25 C
Jakarta
Sabtu, 21 Mei, 2022

Fitur Video Call Hangout Bakal Dihapus Google Tahun Ini, Ada Apa?

Duniafintech.com – Wacana mengenai aplikasi Hangout dihapus Google tahun ini akhirnya terjawab sudah. Google akhirnya memberikan keterangan resminya mengenai penutupan aplikasi untuk video call untuk pengguna. Dalam keterangannya, perusahaan yang bermarkas di Mountain View tersebut mengatakan bahwa pengguna Hangouts klasik akan migrasi ke Hangouts Chat dan Meet yang juga akan bisa diakses gratis.

Sumber informasi mengungkapkan bahwa konsumen yang tidak memiliki izin penggunaan dari Google, merupakan pengguna non bisnis pada 2020 mendatang. Hangout dihapus Google permanen sehingga tidak bisa lagi digunakan oleh pengguna biasa, namun bisa menggunakan aplikasi penggantinya yang kabarnya tengah dalam tahap pengembangan.

Hangouts akan diganti dengan aplikasi berbasis messagging lainnya yang kemungkinan akan berbasis RCS atau Rich Communication Services, sebuah layanan pesan standar untuk ekosistem Android. Aplikasi ini adalah pilihan baru bagi pengguna Android atau Google di 2020 mendatang, pasca penghapusan permanen layanan Hangouts oleh perusahaan internet raksasa ini.

Google meluncurkan Hangout Chat tahun lalu dan aplikasi ini digunakan untuk menyasar komunikasi dalam tim dalam perusahaan, aplikasi yang dibuat untuk menandingi Slack. Sementara Hangout Meet adalah platform pertemuan video.

Baca Juga:

Hangouts sendiri merupakan sebuah aplikasi perpesanan instan dari Google. Aplikasi ini bisa memungkinkan para penggunanya untuk memulai percakapan satu sama lain, grup, berbagi gambar dan video, panggilan suara, hingga panggilan video. Namun dalam versi terbaru Hangouts (v. 36.0.340725045), fitur video call ini tidak akan dimunculkan.

Meski Hangout dihapus Google, sebenarnya Google masih menyediakan fitur video call di Hangouts. Mereka hanya mengalihkan tautan video call menuju aplikasi Google Meet. Dengan itu, pengguna bisa melakukan obrolan video hingga 10 orang sekaligus.

Sebelumnya, Google Meet memiliki kapasitas 25 orang bagi mereka yang menggunakan layanan secara gratis. Namun, saat ini Google telah mengurangi kapasitas maksimum menjadi sepuluh orang saja. Sebagai gantinya, Google memberikan fitur live caption yang akan menampilkan transkrip obrolan dan fitur berbagi layar.

Kendati demikian, Google baru akan menghapus Google Hangouts pada 2021. Jadi, masih ada waktu bagi Anda yang masih mau memanfaatkan layanan itu saat ini.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Negara Paling Bangkrut di Dunia, Indonesia Termasuk? Cek ini Faktanya..

JAKARTA, duniafintech.com - Ini dia negara paling bangkrut di dunia. Ada beberapa negara yang bangkrut akibat utang dan mengalami krisis ekonomi yang menyengsarakan. Saat Indonesia...

Aturan Terbaru Mendag Lutfi Setelah Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk mencabut larangan ekspor minyak goreng dan bahan baku turunannya, dan selanjutnya untuk menindaklanjuti hal ini,...

Miskin Sawah Ekspor Beras 19 Ton Arab Saudi, Anies: Ini Bersejarah

JAKARTA, duniafintech.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin pelepasan ekspor 1 kontainer produk beras FS Yasamin ke Riyadh, Arab Saudi. Ekspor 19 ton...

Viral Penolakan UAS, Ternyata Singapura Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Hubungan baik Indonesia dengan Singapura nampaknya perlu dijaga. Bukan sekadar kerukunan bertetangga namun juga ketergantungan finansial Indonesia yang cukup besar terhadap...

Mengenal Asuransi Pertanian hingga Jenis dan Cara Kerjanya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi pertanian pada dasarnya menjadi solusi bagi para petani dalam rangka melindungi hasil pertanian dari risiko yang tidak terduga. Mengacu pada Peraturan...
LANGUAGE