26.1 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Crowdfunding adalah—Inilah Pengertian hingga Kelebihannya

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, crowdfunding adalah sebuah bentuk pendanaan bagi mereka yang memerlukan dana pengembangan usaha.

Adapun langkah pengumpulan dana ini bisa berasal dari teman, keluarga, maupun investor. Nah, agar mengetahui lebih lanjut soal skema patungan dana sebagai jenis investasi yang menguntungkan ini, simak yuk ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Crowdfunding adalah Ini Contoh-contoh Fintech di Indonesia

Pengertian Crowdfunding adalah

Berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris, yakni “crowd” dan “funding”, crowdfunding bisa diartikan sebagai kumpulan orang dalam jumlah besar yang mengumpulkan dana atau proses pengumpulan dana dari sejumlah besar orang untuk sebuah proyek/bisnis.

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), crowdfunding, yang dalam bahasa Indonesia disebut urun dana, adalah pendanaan suatu usaha, proyek, dan sebagainya yang melibatkan masyarakat.

Biasanya, metode urun dana ini dilakukan melalui jejaring internet. Karena itu, metode yang satu ini pun kian semakin populer pada era digital seperti saat ini.

Kelebihan Crowdfunding adalah

Saat ini, crowdfunding sudah menjadi salah satu cara pengumpulan dana yang paling banyak digunakan untuk merintis bisnis atau startup karena kelebihan yang dimilikinya. Nah, berikut ini beberapa kelebihannya.

1. Membuat Bisnis Lebih Mudah Dikenal

Pertama, metode urun dana ini dapat membuat bisnis kamu lebih mudah dikenal. Dengan demikian, kamu perlu menjelaskan bagaimana rencana pengembangan bisnis kamu kepada publik untuk mendapatkan pendanaan dalam melakukan crowdfunding.

Di samping lewat platform pendanaan, kamu pun dapat menggunakan sebuah website, media sosial, atau juga media alternatif lainnya untuk menginformasikan kampanye crowdfunding milik kamu itu.

2. Memikat Investor Potensial

Selanjutnya, pendanaan berbasis patungan ini juga dapat membuka potensi untuk mempertemukan pemilik bisnis dengan calon investor yang cocok. Apalagi, kalau ide bisnis kamu unik, menarik, punya potensi yang menjanjikan.

3. Proses Pengajuan Mudah

Adapun pengajuan kampanyenya cukup mudah sebab dapat dilakukan via online. Oleh sebab iru, kamu tidak perlu berupaya untuk mengunjungi setiap calon investor potensial satu per satu.

4.Bisa Menentukan Sistem Crowdfunding

Kelebihan lainnya, yaitu karena kamu dapat menentukan sistem pendanaan untuk bisnis kamu sendiri. Kalau bisnis kamu fokus pada manfaat sosial maka kamu dapat menggunakan sistem donation crowdfunding sebab hal itu dapat menggugah sisi empati sosial para donatur.

5. Mengurangi Kompetisi

Di sini, kamu juga tidak perlu berkompetisi dengan perusahaan yang telah memiliki kredibilitas dan ternama. Dengan menggunakan sistem ini, nantinya dapat menjadi solusi untuk fase awal pendanaan bisnis kamu.

6. Membangun Basis Konsumen

Agar dapat menggalang dana, tentu saja layanan bisnis kamu juga harus bisa diterima oleh target pasar. Melalui kampanye urun dana, hal itu dapat dilakukan baik melalui platform khusus maupun media sosial.

Baca juga: Crowdfunding adalah dan Sejarah Perkembangannya

Nah, untuk menjalankan metode urun dana ini, kamu bisa mulai membuat proposal, pengajuan proposal, dan mendaftarkan bisnis itu ke situs crowdfunding.

crowdfunding adalah

Tips Menjalankan Bisnis dengan Crowdfunding

Beberapa tips berikut ini akan membantu kamu untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis melalui crowdfunding.

1. Buat ide bisnis yang menarik

Pertama, kamu harus mampu membuat ide bisnis yang menarik, interaktif, dan inovatif. Hal itu pun penting untuk mem-branding bisnis kamu ke depannya. Pastikan bahwa bisnis kamu menawarkan kebaruan yang belum pernah ada di bisnis-bisnis lainnya supaya para investor kian tertarik.

2. Tentukan target market yang jelas

Kalau kamu ingin orang lain mendanai bisnis kamu maka sebaiknya tentukanlah target pengembangan bisnis kamu dengan baik. Pikirkan kejelasan bisnis kamu dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Sebagai contoh, buatlah suatu produk yang berkaitan dengan demografi tahun depan sehingga para investor bisa menilai keuntungan yang akan didapat berdasarkan target itu.

3. Rekrut orang-orang berpengalaman

Pada dasarnya, sebaik dan sebagus apa pun ide bisnis pastinya tidak akan berhasil kalau tidak ada sumber daya yang berpengalaman. Oleh sebab itu, rekrutlah orang-orang terbaik di bidangnya lalu kamu pun bisa memulai proyek dengan tim yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang menjanjikan. Dengan otomatis, bisnis kamu nantinya akan berkembang pesat sebab dikerjakan bersama-sama.

4. Buat proposal bisnis yang menjanjikan

Tips sukses selanjutnya adalah buat proposal bisnis semenarik mungkin. Untuk menarik para investor agar mendanai bisnis kamu, susun proposal sebagai syarat pengajuan crowdfunding. Tuliskanlah dengan jelas ide bisnis, tujuan, anggaran, hingga potensi keuntungan yang mungkin diperoleh.

5. Tingkatkan pelayanan bisnis kamu

Terakhir, kamu bisa meningkatkan pelayanan bisnis, baik terhadap pelanggan maupun investor. Pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Di samping itu, kamu pun akan meraih kepercayaan dari investor dengan mudah.

Sekian ulasan tentang pengertian hingga kelebihan crowdfunding yang perlu diketahui. Pada dasarnya, crowdfunding adalah jenis investasi yang menguntungkan yang bisa kamu coba mulai sekarang juga.

Baca juga: Crowdfunding Adalah: Kegunaannya Untuk Solusi Modal Usaha

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Buka Tabungan BCA Dollar Terbaru dan Daftar Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara buka Tabungan BCA Dollar berikut ini penting diketahui jika kamu memang tertarik dengan jenis tabungan yang satu ini. Sebagaimana diketahui, BCA...

OJK Keluarkan 671 Sanksi Kepada Pelaku Pasar Modal

JAKARTA, duniafintech.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengungkapkan sebanyak 671 surat sanksi, serta selain itu, OJK juga menerbitkan 12...

OJK Akui Minimnya Pengetahuan Perempuan Soal Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat terdapat jarak tingkat literasi keuangan digital antara perempuan dan laki-laki. Perempuan merupakan sektor yang membutuhkan perhatian...

Mendag Harapkan Harga Mie Instan Tidak Naik

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Zaini, mengharapkan kenaikan harga gandum tidak membuat harga mie ataupun mie instan menjadi naik. Hal itu disebabkan...

Malacca Trust Insurance: Profil Lengkap hingga Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Malacca Trust Insurance merupakan adalah perusahaan asuransi umum yang lumayan terkenal di kalangan masyarakat. Perusahaan ini berdiri dengan nama PT Malacca Trust...
LANGUAGE