25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Rekomendasi Ethereum Wallet Terbaik, Nomor Satu Paling Populer

JAKARTA, duniafintech.com – Pilihan Ethereum wallet terbaik ada beragam. Namun upayakan adalah yang banyak dipercaya pengguna dan aman. 

Wallet tersebut digunakan untuk menyimpan aset mata uang kripto jenis ethereum (ETH). Ethereum merupakan salah satu jenis uang digital yang paling banyak digunakan di dunia setelah Bitcoin.

Ethereum merupakan proyek uang digital yang tak kalah penting dibanding Bitcoin. Diciptakan oleh Vitalik Buterin, Ethereum menggunakan sistem internet terdesentralisasi yang memungkinkan pengembang di seluruh dunia mengembangkan aplikasi terdesentralisasi sendiri. Dalam proses pengembangan ini, developer menggunakan token ETH asli.

Seperti uang kripto lainnya, ETH menggunakan kunci pribadi yang terlindungi dan kunci publik yang dipakai untuk transaksi. Transaksi yang dilakukan dengan uang digital tentu berbeda dengan transaksi bank yang butuh proses berlapis.

Apa Itu Ethereum Wallet?

Secara definisi, Ethereum merupakan salah satu jaringan publik, open-source, mesin peer-to-peer pada virtual publik. Selain itu, Ethereum juga merupakan platform komputasi terdistribusi dan sistem operasi berbasis blockchain yang menampilkan fungsi kontrak pintar.

Dengan kata lain, Ethereum adalah super komputer terdesentralisasi yang dapat digunakan oleh siapa pun. Ethereum paling sering digunakan untuk melacak kepemilikan mata uang digital seperti Ether dan token ERC20. Tetapi juga mendukung berbagai jenis aplikasi desentralisasi (dApps).

Sebagai informasi, Ethereum mirip dengan Bitcoin, tetapi bahasa pemrogramannya memungkinkan pengembang untuk menulis kode yang dapat diprogram, yang disebut kontrak pintar. Jika kontrak tradisional menjabarkan ketentuan-ketentuan suatu hubungan, kontrak cerdas memastikan syarat-syarat tersebut dipenuhi dengan menuliskannya dalam kode. 

Ini adalah perangkat lunak yang secara otomatis menjalankan perjanjian segera setelah kondisi yang ditentukan terpenuhi, menghilangkan keterlambatan dan biaya yang terlibat dalam menyelesaikan kesepakatan secara manual. 

Contoh sederhananya adalah, pengguna Ethereum dapat membuat kontrak pintar untuk mengirim sejumlah eter ke teman pada tanggal tertentu. Mereka akan menulis kode ini ke dalam blockchain, dan segera setelah kontrak selesai yaitu, tanggal yang disepakati tiba, eter akan secara otomatis dilepaskan ke pihak lain.

Baca juga: Sering Dikira Sama, Inilah Perbedaan Ethereum dan Ethereum Classic

Gagasan mendasar ini dapat diterapkan pada pengaturan yang jauh lebih kompleks, dan potensinya bisa dibilang tidak terbatas, dengan proyek-proyek yang sudah membuat kemajuan di bidang asuransi, properti, jasa keuangan, hukum dan crowdfunding.

Sederhananya, Ethereum wallet adalah tempat menyimpan aset kripto Ethereum (ETH) yang dapat diakses melalui beberapa platform atau aplikasi online.

Tak hanya untuk menyimpan koin ETH, dompet juga bisa dilakukan untuk mengirim dan menerima uang kripto ini dari orang lain. Dompet ETH ini bisa menunjukkan saldo, riwayat transaksi, dan mengirim atau memperdagangkan coin Ethereum pemiliknya.

Ethereum Wallet Terbaik

Ethereum Wallet Terbaik yang Bisa Dipilih

Lantas apa saja Ethereum Wallet terbaik di tahun ini? Melansir dari Lifepal, inilah rekomendasinya:

1. Ethereum Wallet Terbaik: Indodax

Wallet yang satu ini barangkali sudah cukup familiar bagi pemegang uang kripto di Tanah Air. Tak hanya untuk Ethereum saja, Indodax bisa menjadi wallet cryptocurrency lainnya. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk transaksi Ethereum dengan pengguna lainnya.

Indodax sekaligus menjadi exchange kripto terbesar di Indonesia, dengan pilihan uang digital lainnya seperti Bitcoin, Dogecoin, Ripple ataupim Cardano. Kalau kamu berminat menyimpan Ethereum di Indodax, kamu perlu mengunduh aplikasinya melalui Playstore atau Appstore. Proses pembukaan akunnya pun cukup mudah.

2. Ethereum Wallet Terbaik: eToro

eToro merupakan broker asing yang memiliki lisensi internasional sebagai wallet uang kripto. Platform eToro ini cukup populer di luar negeri, terutama Inggris. Broker ini menyediakan berbagai aset keuangan, salah satunya cryptocurrency.

Untuk memulai berinvestasi Ethereum di dalam eToro, dibutuhkan deposit awal sebesar US$200 atau sekitar Rp2,8 juta. Cukup mahal memang, tetapi jaminan keamanan yang ditawarkan eToro cukup tinggi.

3. Trust Wallet

Dompet digital yang satu ini terenkripsi untuk berbagai jenis mata uang berbasis komunitas dan terbuka (open source). Dengan begitu, developer blockchain bisa membuat dompet secara lokal tanpa rincian implementasi yang mendasarinya.

Trust Wallet pun tak hanya menyediakan fasilitas Ethereum Wallet saja, tetapi ia juga menyediakan fasilitas untuk berbagai jenis uang digital lainnya seperti Bitcoin, Litecoin, Ripple, TRX, Binance, atau Dogecoin.

Baca jugaTeknik Trading Kripto yang Menguntungkan, Inilah Langkahnya

Trust wallet juga menyediakan fasilitas wallet core, sebuah perpustakaan lintas platform yang menerapkan fungsi dompet terenkripsi tingkat rendah untuk banyak blockchain. Sebagian besar bahasa pemrograman yang dipakai adalah C++ dengan set antarmuka C yang diekspor secara ketat.

4. Pintu

Dompet yang satu ini juga buatan lokal, sama seperti Indodax. PT Pintu Kemana Saja menyediakan platform dompet untuk cryptocurrency yang resmi terdaftar di Bappebti. Dengan platform ini, investor bisa membeli, menyimpan, dan memperjualbelikan aset digital seperti Ethereum.

5. Ledger Nano

Beda dengan dompet lainnya yang berbasis aplikasi, Ledger Nano menawarkan fasilitas penyimpanan cryptocurrency dengan perangkat keras alias hardware. Ada dua opsi perangkat yang tersedia, yakni Ledger Nano S dan Ledger Nano X. Ledger Nano S adalah dompet perangkat keras atau cold wallet Ethereum dengan tingkat keamanan yang mumpuni. Untuk pemakaiannya, perangkat ini bisa dihubungkan dengan komputer melalui USB.

Sementara Ledger Nano X merupakan versi perangkat yang lebih canggih, dengan penambahan Bluetooth. Perangkat ini sekaligus menjadi yang pertama bisa terhubung dengan iOS.

Itulah rekomendasi ethereum wallet terbaik saat ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat ya.

Baca jugaWaktu Terbaik untuk Trading Kripto Agar Profit, Ternyata Begini Lho! 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE