26.9 C
Jakarta
Selasa, 18 Januari, 2022

Apakah Biaya USG Ditanggung BPJS Kesehatan? Simak Penjelasannya

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar biaya USG sangat beragam tergantung di mana fasilitas kesehatan tempat kamu melakukan pemeriksaannya. USG itu sendiri adalah pemeriksaan dalam kandungan menggunakan teknologi gelombang suara ultrasonik. 

Pemeriksaan ini biasanya akan dilakukan setiap tiga bulan sekali selama periode masa kehamilan. Pemeriksaan ini juga dapat dilakukan di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik, hingga bidan. Dalam artikel berikut ini nantinya akan mengulas lengkap mengenai jenis dan daftar biaya USG yang bisa dipersiapkan ketika menjelang pemeriksaan.

Apakah Biaya USG ditanggung BPJS Kesehatan? 

Ada banyak calon orang tua yang mulai bertanya-tanya apakah ketika melakukan pemeriksaan janin ke fasilitas kesehatan yang ada nantinya biayanya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan atau tidak? BPJS Kesehatan tentu akan menanggung biaya pemeriksaan janin apabila kamu mendapatkan surat rujukan dari dokter spesialis. Rujukan ini dalam artian jika terdapat masalah yang ada dalam kandungan, sehingga dapat membahayakan kondisi ibu dan calon buah hatinya.

Apabila kamu tidak memiliki rujukan khusus dari dokter spesialis, maka biayanya akan ditanggung sepenuhnya oleh pasien. 

Jenis-Jenis USG

Di Indonesia sendiri terdapat tiga jenis USG yakni 2D, 3D, dan 4D. Normalnya pemeriksaan kehamilan cukup hanya dengan menggunakan USG 2D saja. Sedangkan untuk kasus-kasus tertentu yang dialami janin akan lebih disarankan untuk menggunakan USG 3D atau 4D.

USG 3D dan 4D akan memberikan gambaran lebih jelas mengenai kondisi janin di dalam rahim. Informasi yang akan diberikan oleh kedua jenis USG ini akan tampak lebih jelas dan mendetail. Pemindaian dan diagnosis yang dilakukan juga bisa dari berbagai sudut, seperti diagnosis bibir sumbing dan kelainan jantung.

Daftar Biaya USG

Terdapat tiga fasilitas kesehatan yang menyediakan pemeriksaan USG yakni rumah sakit, klinik, dan bidan. Begitupun juga dengan jenis USG nya, semakin canggih teknologi yang digunakan, maka semakin mahal pula biaya yang akan dibebankan. Simak daftar biaya USG tersebut di sini.

USG di Rumah Sakit

Besaran biaya untuk melakukan pemeriksaan janin di rumah sakit sangat bervariasi tergantung dari lokasi dan jenis USG yang digunakan. USG 3D dan 4D tentu akan lebih mahal daripada USG 2D. Biaya untuk USG 2D dan 3D biasanya sekitar Rp200 ribuan, sedangkan untuk USG 4D adalah Rp800 ribuan.

Daftar biaya pemeriksaan janin di rumah sakit yang ada di Indonesia, yaitu:

  • MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta, Rp200 ribu
  • Siloam Hospitals Bogor, Rp538 ribu
  • Klinik Teratai – Gading Pluit, Jakarta, Rp250 ribu
  • Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta, Rp100 ribu
  • Mayapada Hospital Jakarta Selatan, Jakarta, Rp280 ribu.
  • Mitra Keluarga Pratama Jatiasih, Bekasi, Rp220 ribu.
  • RS Mulia Pajajaran, Bogor, Rp150 ribu.
  • Rumah Sakit FMC, Bogor, Rp210 ribu.
  • Siloam Hospitals Bekasi Timur, Bekasi, Rp170 ribu
  • Siloam Hospital, Surabaya, Rp200 ribu
  • Siloam Hospitals Asri, Jakarta, Rp260 ribu.
  • RSIA Sayyidah, Jakarta, Rp200 ribu.
  • Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang, Rp125 ribu
  • RS Premier Jatinegara, Jakarta, Rp600 ribu
  • BIMC Siloam Hospital Nusa Dua, Bali, Rp770 ribu

Itulah beberapa daftar biaya pemeriksaan janin di rumah sakit yang ada di Indonesia.

USG di Klinik

Sementara di klinik tentu harganya lebih terjangkau daripada di rumah sakit yakni kisaran Rp40 ribu hingga Rp300 ribuan. Selain itu, kamu juga akan memperoleh sederet keuntungan jika melakukan pemeriksaan di klinik seperti konsultasi yang tidak dibatasi waktu dan terhindar dari antrean panjang. 

Berikut ini adalah tarif USG klinik besar yang ada di Indonesia, yaitu:

  • Klinik An Nashr III, Bogor, Rp280 ribu.
  • Klinik An Nasr I, Tangerang, Rp250 ribu.
  • Kiara Healthcare,Jakarta, Rp205 ribu.
  • Klinik Pupuk Kujang, Karawang, Rp85 ribu.
  • Klinik Berkat Melimpah Jababeka, Karawang, Rp40 ribu.
  • Klinik Ibu & Anak dr. Linda, Serang, Rp125 ribu.
  • Klinik Imedical Specialist Centre, Makassar, Rp300 ribu.
  • Klinik Asy Syifa, Bengkulu, Rp150 ribu.
  • Laboratorium Klinik Ciliwung, Malang, Rp350 ribu.

USG di Bidan

Harga USG di bidan juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kedua fasilitas kesehatan di atas. Kamu hanya cukup mengeluarkan uang kurang lebih sebanyak Rp100 ribu untuk harga USG 2D lengkap dengan hasil cetaknya.

Beberapa keuntungan yang akan diperoleh jika kamu melakukan pemeriksaan kandungan di bidan adalah rentang waktu konsultasi dan jam kunjungan yang tidak dibatasi. Lokasi bidan juga biasanya lebih dekat dari rumah sehingga akan memudahkan mobilitas bagi para ibu hamil.

Demikian informasi lengkap mengenai biaya pemeriksaan janin atau USG 2D, 3D, hingga 4D yang ada di rumah sakit, klinik, dan bidan.

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Mu’arif

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ingin Mendapatkan Kartu GPN di Berbagai Bank? Simak Caranya Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu GPN adalah salah satu jenis kartu debit atau yang biasa dikenal dengan kartu ATM. Sebagaimana diketahui, kartu ATM akan memberikan...

Ulasan Lengkap soal e-Money Mandiri: Cara Buat hingga Panduan Top Up

JAKARTA, duniafintech.com – E-money Mandiri adalah uang elektronik yang banyak digunakan oleh orang-orang lantaran kemudahan dalam penggunaannya. Diterbitkan oleh Bank Mandiri, uang elektronik yang...

Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat dan Biaya Pendidikannya

JAKARTA, duniafintech.com - Gaji tukang parkir pesawat atau marshaller dengan tanggung jawabnya memarkirkan pesawat terbang yang berukuran besar ternyata memiliki gaji yang menjanjikan.  Mungkin saja...

Mau Side Job? Ini 7 Situs Penghasil Uang Terpercaya 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Situs penghasil uang terpercaya 2022 sekarang ini sudah banyak beredar di internet yang bisa diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Akan...

Alasan Penting Menyimpan Slip Gaji bagi Karyawan

JAKARTA, duniafintech.com - Alasan menyimpan slip gaji bagi semua karyawan di perusahaan manapun tentu saja sangat penting. Menerima gaji adalah sebuah tujuan utama bagi...
LANGUAGE