35 C
Jakarta
Senin, 28 September, 2020

OJK: Fintech Pinjaman dan Pembayaran Paling Diminati

DuniaFintech.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengklaim bahwa jasa teknologi keuangan, atau fintech di klaster pinjaman dan pembayaran menjadi sektor paling banyak digunakan.

Hal ini disampaikan Tris Yulianta selaku Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan OJK. Ada pun catatan tersebut telah dibukukan dalam perkembangan industri fintech yang semakin berkembang pesat.

Selain itu, Tris mengatakan bahwa dukungan yang hadir dalam teknologi fintech mampu menciptakan inklusi keuangan. Alhasil pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mampu mendapatkan akses pembiayaan hanya dengan menggunakan jaringan internet.

Tris menilai, efisiensi dan kecepatan dalam fintech melakukan penyaluran dana mampu membantu pengusaha mikro untuk mendapatkan permodaln dengan sangat praktis.

“Para pelaku usaha bisa memilih penggunaan lewat internet dalam melakukan pinjaman. Jadi praktis dengan adanya fintech bisa membantu usaha,” 

Baca juga:

Fintech Pinjaman dan Pembayaran

Tris mengatakan, pertumbuhan bisnis digital dengan memanfaatkan situs dan aplikasi di Indonesia terus meningkat. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan kemudahan proses integrasi layanan keuangan dalam sistem bisnis perusahaan semakin diperlukan. Faktor ini ia klaim sebagai alasan fintech pinjaman dan pembayaran paling diminati.

“Fenomena fintech itu muncul tahun 2015 dan seiring tumbuhnya inovasi juga banyak bermunculnya fintech payment dan fintech lending. Kedua jenis fintech itu paling banyak dipakai di Indonesia,”

Tris mengatakan pihaknya akan terus menjadi regulator dan pengawas ekosistem fintech di kedpannya. Ia mengatakan, pihaknyaakan melakukan pencegahan agar tidak merugikan konsumen.

“OJK berkomitmen untuk mengawasi pembuatan fintech dan kegiatannya. Kita juga mendukung fintech membuat inovasi dibidang perizinan ataupun lending,”

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Seberapa Penting Pemanfaatan Teknologi di Bidang Asuransi? Simak!

DuniaFintech.com - Kemajuan dan digitalisasi melalui teknologi dinilai mampu mengubah sektor industri asuransi. Setidaknya hal itulah yang dikatakan oleh Presiden Direktur Mandiri...

Targetkan Milenial, MCAS Bersama Telkomsel Luncurkan DigiSaham Berbasis Whatsapp

Duniafintech.com - PT M Cash Integrasi Tbk, perusahaan distribusi digitalĀ  di Indonesia, MCAS mengumumkan peluncuran DigiSaham, platform informasi saham real-time berbasis WhatsApp...

Aplikasi TikTok Paling Banyak Diunduh Warga Indonesia Saat Pandemi

Duniafintech.com - Pada periode Agustus 2020, aplikasi selain non-game, TikTok paling banyak diunduh warga Indonesia. Data yang dirilis Sensor Tower menunjukkan jumlah...

Aplikasi Cicilan Tanpa Kartu Kredit ini Memudahkan Anda Dalam Bertransaksi Online, Ini Pilihannya

Duniafintech.com - Cicilan tanpa kartu kredit adalah salah satu produk Fintech yang popular saat ini. Hadirnya fintech dengan aplikasi kredit online yang...

Layanan Permodalan dan Pinjaman Online Untuk Petani? Simak Disini!

DuniaFintech.com - Layanan keuangan berbasis teknologi (fintech) di Indonesia telah beragam. Hingga kini, terdapat berbagai permodalan dan pinjaman untuk berbagai profesi seperti...
LANGUAGE