33.1 C
Jakarta
Minggu, 24 Oktober, 2021

Facebook Siapkan Dana 12,5 Miliar Rupiah untuk UMKM Lokal Terdampak Covid-19

Duniafintech.com – Perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Facebook siapkan dana untuk UMKM lokal di Indonesia hingga Rp 12,5 miliar yang terpukul pandemi corona. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan dari perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini.

Syarat yang pertama merupakan perusahaan bisnis, Wajib memiliki 2 hingga 50 karyawan per 1 Januari 2020, Telah beroperasi selama lebih dari satu tahun, Mengalami kesulitan akibat dampak pandemi Covid-19, dan berlokasi di sekitar wilayah Jakarta.

Pieter Lydian, Country Director untuk Indonesia di Facebook mengatakan, “UMKM saat ini mengalami masa-masa yang sangat sulit. Banyak dari mereka yang berusaha beradaptasi dan memanfaatkan platform online. Facebook siapkan dana untuk UMKM lokal  ini atas dasar memenuhi tantangan yang dihadapi para pemilik UMKM dan ingin memberikan dukungan yang bermanfaat–termasuk dukungan finansial – untuk membantu mereka bangkit kembali, menata ulang strategi dan memulihkan kinerja usahanya.”

UMKM yang ingin mendapatkan bantuan dari Facebook bisa mendaftar mulai kemarin hingga 13 Oktober. Perusahaan pun bermitra dengan Deloitte Consulting dan Goodera untuk menyeleksi pendaftar. Perlu dicatat, pelaku UKM juga tidak diwajibkan untuk memiliki akun Facebook sebagai syarat pendaftaran.

Baca Juga:

Facebook siapkan dana untuk UMKM lokal hingga US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun untuk membantu 30 ribu UMKM di 30 negara lebih, termasuk Indonesia. Sebab, UMKM dinilai sangat terpukul pandemi virus corona. Sedangkan di Indonesia, UMKM menjadi tulang punggung perekonomian. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), 60% UMKM terpukul pandemi karena permintaan menurun di masa pagebluk ini.

Tak hanya itu, Facebook juga menyelenggarakan rangkaian webinar gratis untuk membantu para wirausaha membawa bisnis mereka ke ranah online dan beradaptasi dengan cepat.

Pemilik UKM dapat bergabung di Boost with Facebook, dimana mereka akan memperoleh saran dari para ahli dan sesama pemilik UKM, dan mengunjungi Business Resource Hub dari Facebook, yang berisikan tips, fitur, dan pelatihan online gratis untuk membantu UKM tetap terhubung dengan para pelanggan.

Pelaku UKM juga bisa mengakses Free Facebook Webinars dan mempelajari cara untuk membawa bisnis mereka ke ranah online dan beradaptasi dengan cepat.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Panduan Sukuk Terlengkap untuk Investasi Obligasi Syariah

Investasi obligasi belakangan ini kian diminati sehingga panduan sukuk terlengkap sangat penting untuk diketahui. Istilah sukuk yang menjadi lini investasi ini prospeknya dilirik oleh...

Bunga Bank: Hukum, Faktor yang Mempengaruhi, dan Jenisnya

Bunga bank atau bank interest adalah salah satu istilah perbankan terpopuler, yang meski seringkali didengar, tetapi masih banyak orang yang belum begitu dekat dengan...

Kenali 12 Prinsip Asuransi Syariah sesuai Syariat Islam

Sebagaimana diketahui, prinsip asuransi syariah harus sesuai dengan syariat Islam sebab jenis pertanggungan yang satu ini mendasarkan kriterianya sesuai dengan ajaran Islam. Saat ini,...

Keuntungan dan Cara Menjadikan Perusahaan Go Public

Perusahaan go public berarti perusahaan tersebut telah menawarkan sahamnya kepada masyarakat umum sesuai tata cara yang telah diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan...

Pinjaman AwanTunai, Layanan Cicilan Online tanpa Kartu Kredit

Awantunai adalah pinjaman online tanpa kartu kredit sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi cicilan tanpa kartu kredit dan...
LANGUAGE