25.3 C
Jakarta
Senin, 26 Oktober, 2020

Bentuk Grup Produk Baru, Facebook Siap Bersaing di Sektor Fintech

DuniaFintech.com – Facebook disebutkan telah meluncurkan grup produk baru untuk mempromosikan “pembayaran dan peluang perdagangan” dengan David Marcus, rekan pembuat Libra, yang bertanggung jawab atas divisi tersebut.

Raksasa jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini bertekad untuk tidak menerima jawaban “tidak” dalam hal fintech. Grup, yang disebut Facebook Financial atau “F2”, akan menjalankan proyek pembayarannya, termasuk Facebook Pay yang direncanakan, demikian dilaporkan oleh Bloomberg Senin lalu.

Divisi tersebut tampaknya menggabungkan petualangan Facebook sebelumnya di fintech di bawah satu payung, dengan Marcus yang disebut bertanggung jawab atas Novi, dompet untuk Libra yang sebelumnya dikenal sebagai Calibra, serta upaya baru-baru ini untuk melakukan pembayaran ke messenger WhatsApp.

Baca juga:

Komitmen Terhadap Lini Pembayaran Digital

Peluncuran divisi khusus menunjukkan bahwa perusahaan bermaksud untuk berkomitmen penuh pada industri pembayaran, melanjutkan upaya beberapa tahun untuk mengintegrasikan pembayaran ke dalam aplikasi Facebook. Sementara mantan CEO Upwork Stephane Kasriel akan menjadi wakil presiden pembayaran di bawah Marcus.

Mengomentari berita tersebut Marcus mengatakan:

“Kami memiliki banyak hal perdagangan yang terjadi di seluruh Facebook. Rasanya itu adalah hal yang benar untuk dilakukan untuk merasionalisasi strategi di tingkat perusahaan seputar semua hal pembayaran.”

Terlepas dari upaya untuk membuat mata uang berbasis blockchain, tujuan langsung divisi tersebut dilaporkan akan memperkenalkan pembayaran melalui WhatsApp di negara-negara berkembang seperti Brasil dan India.

Perusahaan menghadapi reaksi regulasi yang kuat di semua lini karena tuduhan perilaku monopoli menambah sejarah ketidakpercayaan regulator terhadap masuknya Facebook ke pembayaran.

Bahkan pembayaran non-crypto di WhatsApp ditangguhkan oleh regulator Brasil pada bulan Juli. Libra, di sisi lain, harus melepaskan banyak fitur awalnya untuk menyenangkan pihak berwenang.

(DuniaFintech/ Karin Hidayat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perubahan Paradigma Keamanan Siber, Ini Pandangan Microsoft

DuniaFintech.com – Bulan Oktober adalah bulan kesadaran keamanan siber (cybersecurity) di Amerika. Melihat kembali apa yang di alami Indonesia selama masa pandemi...

Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan dengan Modal Pas-Pasan

Duniafintech.com - Bisnis menguntungkan dengan modal pas-pasan bukan angan-angan karena nyatanya ide ini bisa menjadi kenyataan. Menjalankan usaha kini menjadi impian hampir...

Kunci Sukses Menjadi Wirausaha Sosial. Simak Poin Penting Berikut

DuniaFintech.com - Perkembangan wirausaha sosial atau yang lebih populer dengan istilah social enterprise, merupakan sebuah peluang baru yang mulai disadari oleh berbagai...

Amankah Mengajukan Pinjaman Online dengan Bunga Rendah? Perhatikan Hal Ini

Duniafintech.com - Memanfaatkan pinjaman online dengan bunga rendah untuk modal usaha tentunya tidak dilarang, selama kita mampu melaksanakan kewajiban membayar angsuran bulanan...

Kementerian Industri Sebut Cloud Computing Solusi UKM Saat Pandemi

DuniaFintech.com - Kementerian Industri menilai pentingnya adopsi cloud computing serta berbagai manfaat yang terdapat dalam Internet of Things (IoT) oleh para pelaku...
LANGUAGE