27.1 C
Jakarta
Rabu, 28 September, 2022

GUNAKAN E-MONEY DENGAN CERDAS!

duniafintech.com – Perkembangan teknologi semakin meningkat sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa derasnya arus tranformasi digital saat ini telah berdampak pada tingginya perubahan di berbagai sektor, termasuk dalam hal transaksi finansial.

Mengikuti perkembangan teknologi, produk perbankan seperti uang tunai pun turut bertransformasi menjadi e-Wallet, e-Cash, dan uang elektronik (e-Money) serta beragam bentuk uang digital lainnya.

Baca juga : duniafintech.com/salim-group-bersiap-masuk-kancah-pembayaran-digital/

E-money tentunya harus digunakan secara cerdas agar terhindar dari kejahatan penipuan online. Walaupun menawarkan banyak keuntungan, tetap harus digunakan dengan bijak agar tetap terkontrol, aman, dan terhindar dari berbagai modus penipuan.

Baca juga : duniafintech.com/awal-2018-bank-indonesia-umumkan-e-money-baru/

Dilansir dari liputan6.com, berikut tips memanfaatkan e-Money secara cerdas dari Mandiri e-Cash:

Perlakukan Layaknya Uang Tunai

Sama seperti uang tunai, penggunaan e-Money harus difokuskan pada pengeluaran sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Caranya, Anda bisa menggunakan aplikasi yang dapat membantu memantau dan mengatur pengeluaran.

Pahami Fitur dan Mekanisme e-Money

Seperti yang kita ketahui, bahwa tidak sedikit orang yang memanfaatkan e-Money untuk melakukan berbagai penipuan online. Agar terhindar dari modus penipuan, Anda harus memahami berbagai perkembangan, fitur, dan mekanisme yang terdapat di dalam layanan e-Money.

Ingat, kegiatan perbankan merupakan hal yang sangat rahasia. Oleh karena itu, Anda tidak membutuhkan panduan atau pun arahan orang lain soal cara mengambil uang, melakukan transfer atau top-up (pengisian saldo) e-Money di ATM.

Hindari hal seperti ini, apalagi jika Anda harus dipandu oleh orang lain yang tidak dikenal melalui telepon.

Baca juga : duniafintech.com/ekosistem-fintech-e-money-tahun-2018/

Jangan Mudah Tergoda

Salah satu penyebab tingginya tingkat kejahatan di bidang perbankan adalah korban yang terlalu mudah diiming-imingi sejumlah uang, hadiah atau promo palsu dari pelaku kejahatan.

Padahal, produk e-Money sering menghadirkan promo dan tawaran menarik yang terjamin kebenarannya. Kesimpulannya adalah jangan mudah tergoda dengan promo menggiurkan yang tak resmi.

Baca juga: duniafintech.com/kompetisi-artikel-how-technology-changes-your-life/

Written by : Dinda Luvita

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Indodax Trading Fest Oktober 2022 Berhadiah Ratusan Juta, Komitmen Indodax Demi Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com – Indodax, platform kripto terbesar di Indonesia dengan 5,5 juta member terdaftar kembali menggelar Indodax trading fest Oktober 2022 secara rutin.  Pelaksanaan lomba atau...

Sri Mulyani Ungkap Potensi Ekonomi Digital Indonesia Tertinggi se-Asia Tenggara

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan ekonomi digital di Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa, tertinggi se-Asia Tenggara. Hal itu tercermin sejak...

Erick Keluhkan Generasi Saat Ini Tidak Mau Jadi Petani

JAKARTA, duniafintehch.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai generasi muda saat ini enggan menjadi Petani lantaran tidak memiliki jaminan masa...

Pertamina Bantah Tudingan Produk Pertalite Bikin Boros

JAKARTA, duniafintech.com - Pertamina buka suara terkait beberapa hari ini viral mengenai keluh kesah konsumen pengendara yang menggunakan Bahan Bakar Minyak jenis Pertalite. Para...

Cara Cicil iPhone di iBox, Bisa Pakai Shopee Juga Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cicil iPhone di iBox dengan kartu kredit hingga Shopee berikut ini penting banget lho untuk diketahui. Pasalnya, hingga detik ini, iPhone...
LANGUAGE