29.6 C
Jakarta
Kamis, 21 Oktober, 2021

OJK: Fintech Pinjaman dan Pembayaran Paling Diminati

DuniaFintech.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengklaim bahwa jasa teknologi keuangan, atau fintech di klaster pinjaman dan pembayaran menjadi sektor paling banyak digunakan.

Hal ini disampaikan Tris Yulianta selaku Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan OJK. Ada pun catatan tersebut telah dibukukan dalam perkembangan industri fintech yang semakin berkembang pesat.

Selain itu, Tris mengatakan bahwa dukungan yang hadir dalam teknologi fintech mampu menciptakan inklusi keuangan. Alhasil pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mampu mendapatkan akses pembiayaan hanya dengan menggunakan jaringan internet.

Tris menilai, efisiensi dan kecepatan dalam fintech melakukan penyaluran dana mampu membantu pengusaha mikro untuk mendapatkan permodaln dengan sangat praktis.

“Para pelaku usaha bisa memilih penggunaan lewat internet dalam melakukan pinjaman. Jadi praktis dengan adanya fintech bisa membantu usaha,” 

Baca juga:

Fintech Pinjaman dan Pembayaran

Tris mengatakan, pertumbuhan bisnis digital dengan memanfaatkan situs dan aplikasi di Indonesia terus meningkat. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan kemudahan proses integrasi layanan keuangan dalam sistem bisnis perusahaan semakin diperlukan. Faktor ini ia klaim sebagai alasan fintech pinjaman dan pembayaran paling diminati.

“Fenomena fintech itu muncul tahun 2015 dan seiring tumbuhnya inovasi juga banyak bermunculnya fintech payment dan fintech lending. Kedua jenis fintech itu paling banyak dipakai di Indonesia,”

Tris mengatakan pihaknya akan terus menjadi regulator dan pengawas ekosistem fintech di kedpannya. Ia mengatakan, pihaknyaakan melakukan pencegahan agar tidak merugikan konsumen.

“OJK berkomitmen untuk mengawasi pembuatan fintech dan kegiatannya. Kita juga mendukung fintech membuat inovasi dibidang perizinan ataupun lending,”

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Keuntungan dan Daftar Produk Asuransi Rawat Inap Terbaik di Indonesia

Produk asuransi kesehatan dengan manfaat asuransi rawat inap sangat berperan untuk membebaskan dari kekhawatiran dan kegelisahan terkait kondisi keuangan yang terganggu akibat tidak adanya...

Kasus Pinjaman Online: Contoh dan Cara Melaporkan

Belakangan ini marak terjadi kasus pinjaman online, mulai dari penipuan yang mengatasnamakan pinjaman online terpercaya, pinjaman online ilegal, kasus pinjaman online tidak dibayar, hingga...

Mengenal Perbedaan Visa dan MasterCard serta Jenis-jenisnya

Secara umum, perbedaan Visa dan MasterCard dapat ditinjau dari sejumlah sudut pandang. Misalnya saja dari sistem kerja dan jaringan transaksinya. Sebagaimana diketahui, kedua jenis...

Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Memilih

Mengetahui contoh polis asuransi menjadi salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk memahami istilah-istilah asuransi. Pasalnya, dengan memahami asuransi secara baik, Anda dapat...

Cara Pengajuan Kredit Multiguna dan Aset yang Bisa Dijaminkan

Produk kredit multiguna dapat dipertimbangkan sebagai solusi bagi mereka yang membutuhkan dana pinjaman besar ke bank. Pasalnya, produk kredit yang satu ini punya mekanisme...
LANGUAGE