27 C
Jakarta
Jumat, 30 Oktober, 2020

Investasi yang Cocok untuk Karyawan Kontrak, Memang Ada? Ini Jawabannya

DuniaFintech.com – Berprofesi sebagai karyawan outsource dengan gaji setara UMP DKI bukan berarti tidak bisa berinvestasi. Anda tetap bisa memiliki investasi menguntungkan agar merdeka finansial di masa depan. Banyak jenis pilihan investasi yang cocok untuk karyawan kontrak mulai dari tabungan, deposito, reksadana (paling tidak ada 4 jenis), hingga obligasi dan saham. Semuanya memiliki risiko masing-masing, bahkan tabungan sekalipun.

Investasi merupakan cara yang paling tepat untuk mengelola keuangan Anda serta menjamin karir di masa depan. Anda bisa memulai berinvestasi dengan memilih investasi jangka pendek. Menurut Ligwina Hananto, status kontrak bukanlah alasan untuk tidak berinvestasi. Biasanya, mulailah berinvestasi dengan minimal 10% dari penghasilannya. Ingin tahu jenis investasi yang cocok untuk karyawan kontrak apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Reksadana pasar uang dan pendapatan tetap

Untuk kategori investasi dengan risiko rendah, dua investasi ini mungkin jadi pilihan yang tepat buat para buruh. Aset investasi utama yang ada di reksadana pasar uang adalah deposito dan surat berharga yang jatuh temponya di bawah setahun. Setoran awal buat investasi reksadana pasar uang bisa dimulai dari Rp 100 ribu aja. Dana investasi juga bisa dicairkan kapan aja, tanpa adanya biaya penalti.

Meski begitu, jangan terlalu berharap returns atau imbal hasil yang luar biasa besar. Terkadang, jumlah returns yang bisa Anda dapatkan perbulan dari reksadana pasar uang adalah 0,5 persen dan setahun kurang lebih 2 persenan. Lain halnya dengan pendapatan tetap yang sebulannya bisa 0,8 persen, dan setahunnya bisa 4 persen. Aset investasi yang ada di reksadana pendapatan tetap adalah obligasi atau surat utang perusahaan maupun pemerintah.

Baca Juga:

P2P Lending

Saat ini produk investasi yang cocok untuk karyawan kontrak dan menguntungkan adalah P2P Lending. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui platform. Anda bisa meminjam modal dengan mudah dan cepat tanpa harus bertemu langsung. P2P Lending sudah mempunyai izin dari OJK sehingga aman digunakan untuk mengelola gaji Anda di masa depan.

Ada banyak platform yang menyediakan investasi P2P Lending. Setiap platform mempunyai ketentuan yang berbeda, termasuk produk dan jenisnya. Namun, tetap mempunyai konsep yang mudah dipahami oleh semua orang. Anda juga bisa mengambil uang tersebut sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Deposito

Investasi deposito sangat cocok untuk karyawan kontrak. Karena investasi ini mempunyai nilai tinggi serta aman. Sebelum investasi dilakukan, ada kesepakatan antara pihak investor dengan bank mengenai waktu pengambilan. Sehingga Kamu harus mematuhi kesepakatan tersebut.

Semua orang pasti ingin menikmati masa tua dengan bahagia tanpa harus berpangku tangan pada orang lain. Oleh karena itu, mulailah berinvestasi dari sekarang. Karena banyak produk investasi yang dapat Kamu pilih walaupun gaji yang Kamu terima relatif kecil.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Siapkan Penjualan Digital, BMW Kolaborasi dengan Alibaba

DuniaFintech.com - Produsen kendaraan bermotor asal Jerman, BMW menjalin kerja sama dengan layanan niaga berbasis elektronik (e-commerce) Alibaba. Jochen Goller, Presiden dan...

Toyota Systems Lakukan Eksplorasi Blockchain dan Aset Kripto

DuniaFintech.com – Toyota Systems lakukan eksplorasi blockchain dan aset kripto? Anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Toyota Motors ini dikabarkan sedang bereksperimen dengan...

Menyoroti Kegiatan Asosiasi Blockchain Indonesia Per Oktober 2020

DuniaFintech.com - Perkembangan blockchain dan aset kripto di Indonesia tentunya bisa Anda ketahui dari berbagai informasi di dunia maya. Selain itu, Anda...

Suku Bunga Deposito Turun, Apakah Deposito Masih Menarik?

DuniaFintech.com - Suku bunga deposito turun, apakah deposito masih menarik? Penurunan suku bunga deposito tentu mempengaruhi imbal hasil deposito di berbagai bank,...

Cara Mendapat Relaksasi Kredit dari FIF Group, Perhatikan Syarat Ini

Duniafintech.com - Anak usaha PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan konsumen, PT Federal International Finance (FIF group) telah merelaksasi...
LANGUAGE