33.4 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Game Populer Ini Diblokir Kominfo, Termasuk Steam dan Epic Games

JAKARTA, duniafintech.com – Beberapa game populer yang bisa diakses di Indonesia kini diblokir Kominfo. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo memblokir platform distribusi game Steam, Epic Games, dan Origin pada Sabtu (30/7/2022) kemarin. 

Pemblokiran tersebut dilakukan karena ketiganya belum melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkungan Privat di Indonesia. Pemblokiran ini mengakibatkan gamers di Tanah Air tidak bisa mengakses situs serta platform aplikasi Steam, Epic Games, dan Origin.

Baca juga: Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Metaverse, Mulai dari Main Game hingga Bekerja

Sanksi tersebut juga menyebabkan gamer tidak dapat menemukan informasi, mengunduh, serta melakukan pembelian game baru lewat URL epicgames.com (Epic Games) dan steampowered.com (Steam), termasuk via aplikasi keduanya.

Gamer di Indonesia memang masih dapat mengakses sejumlah game di Steam, Epic Games dan Origin, meski terbatas hanya pada game offline saja. Beda cerita saat gamer mencoba memainkan game yang harus online seperti Among Us, The Sims 4, dan Apex Legends.

Baca juga: Cara Beli Tanah di Metaverse Gampang Kok, Begini Tutorialnya

Melansir kompas.com, selain deretan game di atas, masih terdapat sejumlah daftar game populer di Steam, Epic Games dan Origin yang tidak bisa dimainkan lantaran diblokir oleh pemerintah. 

Berikut ini adalah game populer yang tidak bisa diakses akibat Steam, Epic Games Store, dan Origin yang diblokir:

1. Among Us

2. Fortnite

3. Fall Guys

4. Dead by Daylight

5. Rust

6. FIFA 22

7. Phasmophobia

8. Red Dead Redemption 2

9. Monster Hunter Rise

10. Black Desert Online

11. Grand Theft Auto V (GTA V)

12. Apex Legends

13. The Sims 4

14. Dota 2

15. Counter Strike

16. PUBG Battlegrounds

Steam sedang Daftar PSE, Epic Games tidak ada kabar

Satu hari pasca-pemblokiran Kominfo tersebut, platform Steam dan game populer Dota serta Counter Strike dipastikan tengah mendaftar PSE Lingkup Privat di Indonesia.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan mengatakan bahwa pihaknya tengah berkomunikasi dengan Steam terkait proses pendaftaran tersebut.

“Kami sudah berhasil mengontak Steam, Dota dan Counter Strike, ada korespondensi. Mereka mengatakan sedang memproses (pendaftaran PSE). Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan melengkapi dan dalam waktu dekat masyarakat bisa menggunakan kembali,” kata Semuel, dikutip dari kompas.com, Senin (1/8/2022).

Kabar ini tentu memberikan harapan bagi gamer di Indonesia. Sebab, setelah proses pendaftaran tersebut rampung, maka Kominfo akan mencabut pemblokiran terhadap Steam, Dota, dan Counter Strike.

Meski demikian, belum diketahui secara pasti kapan Steam, Dota, dan Counter Strike bisa kembali diakses. Menurut keterangan yang disampaikan Semuel, blokir tersebut bakal dicabut jika proses pendaftaran telah selesai dilakukan.

“Kami berkomunikasi lewat e-mail. Jadi mohon maaf kepada teman-teman yang main game, sementara waktu ini masih ada kendala. Tapi mereka sedang melengkapi dan berkomitmen untuk mendaftar,” jelas Semuel.

Kominfo sendiri telah melayangkan surat teguran kepada Steam, Dota, serta Counter Strike pada Sabtu 23 Juli lalu, agar mereka mau segera mendaftarkan diri. Menurut Semuel, surat teguran berlaku selama lima hari kerja kerja setelah surat dikirim. Sehingga perhitungan hari tersebut dimulai pada Senin 25 Juli sampai Jumat 29 Juli 2022.

Kominfo juga mengirimkan surat teguran tersebut kepada Epic Games dan Origin.

Baca jugaCara Main Indodax buat Pemula, Begini Panduan Lengkapnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Bayar Shopee PayLater lewat ShopeePay & Metode Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Shopee PayLater lewat ShopeePay dan metode lainnya penting diketahui oleh kamu sebagai pengguna layanan ini. Seperti diketahui, tren belanja online...

Cara Atasi Lupa PIN ATM BCA dengan Gampang & Anti Ribet

JAKARTA, duniafintech.com – Cara atasi lupa PIN ATM BCA tentu saja sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank BCA yang mengalaminya. Adapun lupa nomor...

Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless, Inilah Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan keluarga cashless sejatinya adalah sebuah asuransi yang menyediakan layanan klaim secara non-tunai. Nah, jika kamu sedang mencari asuransi untuk keluarga...

Panduan Lengkap Cara Deposit Indodax lewat Berbagai Metode

JAKARTA, duniafintech.com - Cara deposit Indodax pada dasarnya akan bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam metode sesuai pilihan. Langkah ini merupakan langkah awal untuk para...

Geser Pasar Modal, Investor Kripto Indonesia Tembus 15 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Jumlah investor kripto di Indonesia terus meningkat. Bahkan jumlahnya cukup fantastis, melebihi investor pasar modal.  Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan...
LANGUAGE