Hidup Sejahtera di Hari Tua, Milenial Wajib Miliki Skill Finansial Ini

0
421
Hidup Sejahtera di Hari Tua
Ilustrasi

Duniafintech.com – Hidup sejahtera di hari tua merupakan impian semua orang. Salah satu untuk mencapai tujuan ini adalah dengan mempunyai skill finansial yang mumpuni. Mungkin mempunyai skill finansial terdengar sulit untuk milenial, padahal semua orang bisa mengelola keuangannya sendiri tanpa harus susah susah mempelajarinya.  

Skill finansial yang baik akan berguna bagi kondisi keuangan di masa depan. Hal ini juga turut memudahkan Anda untuk menabung dan berinvestasi. Jika Anda merasa belum cukup baik untuk mengelola keuangan, berikut skill keuangan yang harus dimiliki agar hidup sejahtera di hari tua.

Mencatat Setiap Pengeluaran

Mencatat setiap pengeluaran seringkali disepelekan oleh milenial karna dianggap tidak penting. Namun skill ini adalah modal yang baik untuk mencapai hidup sejahtera di hari tua. Mencatat setiap pengeluaran membuat pengeluaran Anda terkontrol setiap bulannya. Nantinya, catatan ini akan menjadi evaluasi apakah Anda sudah bijak dalam mengeluarkan uang atau belum?

Baca Juga:

Cermat Memilih Bank

Ketika telah mendapatkan penghasilan sendiri, Anda tidak akan terlepas dari yang namanya Bank. Lembaga keuangan ini akan memudahkan dalam setiap transaksi yang dilakukan. Dari sekedar untuk menabung, atau bahkan membayar segala tagihan. Kemudahan transaksi yang diberikan, membuat Bank mengambil banyak keuntungan. Suku bunga yang relative tinggi, serta biaya administrasi yang dibebankan juga tinggi membuat kita harus cermat dalam memilih Bank.

Utamakan Kualitas dalam Berbelanja

Harga bukanlah menjadi penentu suatu barang berkualitas. Namun, membeli barang murak dengan kualitas burukpun akan membuat kondisi keunagan menjadi boros. Hal ini karena tingkat ketahanan barang akan bersifat sementara. Pilihlah barang yang berkualitas, setidaknya akan bertahan 3-5 tahun.

Investasi Sekarang Juga

Skill finansial agar dapat hidup sejahtera di hari tua adalah dengan berinvestasi. Tidak ada kata “nanti” untuk berinvestasi. Mulailah dari sekarang juga, semakin tua usia, maka semakin banyak pula kebutuhan yang dikeluarkan. Mendapatkan keuntungan dari investasi tidak secepat Anda menjual barang. Investasi yang menguntungkan dipengaruhi oleh seberapa lama Anda berinvestasi. Untuk itu jangan ragu berinvestasi.

Itulah beberapa skill finansial agar kaya raya di hari tua. Sabar dan konsisten adalah kunci dari mengelola keuangan. Selamat mencoba.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here