24 C
Jakarta
Senin, 15 Agustus, 2022

Fitur Baru, Instagram Resmi Luncurkan NFT bagi Para Pengguna 

JAKARTA, duniafintech.com – Platform media sosial Instagram resmi meluncurkan fitur NFT atau non-fungible token bagi para penggunanya di Indonesia.

Peluncuran fitur berbagi koleksi aset digital seperti NFT di Indonesia tersebut dilaksanakan pada Jumat (5/8/2022). Fitur ini memfasilitasi para kreator mengunggah karya NFT secara langsung dari blockchain ke platform media sosial mereka. 

Baca juga: Dijamin Cepat! Inilah Cara-cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Pengikut (follower) konten kreator di Instagram bisa membeli NFT yang diunggah tersebut. Kemudian, mereka juga bisa menampilkan aset digital yang telah dibeli.

CNN melaporkan, NFT adalah aset digital yang menggambarkan objek asli seperti karya seni, musik, atau item yang terdapat pada video dan game dalam format JPEG, PNG, MP4, dan lainnya. Aset sejenis kripto ini tidak dapat digandakan atau diganti.

“Kami yakin teknologi ini memiliki potensi besar untuk memperluas akses, mengurangi biaya, memberdayakan, dan mengakselerasi inovasi bagi orang-orang dan kreator di seluruh dunia,” kata Pieter dalam keterangan pers, dikutip Sabtu. 

Piter mengatakan, fitur ‘pamer’ NFT di Instagram bertujuan membantu para kreator dan komunitas untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Mereka juga bisa memonetisasi koleksi digital seperti NFT.

“Ke depan, pengguna dapat menampilkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker augmented reality (AR) di Instagram Stories,” ujarnya. 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan menggunakan fitur NFT di Instagram, di antaranya:

1. Menghubungkan dompet digital

Baca juga: Mau Tahu Apa Saja Marketplace NFT Indonesia, Ini Daftarnya! 

Kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital. Kemudian mereka bisa membagikannya di Instagram.

Dompet digital yang kompatibel yakni Coinbase, Dapper, Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet. Dompet digital Phantom akan segera hadir.

2. Berbagi koleksi digital

Setelah kreator atau kolektor mengunggah NFT, koleksi ini akan menampilkan efek berkilau dan informasi publik, seperti deskripsi aset digital. Unggahan NFT itu juga akan terlihat di profil mereka.

3. Penandaan otomatis dari kreator dan kolektor

Kreator dan kolektor dapat secara otomatis dikaitkan di unggahan koleksi digital. Namun ini tergantung pada pengaturan privasi mereka. 

Blockchain yang didukung untuk fitur NFT di Instagram adalah Ethereum, Polygon, dan Flow. Blockchain Solana akan menyusul hadir.

Sultan Gustaf Al Ghozali alias Ghozali Everyday menilai, fitur tersebut akan mendorong lebih banyak orang membeli NFT. 

“Ini membuka akses lebih besar bagi kreator seperti saya untuk memperkenalkan dan mempromosikan kreasi digital yang kami buat,” katanya.

Dalam rangka peluncuran fitur NFT itu, Ghozali turut membuat aset digital edisi spesial Instagram. Ia akan mengunggahnya ke akun Instagram pribadinya tersebut. 

Baca juga: Keren! NFT Pertama Barcelona Terjual Rp 10 Miliar Lebih

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pasar Mulai Bangkit, Inilah Aset Kripto Terbaik untuk Trading! 

JAKARTA, duniafintech.com - Aset kripto terbaik untuk trading perlu menjadi perhatian bagi Anda. Sebab, aset kripto yang bagus tentunya akan menghasilkan cuan yang maksimal.  Saat...

Cara Beli Tiket Pesawat di Akulaku, Bisa Nyicil Bayarnya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara beli tiket pesawat di Akulaku ini sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang berencana untuk bepergian ke luar kota. Seperti diketahui,...

Cara Top Up OVO lewat ATM Mega, Banyak Keuntungannya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Mega tentu saja perlu kamu ketahui sebab ada banyak keuntungan yang ditawarkan oleh metode ini. Sebagai...

Ketahuilah! Meski Canggih, Tapi Inilah Dampak Negatif Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Meskipun teknologi Metaverse terbilang canggih, namun tetap ada dampak negatif Metaverse tersebut. Bagi para pengguna, mesti tetap memperhatikan dampak-dampak tersebut.  Sebelumnya telah...

Harga Pertalite Mau Jadi Rp10 Ribu, Bahlil: Masih Dihitung

JAKARTA, duniafintech.com – Wacana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite menjadi Rp10.000/liter kencang berembus belakangan ini. Hal itu pun menuai komentar Menteri Investasi/Kepala...
LANGUAGE