28.2 C
Jakarta
Jumat, 9 Desember, 2022

Gojek dan Grab Berebut Fintech Demi Perluas Pasar di Tanah Air

DuniaFintech.com – Dua raksasa penyelenggara transportasi daring, Gojek dan Grab semakin memperluas pasarnya dengan menggandeng fitur fintech dalam layanannya. Hal ini disampakan oleh Head of Research & Institutional Business PT Trimegah Securities, Sebastian Tobing.

Menurut Sebastian, kedua startup tersebut telah memperluas arah layanannya ke sektor keuangan. Ia juga menyinggung soal layanan pembiayaan dan pinjaman yang dimiliki fintech dalam fitur Gojek dan Grab.

“Industri finansial memiliki prospek yang besar. Gojek dan Grab memiliki data yang akurat, sehingga restoran dengan pemasukan yang baik dapat menjadi target keduanya,”

Sebastian meyakini akurasi data Gojek dan Grab pada layanan mitra pengusaha dapat menjadi sasaran fintech pembiayaan dan pinjaman dari berskala mikro. Hal ini merujuk pada potensi gagal bayar yang cukup rendah (NPL) dari database merchant yang terdapat oleh kedua unicorn tersebut.

Aroma persaingan Gojek dan Grab di sektor fintech tercium jelas. Keduanya memulai layanan keuangan dengan mengadopsi klaste fintech untuk sistem pembayaran (payment gateway), yakni GoPay dan OVO pada beberapa tahun terakhir.

Baca juga:

Gojek dan Grab Berebut Fintech

Selain di sektor sistem pembayaran, kedua startup tersebut kini merambah fintech untuk pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Gojek baru-baru ini membuka layanan GoToko sebagai penyedia dan pendampingan pemilik toko kelontong dalam mengembangkan bisnisnya. Melalui aplikasi GoToko, pemilik warung dapat memesan produk konsumsi kemasan yang hendak dijual.

CEO sekaligus Direktur Utama GoToko Gurnoor Singh Dhillon mengklaim pihaknya menjadi pelengkap ekosistem yang ada di Gojek. Pengiriman, rantai pasok serta pengelolaan inventaris melalui layanan ini dapat terpenuhi dalam satu aplikasi.

Layanan GoToko diperkuat dengan berbagai teknologi pendukung keuangan yang sudah bergabung dalam ekosistem Gojek. Ada pun mereka merupakan nama besar, seperti MOKA POS, Midtrans dan GoPay.

Grab pun juga tidak ketinggalan dalam mengaopsi berbagai pemain fintech. Startup Singapura ini telah menggandeng Kudo yang kini telah bernama GrabKios. Dalam layanannya, terdapat pendampingan rencana keuangan untuk umrah, asuransi, menabung emas hingga kirim uang.

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tips Hadapi Resesi Ekonomi Global Bagi Para Pelaku Usaha ala Rey Insurtech

JAKARTA, duniafintech.com - Resesi ekonomi global diperkirakan akan memengaruhi banyak sektor dan kinerja bisnis sehingga pelaku usaha perlu tips hadapi. Salah satu tips hadapi resesi...

Tips Cek Kesehatan Kendaraan Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

JAKARTA, duniafintech.com - Tips cek kesehatan kendaraan menjadi salah satu hal penting dipelajari mengingat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sudah di depan...

Perusahaan PHK Karyawan Kembali Terjadi, Kali Ini PepsiCo

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan PHK karyawan hingga saat ini masih saja terjadi di dunia ketenagakerjaan, termasuk perusahaan startup. Hal itu berlangsung di tengah ketidakpastian ekonomi...

Tips Investasi Untuk Persiapan Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com - Saham merupakan instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup tinggi jika dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, sebagai investor, kita harus cukup cerdas...

Dollar ke Rupiah Hari Ini Terlengkap, Cek sebelum Tukar Valas

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke Rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.637 di perdagangan pasar spot Rabu (7/12). Diketahui, rupiah melemah 0,05%...
LANGUAGE