alasan yang mengharuskan kamu memakai sistem pendanaan dengan skema patungan atau urun dana ini untuk melakukan investasi adalah karena sistem ini terjamin dan punya biaya lebih murah sekalipun target proyek yang dibiayai nantinya terbilang cukup besar.

Cara kerja dari crowdfunding ini sendiri bisa via website maupun situs dan pemilik modal. Dengan demikian, kamu dapat mendaftarkan bisnis kamu ke salah satu situs dari crowdfunding Indonesia yang telah terdaftar secara resmi di OJK.

Selanjutnya, pihak investor ini dapat langsung menanamkan modalnya ke dalam bisnis milik kamu tadi.

Crowdfunding adalah

Crowdfunding adalah: Ini Jenis-jenisnya di Indonesia

Dalam bahasa Indonesia, crowdfunding disebut juga dengan urun dana. Di samping itu, investasi ini juga merupakan pendanaan sutau usaha/proyek yang melibatkan masyarakat lewat jaringan internet.

Baca jugaCrowdfunding adalah: Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Ada beberapa jenis crowdfunding yang dapat dilakukan, bergantung dari bisnis yang akan  kamu jalankan. Inilah rinciannya.

1. Berbasis Donasi

Jenis yang satu ini biasanya berbentuk sebuah kampanye untuk penggalangan dana yang ditujukan untuk isu kemanusiaan, misalnya korban bencana alam, biaya medis, dan lain sebagainya yang memang bersifat amal (donasi).

Baca jugaSecurities Crowdfunding Adalah: Caranya Mendanai Bisnis

Di jenis ini, para pemilik modal tidak akan dapat memperoleh pengembalian dari dana yang sudah didonasikan tadi. Salah satu contoh situs yang menyediakan layanan berbasis donasi ini adalah kitabisa.com.

2. Berbasis Hadiah

Pada jenis yang selanjutnya ini, para pemilik modal/investor yang sebelumnya telah menanamkan modal di bisnis yang menjalankan jenis investasi ini nantinya akan memperoleh imbalan berupa hadiah dalam bentuk produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan.

3. Berbasis Ekuitas

Lain dari dua jenis penanaman modal berbasis patungan dana di atas, jenis berikut ini berbasis ekuitas dan menjanjikan pengembalian modal berbentuk finansial, yang biasanya melalui saham ekuitas.

4. Berbasis sekuritas-crowdfunding adalah

Kemudian, juga ada jenis securities crowdfunding, yang merupakan sebuah skema pendanaan yang didasari atas pembelian surat berharga, yang bertujuan untuk membiayai sebuah proyek bisnis bersama investor lainnya.

Umumnya, jenis yang satu ini akan diperjualbelikan di pasar modal dan dapat dengan mudah juga untuk ditemukan. Skema ini pun sering diistilahkan sebagai “penggalangan dana”.

Adapun penggalangan dana berbasis sekuritas ini juga sangat pas untuk digunakan dalam proyek bisnis besar. Hal itu karena pada metode pengumpulan dana yang dilakukan oleh para pemilik modal dengan cara patungan ini, tujuan utamanya adalah untuk memberikan pembiayaan modal bagi pemilik UMKM.

Nantinya, para pemilik modal ini akan menjadi pemilik bagian dari suatu perusahaan dan mendapatkan keuntungan atas investasi yang sebelumnya sudah dilakukan.

Sekian ulasan tentang crowdfunding di Indonesia dan jenis-jenisnya yang perlu kamu ketahui. Sebagai informasi yang menguntungkan, crowdfunding adalah pilihan investasi tepat yang perlu kamu pertimbangkan.

Baca jugaCrowdfunding Adalah: Cara Kerjanya Simpel dan Menguntungkan 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Bitcoin Hari Ini: Harga BTC Menanjak ke Level Rp 368 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini datang dari kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin atau BTC.  Aset mata uang digital BTC tersebut merangkak naik....

Harga BBM Resmi Naik! Cek Daftar Harga Terbaru di Sini

JAKARTA, duniafintech.com - Harga Bahan Bakar Minyak atau BBM non subsidi resmi naik. PT Pertamina (Persero) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi menaikkan...

Cara Bayar PDAM lewat ATM BCA Terbaru dengan Mudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar PDAM lewat ATM BCA dan beberapa layanan perbankan online lainnya berikut ini tentunya sangat penting diketahui. Buat kamu yang sudah...

Hebat! Dalam Sebulan, Bocah 12 Tahun Ini Hasilkan Rp 5,7 M dari NFT

JAKARTA, duniafintech.com - Hebat bukan main, bocah 12 tahun sudah mampu menghasilkan miliaran rupiah dari NFT atau non-fungible token.  Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun...

Rumah Sakit Rekanan BRI Life, Simak Yuk Daftar Selengkapnya

JAKARTA, duniafintech.com – Rumah sakit rekanan BRI Life pada dasarnya memiliki cakupan yang masif. Di samping itu, polis dan manfaatnya pun menarik.  BRI Life sendiri...
LANGUAGE