34.6 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Facebook Membicarakan Crypto Mereka “GlobalCoin” dengan CFTC

duniafintech.com – Raksasa sosial media yang berbasis di Amerika Serikat, Facebook, dilaporkan telah mengadakan pembicaraan dengan Komisi Perdagangan Komoditas dan Berjangka AS (CFTC).

Menurut laporan tersebut, Ketua CFTC, Christopher Giancarlo, mengatakan bahwa pembicaraan dengan Facebook ini masihlah berada dalam tahap yang sangat awal.

Giancarlo menunjukkan bahwa tujuan dari pembicaraan ini adalah untuk memahami apakah stablecoin milik Facebook yang disebut ‘GlobalCoin’ memiliki potensi untuk masuk kedalam peraturan CFTC.

Dalam laporan tersebut, Giancarlo pun mengatakan:

“Kami sangat tertarik untuk memahaminya [GlobalCoin] dengan lebih baik. Kami hanya dapat bertindak berdasarkan aplikasi, kami tidak memiliki apa pun di meja kami.”

Baca

Menurut sajian berita Bitcoinist, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, juga telah melakukan pembicaraan dengan para pejabat di Departemen Keuangan AS, serta dengan Gubernur Bank of England (BoE), Mark Carney. Facebook juga telah berbicara dengan jaringan transfer uang yang ada seperti Western Union untuk upaya memungkinkan masyarakat tanpa rekening bank agar dapat mengirim uang lebih cepat dan aman.

Dorongan Facebook untuk melakukan percakapan dengan pihak berwenang adalah suatu indikasi yang jelas bahwa perusahaan akan berusaha untuk mencapai kepatuhan secara maksimum.

Hal tersebut juga lebih lanjut disorot oleh fakta bahwa Zuckerberg telah berbicara dengan si Kembar Winklevoss yang merupakan pemilik platform perdagangan cryptocurrency, Gemini.

Baca

Sementara kita belum melihat CFTC memberikan pandangan yang jelas tentang GlobalCoin, Giancarlo, yang disebut-sebut sebagai “Father of Crypto”, yang terkenal karena pendekatannya yang cukup positif terhadap industri crypto, pada tahun lalu mengatakan:

Saya menganjurkan pendekatan yang sama untuk cryptocurrency dan semua hal yang berkaitan dengan revolusi pasar, mata uang, dan kelas aset digital baru.

Selain itu, Giancarlo juga dengan jelas menyatakan bahwa “cryptocurrency ada di sini untuk tetap ada,” dan bahwa dua pertiga dari mata uang kertas “tidak sebanding dengan kertas yang tertulis di dalamnya.”

Terlepas dari apakah Globalcoin milik Facebook akan cocok dengan kewenangan regulasi CFTC dan otoritas lainnya atau tidak, dalam hal ini, masih ada kekhawatiran bahwa “perampasan” Facebook dalam cryptocurrency mungkin tidak membuahkan hasil!

Berdasarkan informasi yang baru-baru ini beredar, Facebook tengah berada sejuta mil jauhnya dari beberapa konsep utama di balik cryptocurrency, termasuk fakta bahwa mereka seharusnya merupakan teknologi Peer-to-Peer (P2P) yang aman secara matematis, mengganggu, yang bertindak sebagai bentuk keuangan yang terdesentralisasi.

Kekhawatiran tambahan berasal dari fakta bahwa basis pengguna Facebook sebenarnya adalah kelompok target yang salah ketika membahas ke masalah penggunaan cryptocurrency. Seperti yang  ditunjukkan oleh perusahaan Diar:

“Mendidik 25% populasi dunia tentang infrastruktur cryptocurrency saat ini tengah membutuhkan manajemen kunci privat dan pengingat yang tajam tentang kemungkinan kehilangan dana akhir juga tidak mungkin karena akan mengakibatkan kegagalan instan dalam proyek [GlobalCoin].”

Baca

picture: pixabay.com

-Syofri Ardiyanto-

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless, Inilah Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan keluarga cashless sejatinya adalah sebuah asuransi yang menyediakan layanan klaim secara non-tunai. Nah, jika kamu sedang mencari asuransi untuk keluarga...

Panduan Lengkap Cara Deposit Indodax lewat Berbagai Metode

JAKARTA, duniafintech.com - Cara deposit Indodax pada dasarnya akan bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam metode sesuai pilihan. Langkah ini merupakan langkah awal untuk para...

Geser Pasar Modal, Investor Kripto Indonesia Tembus 15 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Jumlah investor kripto di Indonesia terus meningkat. Bahkan jumlahnya cukup fantastis, melebihi investor pasar modal.  Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan...

Cara Top Up OVO lewat BRI, Dijamin Mudah dan Praktis!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat BRI atau Bank Rakyat Indonesia berikut ini penting diketahui oleh para pengguna layanan ini Seperti diketahui, perkembangan...

Berita Bitcoin Hari Ini: Harga BTC-ETH Melemah, Waktunya Beli? 

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini datang dari aset kripto jajaran teratas, di antaranya Bitcoin dan Ethereum yang tampak melemah.  Bitcoin (BTC) dan Ethereum...
LANGUAGE