28.8 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Crypto Mining Adalah: Pengertian Hingga Alat-alat yang Dibutuhkan

JAKARTA, duniafintech.com – Crypto Mining adalah istilah dari penambangan kripto. Crypto mining ini dikaitkan dengan upaya penambangan aset kripto seperti Bitcoin. 

Kini, mata uang kripto seperti Bitcoin meroket popularitasnya dari tahun ke tahun. Permintaan terhadap mata uang kripto semakin meningkat.

Banyaknya permintaan pun membuat nilainya cenderung naik. Tak sedikit pihak yang tergiur dengan peningkatan harga kripto. Jual-beli kripto pun kerap dilakukan untuk investasi aset tersebut. 

Selain jual-beli, kripto bisa didapatkan dengan cara ditambang (crypto mining). Tentu maksudnya bukan ditambang dengan cara menggali Bumi ya. Lalu apakah crypto mining itu?

Crypto Mining Adalah

Crypto Mining Adalah

Crypto mining adalah proses pembuatan koin baru dan juga validasi untuk transaksi kripto. Jadi, saat melakukan crypto mining itu mesti menggunakan berbagai alat. Alat tersebut dipakai untuk validasi transaksi kripto. 

Saat sebuah validasi transaksi berhasil, pemilik alat mining atau biasa disebut miner akan mendapatkan komisi karena alatnya telah digunakan sebagai validasi transaksi. 

Transaksi kripto berlangsung dalam blockchain dan divalidasi melaluinya. Blockchain, secara sederhana, adalah suatu database yang bisa diakses melalui nodes dari suatu jejaring komputer.

Catatan kripto, mulai dari nilai hingga pemilik, tercatat dalam suatu block. Untuk membuka akses sebuah block dalam rantai blockchain, Anda mesti menyelesaikan sebuah persamaan matematika.

Barangkali Anda pernah mendengar tambang kripto yang terdiri dari jejaring GPU yang membentuk supercomputer. Tambang seperti itu dibutuhkan karena persamaan matematika untuk membuka blockchain sangat rumit.

Melansir How-to Geek, komputer personal atau laptop biasa membutuhkan waktu jutaan tahun untuk menyelesaikan satu persamaan. Maka dari itu, penambang kripto cenderung merakit sejenis supercomputer demi melakukan crypto mining.

Komputer tersebut kemudian digunakan untuk menyelesaikan persamaan berupa hash dalam blockchain yang dihasilkan oleh transaksi kripto. Hash merupakan satu set karakter dan angka yang, jika berhasil dipecahkan, bisa dibaca.

Baca juga: 10 Coin yang Bagus Untuk Investasi Kripto, Siap-siap Cuan Maksimal

Sistem demikian adalah bagian dasar kriptografi. Jadi, istilah mata uang kripto berasal dari sistem tersebut.

Apabila persamaan matematika di atas berhasil dipecahkan, maka penambang akan mendapatkan koin sebagai hadiah. Penambang mendapatkan koin atas namanya dan bisa menambahkan koin baru dalam sirkulasi.

Alat-alat yang Diperlukan untuk Crypto Mining

Lalu untuk menjadi miner kripto alat apa saja yang perlu diperlukan? Pada dasarnya ada alat khusus yang bisa digunakan untuk melakukan mining, tetapi harganya cenderung mahal dan memerlukan daya atau energi yang besar. 

Baca jugaMelihat Kelebihan Indodax, Platform Jual Beli Kripto Terpercaya di Indonesia

Oleh karena itu, banyak miner yang menggunakan alat-alat lain yang basisnya adalah peralatan komputer. Berikut alat-alat yang perlu disiapkan sebelum menjadi miner kripto:

1. Graphic Card 

Alat yang paling populer digunakan oleh para miner kripto adalah graphic card. Graphic card tersebut banyak mereknya, tetapi yang paling umum digunakan adalah Geforce dari Nvidia. Anda bisa menggunakan Nvidia Geforce RTX seri 2060.

2. Prosesor

Meskipun bukan alat utama, namun prosesor dapat membantu untuk meningkatkan kecepatan proses mining. Prosesor yang disarankan menggunakan Intel seri i5 ataupun i7 dengan generasi yang masih baru. 

3. Hard Drive

Hard drive menjadi salah satu pilihan komponen penting yang harus dipertimbangkan jika ingin menambang kripto. Hard drive bisa berfungsi untuk menjalankan sistem operasi dan menyimpan data karena memerlukan space yang besar dalam penyimpanan blockchain. 

4. RAM

RAM bukan menjadi komponen utama dalam melakukan mining kripto, namun ini bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum menjadi miner. RAM berfungsi untuk menjalankan sistem operasi dan program mining.

5. Motherboard

Dalam sebuah komputer, Motherboard menyediakan tata letak terbaik, karena semua komponen pemrosesan yang penting dari komputer, seperti Central Processing Unit (CPU), memori sistem (RAM) dan kartu grafis, tertanam di motherboard. Dan, motherboard menghubungkan semua komponen ini. Ini dikenal sebagai Hub Komponen.

6. Power Supply

Karena proses mining cukup memakan daya yang besar, Anda bisa memberikan daya tambahan menggunakan power supply. Semakin banyak kartu grafis yang digunakan, semakin besar daya yang dibutuhkan.

7. Pendingin

Jangan lupa untuk menyiapkan kipas pendingin untuk menjaga suhu alat agar tetap dingin dan tidak overheat. 

Jika ingin melakukan penambangan kripto dengan lebih mudah dan simple, Anda bisa menggunakan laptop dengan spesifikasi yang tinggi, biasanya ada pada laptop untuk kebutuhan gaming. 

Dalam laptop gaming, biasanya sudah dibekali beberapa komponen yang bisa digunakan untuk melakukan crypto mining. 

Jadi, crypto Mining adalah istilah dari penambangan kripto. Crypto mining ini dikaitkan dengan upaya penambangan aset kripto seperti Bitcoin. Demikian informasi tersebut, semoga bermanfaat untuk Anda. 

Baca juga: Cara Main Crypto Dengan Mudah dan Aman, Pastinya Cuan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE