33.6 C
Jakarta
Selasa, 28 September, 2021

El Salvador akan Bebaskan Investor Asing Dari Pajak atas Keuntungan Bitcoin

El Salvador berusaha mendorong investasi asing dengan mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.
El Salvador akan membebaskan investor asing dari pajak atas keuntungan dari investasi bitcoin. Ini seperti dilaporkan oleh coindesk, Senin (13 September 2021).

Negara Amerika Tengah, yang pekan lalu menjadi negara bagian pertama yang mengakui bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, berusaha mendorong investasi asing.

Baca Juga : Ini Penyebab Bitcoin Turun Seminggu Terakhir

“Jika seseorang memiliki aset dalam bitcoin dan menghasilkan keuntungan yang tinggi, tidak akan ada pajak,” Javier Argueta, penasihat hukum Presiden Nayib Bukele, mengatakan kepada AFP, dilansir oleh Duniafintech, Senin (13 September 2021).

“Tidak akan ada pajak yang harus dibayar baik untuk penambahan modal maupun pendapatan,” lanjutnya.

Di tengah kekhawatiran tentang stabilitas keuangan mengingat volatilitas yang melekat pada nilai bitcoin, Argueta mengatakan bahwa transaksi akan dihentikan sementara jika nilainya pernah runtuh.

Argueta menambahkan bahwa dompet kripto yang dikembangkan El Salvador untuk digunakan oleh warganya akan berisi “mekanisme yang relevan” untuk keterlacakan guna mengurangi risiko seputar penggunaan bitcoin untuk aktivitas ilegal.

Kenaikan Harga Bitcoin Diprediksi Berlanjut

Meski sempat terjadi penurunan pada pekan lalu, harga Bitcoin pada pekan ini diprediksi bakal berlanjut. Ini sesuai yang diprediksi oleh Tim Indodax.academy. Bitcoin akan melanjutkan kenaikan harga.
Ini terjadi karena tingginya permintaan terhadap Bitcoin. Bisa jadi pengaruh permintaan Bitcoin ini karena El Salvador. Bitcoin telah menemukan titik support setelah pekan lalu mengalami penurunan harga yang wajar.
Pekan lalu, sejumlah sentimen negatif menghajar harga Bitcoin. Namun, jika melihat dari penurunannya, penurunan tersebut masih wajar dan masih banyak orang-orang yang tetap menggunakan teknologi blockchain dan bitcoin maupun altcoin.

BTC sempat terkoreksi dari 750 juta hingga turun ke 650 juta, tetapi koreksi tersebut masih wajar, dan harga juga masih berada di atas garis EMA 200 level 585 juta. Jadi BTC masih berada di jalur uptrend. Walaupun sempat reli ke 750 juta ditambah lagi good news dari El Salvador yang mengakumulasi beli BTC sampai 400 BTC dan dikonfirmasi oleh Presiden El Salvador di tweetnya, ternyata momen tersebut dimanfaatkan oleh whales dan miners untuk take profit, sehingga harga cenderung tertahan karena aksi take profit ini.

Penulis : Kontributor
Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Kucurkan Kredit Rp2,24 triliun, Modal Rakyat Berhasil Jaga NPL 0,03%

Platform digital berbasis pinjaman, Modal Rakyat, berhasil menjaga tingkat kredit macet atau non performing loan (NPL) di level yang sangat rendah yaitu sebesar 0,03%. CEO...

Trade Expo Indonesia : Mendag Target Transaksi Rp21,4 triliun 

Kementerian Perdagangan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 dengan tema ‘Reviving Global Trade'. Pameran ini digelar secara digital dan melibatkan aktor global. Menteri Perdagangan Muhammad...

Daftar Aplikasi Menambang Bitcoin di Android

Bitcoin saat ini semakin dikenal di tanah air. Adapun harganya yang melambung tinggi dengan cepat, diketahui telah menarik perhatian para investor untuk mulai terjun...

OJK dan Industri Jasa Keuangan Dukung Pengembangan UMKM

Komitmen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan, industri keuangan non bank, pasar modal dan fintech, yaitu akan meningkatkan pengembangan Usaha Menengah Kecil dan...

Modal Rakyat Beri Pinjaman untuk Usaha dengan Bunga Kompetitif

Modal Rakyat merupakan layanan pinjaman uang berbasis digital yang menjadi wadah pertemuan antara peminjam, yaitu usaha kecil dan menengah (UKM) dan pendana, yaitu individu...
LANGUAGE