26.5 C
Jakarta
Sabtu, 19 Juni, 2021

Fintech Paling Laris di Indonesia Menurut OJK

DuniaFintech.com – Semakin digandrunginya tren fintech di masyarakat Indonesia membuat fintech menjadi kebutuhan yang sulit dipisahkan saat kita menjalani kegiatan sehari-hari. Pasti Anda pun bertanya-tanya, sebenarnya apa sih jenis fintech paling laris di Indonesia?

Seperti yang kita ketahui, di masa pandemi ini semua dituntut beralih ke digital untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19. Mengingat hal tersebut, fintech pun memiliki peluang besar untuk memberikan layanan yang dibutuhkan masyarakat. Tidak heran, begitu banyak masyarakat berbondong-bondong memilih fintech menjadi solusi permasalahan mereka.

OJK sebut jenis fintech paling laris di Indonesia dari pembayaran dan pinjaman online

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat perkembangan financial technology (fintech) sudah berkembang dengan pesat. Apalagi dalam penyaluran pinjaman.

Bisa dilihat berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada periode April 2020 saja, jumlah akumulasi penyaluran pembiayaan fintech lending menunjukkan pertumbuhan signifikan yaitu mencapai Rp106,06 triliun atau naik 186,54% secara tahunan/year-on-year. Sementara, total lender (pemberi pinjaman) telah mencapai 647.993 akun dan borrower (peminjam) mencapai 24.770.305 akun.

Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK Tris Yulianta mengatakan, dengan perkembangan teknologi pada inklusi keuangan memudahkan para pengusaha bisa mendapatkan pembiayaan atau pinjaman hanya dengan melalui internet. Adapun, penyaluran pinjaman ini akan sangat cepat dan bisa membantu pengusaha dalam mendapatkan dana atau modal yang praktis.

“Para pelaku usaha bisa memilih penggunaan lewat internet dalam melakukan pinjaman. Jadi praktis dengan adanya fintech bisa membantu usaha,” kata Tris.

Baca juga :

Di sisi lain, fintech pembayaran seperti GoPay dan OVO masih mencatatkan peningkatan transaksi hingga 70% secara tahunan (year on year/yoy) per Juni lalu. Sedangkan DANA mencatatkan pengguna dompet digital DANA, 98% di antaranya merupakan transaksi online dan fitur Bill Payment dan Kirim Uang yang masing-masing meningkat lebih dari 40% dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

Menurut Tris, pertumbuhan bisnis digital berbasis situs ataupun aplikasi di Indonesia terus meningkat. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan kemudahan proses integrasi layanan finansial dalam sistem bisnis perusahaan semakin diperlukan. Adapun fintech payment dan lending paling banyak diminati.

“Fenomena fintech itu muncul 2013 lalu tahun 2015 seiring inovasi juga banyak bermunculnya fintech payment dan fintech lending. Kedua jenis fintech itu paling banyak dipakai di Indonesia,” katanya.

Tris pun menegaskan bahwa OJK akan berkomitmen dalam mengawasi Fintech. Hal ini dikarenakan agar tidak merugikan pengguna fintech.

“OJK berkomitmen untuk mengawasi pembuatan fintech dan kegiatannya. Kita juga mendukung fintech membuat inovasi dibidang perizinan ataupun lending,” jelasnya.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia 2021

Buat kamu yang ingin mengetahui daftar payment gateway 2021 terbaik di Indonesia, kamu bisa cek di sini.  Payment Gateway adalah gerbang atau medium transaksi yang...

Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Payment gateway merupakan media pembayaran dari layanan marketplace yang dapat memberikan otorisasi pemrosesan kartu kredit atau pembayaran langsung ke pelanggan dalam transaksi bisnis online. Metode...

Ingin Cuan Gede dalam Investasi Kripto? Gunakan Strategi HODL!

Volatilitas merupakan kondisi saat harga pasar aset kripto mengalami pelonjakan atau bahkan menurun tajam dalam waktu yang terbilang singkat. Sebagai investor, cara paling ampuh...

Danabijak, Perusahaan P2P Lending di Indonesia yang Bisa Kamu Coba

Danabijak adalah platform technology financial peer-to-peer lending (P2P lending) yang dari perusahaan PT Digital Micro Indonesia. Layanan pinjaman online ini bisa kamu dapatkan tanpa agunan...

Cerdas Memilih Platform Crowdfunding

Platform Crowdfunding adalah salah satu pendanaan bisnis yang berasal dari beberapa pemilik modal. Modal yang terkumpul dari beberapa orang tersebut akan tersalur kepada pelaku...
LANGUAGE