31.9 C
Jakarta
Sabtu, 26 September, 2020

Daftar Nama Besar Perusahaan Pemberi Modal Startup Indonesia

DuniaFintech.com – Ekosistem usaha rintisan, atau dikenal dengan sebutan startup telah menjadi tren positif dalam mendukung ekonomi digital Indonesia. Adopsi dan perkembangan teknologi yang dibawa para perintis usaha dalam negeri membuat Tanah Air berpotensi menjadi hub atau pusat layanan ekonomi digital di Asia Tenggara.

Selain itu, figur dan tokoh inspiratif startup di Indonesia pun kini menjadi nama besar yang sering dibicarakan publik, salah satunya seperti Nadiem Makarim, pendiri usaha rintisan berbasis teknologi Gojek. Nadiem saat ini menjabat sebagai Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Indonesia.

Dibalik besarnya nama-nama startup Tanah Air, tentunya terdapat beberapa pihak di balik layar yang mengantarkan kisah suksesnya. Ada pun nama-nama tersebut merupakan pihak yang mendukung berkembangnya usaha rintisan dari segi permodalan.

Seperti diketahui, permodalan menjadi ‘motor’ usaha rintisan untuk mengembangkan produk dan bisnisnya. Dengan judul capital venture, terdapat berbagai perusahaan yang memiliki peran besar dalam menyukseskan digitalisasi ekonomi. Oleh sebab itu, mari simak nama-nama daftar perusahaan pendana untuk usaha rintisan dalam negeri.

Baca juga:

Daftar Perusahaan Pemberi Modal Startup Besar di Indonesia

East Ventures

Perusahaan ini sudah berjalan sebagai pendana usaha rintisan sejak 2010. East Ventures merupakan salah satu jenama populer di ekosistem startup teknologi. Perusahaan ini juga merupakan pioneer dan pembuat tren pendanaan usaha rintisan di Indonesia.

Saat itu, Indonesia masih belum mengenal akan potensi startup dan nilai investasi yang diperoleh. Sebagai pioneer rekam jejak pendanaan East Ventures berisikan nama-nama besar, seperti Tokopedia dan Traveloka.

Emtek Group

Nama perusahaan pendana ini lebih cenderung terasosiasi dengan nama-nama industri hiburan seperti SCTV, Indosiar dan saluran hiburan lainnya. Namun yang perlu diketahui, Emtek Group juga merupakan pihak yang berada di balik nama besar startup ternama Tanah Air, salah satunya BukaLapak.

500 Startups

Pendana yang satu ini merupakan korporasi yang populer di level mancanegara. 500 Startups berisikan para anggota yang berpengalaman mengelola merintis perusahaan teknologi ternama, sebut saja Facebook dan Google. Mereka berinvestasi di indonesia sejak tahun 2013 dengan memilih BukaLapak sebagai portfolio mereka.

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Dua Startup Asuransi Digital Ini Peroleh Modal! Tren Insurtech Positif?

DuniaFintech.com - Qoala dan PasarPolis menjadi dua startup layanan asuransi berbasis digital yang mendapatkan suntikan dana di tahun 2020. Qoala mendapatkan pendanaan...

Sulit Menyisihkan Uang? Inilah Cara Menabung Paling Efektif yang Sesuai dengan Kemampuan

Duniafintech.com - Tak hanya berfungsi menghindari utang karena adanya kebutuhan darurat, menabung juga bermanfaat untuk menambah pundi-pundi keuangan di masa depan. Meskipun...

Dukung Kreator Indonesia, Sony Luncurkan Kamera Seri Alpha 7S III dengan Tampilan Klasik

Duniafintech.com - Sony luncurkan kamera seri Alpha 7S III yang menjadi penerus Alpha 7S II. Sony Alpha 7S III akan segera tersedia...

E-Commerce Jadikan Permintaan Asuransi Digital Melonjak

DuniaFintech.com - Penyelenggara niaga berbasis elektronik, e-commerce menghadirkan tren positif terhadap startup asuransi berbasis digital (insurtech). Adalah 2 startup insurtech, Qoala dan...

Pandemi Bikin Wacana Grab dan Gojek Merger Kembali Menyeruak

Duniafintech.com - Kabar Grab dan Gojek merger atau melakukan penggabungan kembali santer terdengar saat pandemi melanda. Dua perusahaan raksasa ride-hailing terbesar di...
LANGUAGE