25.6 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Di Mana Beli Kripto? Ini Platform Perdagangan Aset Kripto Terdaftar di RI

JAKARTA, duniafintech.com – Di mana beli kripto? Pertanyaan ini seringkali dilontarkan para investor baru yang memulai trading kripto. 

Aset kripto tersebut dijual di platform-platform jual beli aset kripto. Di Indonesia, sudah mulai banyak sekali exchange kripto tersebut. Salah satunya seperti Indodax, yang merupakan platform perdagangan kripto terpercaya di Indonesia dengan jumlah member 5,3 juta pengguna terverifikasi.  

Bagi Anda yang berminat untuk membeli aset kripto seperti bitcoin, harap disimak. Secara lebih lanjut, artikel ini akan menjelaskan mengenai cara beli bitcoin sekaligus di mana beli bitcoin yang legal di Indonesia.

Pengertian Mata Uang Kripto

Melansir Investopedia, pengertian mata uang kripto adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptography, mata uang digital ini menjadi hampir tidak mungkin untuk dipalsukan.

Pencatatan semua transaksi yang dilakukan tersimpan pada teknologi blockchain. Blockchain tersebar luas antara satu komputer dengan komputer lain dan terkoneksi di dalam satu jaringan yang tersebar luas sehingga tidak terpusat pada satu tempat, atau dikenal dengan istilah desentralisasi.

Sederhananya, mata uang kripto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga.

Selain digunakan sebagai alat transaksi, banyak pengguna yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Hal ini disebabkan oleh naik turunnya nilai mata uang virtual tersebut. Sistem perlindungan mata uang kripto adalah menggunakan kriptografi sebagai jaminan.

Cara Beli Kripto

Sebelum Anda membeli kripto, seperti Bitcoin misalnya, Anda harus memahami terlebih dahulu bitcoin bukanlah benda dengan bentuk fisik.

Bitcoin benar-benar merupakan angka yang terdapat pada sebuah sistem pengelola data yang terhubung dalam sistem yang disebut dengan teknologi blockchain.

Tentu saja, sebelum Anda membeli bitcoin, Anda juga harus menyiapkan dana. Besaran pembelian bitcoin akan tergantung pada jumlah dana yang Anda siapkan dan inginkan. 

Untuk diketahui, jumlah bitcoin yang beredar saat ini adalah sebanyak 18,84 juta keping dari total 21 juta keping yang telah dicetak.

Baca jugaMengenal Manfaat Kripto: Pengertian dan Jenis-jenisnya yang Populer

Untuk pembelian bitcoin, bisa dilakukan hingga delapan angka di depan koma, atau bisa dikatakan, 0,00000001 BTC adalah angka terkecil bagi yang berminat membeli bitcoin.

Untuk lebih jelas mengenai beli bitcoin, rinciannya sebagai berikut:

  1. Buat akun di bursa trading atau pedagang aset kripto yang terdaftar Bappebti. Proses pembuatan akun biasanya memerlukan informasi seperti rincian rekening bank serta kartu identitas.
  2. Pilih metode pembayaran yang tersedia di platform.
  3. Pihak pedagang aset kripto akan melakukan verifikasi data
  4. Beli bitcoin
  5. Lakukan pembayaran
  6. Transfer bitcoin ke dompet virtual yang Anda miliki
  7. Baiknya Anda secara rutin memantau pergerakan harga bitcoin agar pembelian bitcoin Anda tak merugi.

Dompet Bitcoin

Cara membeli bitcoin juga memerlukan wallet atau disebut dompet bitcoin. Dompet tersebutlah yang nantinya akan menjadi wadah dari mata uang yang dibeli.

Baca jugaMenengok Perbandingan Luno vs Indodax, Mana yang Lebih Baik Buat Trading? 

Seperti wajarnya dompet, dompet bitcoin juga merupakan wadah untuk menyimpan uang. Hanya saja untuk kasus bitcoin, wadah tersebut berbentuk virtual.

Beberapa wallet yang popular yakni Blockhain.com, Exodus, Electrum, serta Mycelium. Beragam wallet tersebut bisa digunakan dengan mengaksesnya melalui komputer maupun handphone.

Di Mana Beli Kripto

Di Mana Beli Kripto? 

Bila sudah mengetahui cara beli tersebut, pertanyaan selanjutnya yakni di mana beli kripto? 

Seperti yang telah dijelaskan, Anda bisa membeli bitcoin lewat pedagang aset kripto yang telah terdaftar di Bappebti. Inilah pedagang aset kripto yang terdaftar di Bappebti, rinciannya sebagai berikut:

  1. PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX)
  2. PT Crypto Indonesia Berkat (TOKOCRYPTO)
  3. PT Zipmex Exchange Indonesia (ZIPMEX)
  4. PT Indonesia Digital Exchange (IDEX)
  5. PT Pintu Kemana Saja (PINTU)
  6. PT Luno Indonesia LTD (LUNO)
  7. PT Cipta Koin Digital (KOINKU)
  8. PT Tiga Inti Utama PT Upbit Exchange Indonesia
  9. PT Bursa Cripto Prima
  10. PT Rekeningku Dotcom Indonesia
  11. PT Triniti Investama Berkat
  12. PT Plutonext Digital Aset

Terjawab sudah pertanyaan di mana beli kripto, itulah ulasan mengenai platform perdagangan aset kripto di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda.

Baca jugaMengenal Manfaat Kripto: Pengertian dan Jenis-jenisnya yang Populer

Simak berita dan ulasan lengkap mengenai dunia cryptocurrency dan fintech hanya di Duniafintech.com.

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE