26.2 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Forum Ekonomi Dunia Sebut Fintech Industri Paling Adaptif

DuniaFintech.com – Forum Ekonomi Dunia (WEF) mengklaim bahwa industri fintech menjadi yang tetap tumbuh secara global. Hal ini diungkapkan pada penelitian cepat atas pasar fintech di masa COVID-19 yang dilakukan Cambridge Centre for Alternative Finance (CCAF) dari University of Cambridge Judge Business School dan World Bank Group.

Hasil laporan menyebutkan, industri fintech global terus tumbuh di tengah pandemi. Sebanyak 60% perusahaan yang disurvei mengakui mengembangkan produk, layanan dan inovasi yang telah ada sebelumnya. Dapat disimpulkan, mayoritas perusahaan fintech mampu beradaptasi dengan kondisi terkini.

“Meskipun demikian, hasil tersebut harus diinterpretasikan dalam konteks ketidakseimbangan pada pertumbuhannya. Dan peluang industri harus disandingkan dengan tantangan yang dihadapinya,” 

Bryan Zhang, Co-Founder dan Executive Director CCAF mengamini kesimpulan penelitian Forum Ekonomi Dunia dan lainnya soal fintech di masa pandemi. Perlu diketahui, penelitian ini juga didukung oleh UK Foreign, FCDO dan Kementerian Keuangan Luksemburg yang diambil dari 1.385 perusahaan fintech di 169 negara.

Baca juga:

Kata Forum Ekonomi Dunia Soal Fintech

Permintaan menjadi indikator Forum Ekonomi Dunia dan kawan-kawan dalam menilai kemampuan penyelenggara fintech di masa pandemi. Selain itu, kemampuan para penyelenggara dalam melakukan inovasi layanan dan produk menjadi faktor yang digolongkan dalam pertumbuhan.

“Dua per tiga dari perusahaan melaporkan telah membuat dua atau lebih perubahan pada produk atau layanan sebagai respons mereka terhadap COVID-19. Sementara 30% lainnya melaporkan sedang melakukan proses yang sama,”

Meski pertumbuhan dinilai positif, situasi pandemi COVID-19 masih menghadirkan resiko dan tantangan. Hal ini mencakup operasional dan pendanaan kepada perusahaan fintech.

Sebanyak 40% penyelenggara menunjukkan bahwa mereka telah memulai dan menjalankan proses untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan. Selain itu, mereka juga tengah melakukan pencegahan fraud sebagai tanggapan atas kondisi bisnis selama pandemi.

DuniaFinteh/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Alasan Token ASIX tak Lolos Izin, Bappebti Beberkan Hal Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Token ASIX milik pesohor tanah air, Anang Hermansyah tak lolos izin dari Badan Pengawas Bursa Berjangka Komoditi (Bappebti). Hal ini lantas...

Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Platform untuk Mining Ethereum

JAKARTA, duniafintech.com - Platform untuk mining Ethereum (ETH) penting diketahui, guna mendukung proses mining atau penambangan tersebut. Selain trading, cara mudah untuk mendapatkan kripto jenis...

Penambahan Modal BUMN, Erick: Jangan Dibilang Utang Lagi 

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal sejumlah BUMN  seperti PT Bank Tabungan...

Cara Top Up OVO lewat ATM Permata hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Permata dan beberapa metode lainnya berikut ini perlu disimak oleh pengguna layanan ini. Kalau kamu sering...

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA dengan 6 Metode Termudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek tagihan kartu kredit BCA dengan beberapa metode termudah berikut ini tentunya penting untuk diketahui. Di samping kartu debit, Bank BCA...
LANGUAGE