26.8 C
Jakarta
Jumat, 1 Maret, 2024

Di Metaverse Bisa Ngapain Aja? Inilah Aktivitas yang Populer

JAKARTA, duniafintech.com – Di Metaverse bisa ngapain aja? Pertanyaan ini sering kali dilontarkan para pengguna internet, terutama Gen Z yang sangat lekat dengan teknologi kekinian.

Metaverse adalah dunia virtual yang memungkinkan setiap penggunanya untuk saling terhubung. Di metaverse, kita bisa beraktivitas seperti halnya di dunia nyata.

Mulai dari berkomunikasi, bekerja, bermain game, bahkan berbisnis sekalipun. Metaverse dibangun menggunakan bantuan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Untuk bisa bergabung dalam komunitas metaverse tersebut, Anda tentu perlu memiliki perangkat headphone serta kacamata VR dan AR. Selain itu, Anda juga harus mendaftar di salah satu platform metaverse terlebih dulu.

Di Metaverse Bisa Ngapain Aja

Di Metaverse Bisa Ngapain Aja? Inilah Aktivitas yang Bisa Dilakukan 

Dunia metaverse layaknya dunia nyata yang menyediakan banyak kegiatan. Di sini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti pada dunia nyata umumnya seperti berteman, berbelanja, berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama pengguna Metaverse. 

Baca juga: Makin Populer, Begini Manfaat Metaverse Dalam Kehidupan Sehari-hari

Meskipun dilakukan secara virtual, akan tetapi kegiatan tersebut akan terasa nyata dengan adanya teknologi VR dan AR. Lantas di Metaverse bisa ngapain aja? Na, ada beberapa kegiatan utama yang paling populer dilakukan di dunia Metaverse saat ini, antara lain:

1. Di Metaverse Bisa Ngapain Aja? –Main Game

Metaverse merupakan platform yang sangat menyenangkan bagi para pecinta game online. Saat ini telah banyak perusahaan yang bekerjasama dengan perusahaan Mark Zuckerberg tersebut sebagai dampak Metaverse yang semakin populer. 

Salah satunya seperti game Fortnite yang dikeluarkan oleh perusahaan Epic Games. Untuk bermain game di Metaverse ini, kamu membutuhkan teknologi khusus yaitu oculus rift agar bisa masuk ke dunia virtual.

2. Konser Virtual

Di dunia Metaverse, kamu juga bisa menonton konser virtual yang digelar di lingkungan tersebut. Konsep konser virtual yang disajikan hampir sama dengan menyaksikan konser secara langsung. Dengan bantuan teknologi VR atau AR, kamu bisa merasakan suasana konser yang sama dengan konser sungguhan bersama pengguna Metaverse Indonesia lainnya.

3. Melihat Serta Membeli Karya Seni dan Pakaian

Metaverse juga bisa menjadi tempat yang menarik bagi kamu yang gemar berbelanja dan koleksi karya seni. Untuk sistem jual beli karya seni di Metaverse, hadir dalam bentuk NFT. Pengguna Metaverse nantinya dapat melihat dan membeli koleksi karya seni dari perusahaan atau seniman jika tertarik.

Baca juga: Cara Beli Tanah di Metaverse Gampang Kok, Begini Tutorialnya

Selain karya seni, di dunia Metaverse ini pengguna juga bisa mencoba dan membeli pakaian secara langsung dari perusahaan. Nantinya, pakaian yang dibeli akan digunakan oleh avatar atau ditampilkan pada akun media sosial pembeli. 

Konsep pakaian di Metaverse ini disebut juga dengan digital fashion. Saat ini telah banyak perusahaan fashion terkemuka dan ternama di dunia yang memperjualbelikan koleksinya di Metaverse.

4. Bekerja

Dalam dunia digital Metaverse ini, pengguna juga bisa bekerja layaknya pada dunia nyata. Banyak perusahaan dan pengguna yang memanfaatkan platform ini untuk bekerja. Metaverse bisa dimanfaatkan untuk bekerja dengan sistem shift work from home seperti pada kondisi pandemic Covid-19 sekarang ini.

Dengan teknologi canggih yang pada cara kerja Metaverse ini, pengguna tidak hanya dapat melihat rekan kerja dan atasan seperti pada aplikasi meeting online saja, akan tetapi juga bisa bergabung secara langsung dengan karyawan lainnya di kantor virtual metaverse.

Untuk menunjang aktivitas bekerja di Metaverse ini, Facebook juga telah meluncurkan software meeting yang disebut dengan Horizontal Workrooms. Untuk memaksimalkan cara kerja dari software tersebut, pengguna harus menggunakan headset VR, kacamata AR dan juga oculus rift agar pekerja bisa merasa seperti bekerja sungguhan di kantor virtual.

Selain empat kegiatan di atas, masih banyak aktivitas dan kelebihan metaverse lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. 

Hal ini juga didukung dengan visi misi metaverse yang ingin menyediakan berbagai pengalaman menarik dan terbaik untuk seluruh masyarakat dan perusahaan yang menggunakan platform tersebut.

Tidak hanya itu, di masa depan Metaverse juga berencana untuk membuat teknologi yang memungkinkan pengguna memiliki kemampuan berteleportasi dari satu pengalaman ke pengalaman lainnya. Hal ini karena nantinya akan semakin banyak perusahaan yang bekerja sama dan mencari cara agar bisa menghubungkan platform satu dengan lainnya dalam cara kerja metaverse.

Metaverse juga memiliki peluang untuk investasi properti digital dimana pengguna bisa membeli tanah virtual di metaverse. Nantinya tanah tersebut bisa kamu bangun dengan suatu bangunan yang potensial atau menjualnya kembali dengan lebih mahal menggunakan mata uang kripto atau NFT.

Metaverse akan memasukkan seluruh unsur kehidupan manusia dalam internet, mulai dari belanja, fashion, liburan bahkan media sosial. Dengan semua hal yang disatukan ke dalam metaverse tersebut, nantinya semua orang bisa menjalani rutinitas virtual yang sama dengan kehidupan sehari-hari.

Konsep yang menarik dan unik membuat platform ini memiliki prospek yang menjanjikan di masa depan. Nantinya manusia diharapkan tidak lagi dipisahkan oleh jarak. Sebaliknya, teknologi ini membuat semua orang bisa saling menyatu dalam satu semesta yang sama yaitu dunia Metaverse.

Itulah ulasan mengenai Metaverse. Jadi udah gak bingungkan di Metaverse bisa ngapain aja? Semoga bermanfaat ya.

Baca jugaInvestasi Aset Masa Depan, 5 Koin Metaverse Indodax Ini Cocok Dipilih

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE