24 C
Jakarta
Rabu, 23 September, 2020

Cara Efektif Atasi Penagih Pinjaman Online Ilegal agar Tak Salah Langkah

DuniaFintech.com – Tak ada jaminan untuk perusahaan fintech pinjaman online ilegal alias abal-abal dengan segala bentuk operasional usahanya, termasuk cara menagih utang itu sesuai standar dan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena keberadaannya pun tak diakui pihak otoritas, artinya semua kegiatan usaha perusahaan pinjol ilegal ini tidak diawasi. Tak heran bila sering terjadi perlakuan semena-mena pada nasabah yang pinjam uang tunai dari aplikasi tinggal klik dan unduh di smartphone ini.

Selain akses yang lebih mudah karena bisa dijangkau melalui gadget, pinjaman online melalui aplikasi fintech juga banyak diminati karena syarat yang mudah. Cukup bermodal foto diri dan kartu identitas, seseorang sudah bisa mendapatkan pinjaman tanpa agunan. Namun, di balik kemudahan tersebut, banyak oknum pinjaman online ilegal yang memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih keuntungan tanpa prosedur yang jelas.

Perlakuan para penagih pinjaman online ilegal memang semakin hari kian meresahkan masyarakat. Bagiamana tidak, dari mulai persekusi hingga tindak kekerasan fisik semua bisa mereka lakukan ketika menagih utang. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, menurut seorang anggta kepolisian melalui akun twitter @TMCPoldaMetro membagikan cara efektif mengatasi para penagih pinjaman tersebut.

1. Tanyakan Identitas Lengkap Penagih

Cara menghadapi penagih pinjaman online yang pertama yakni dengan meminta identitas lengkap pihak penagih utang. Meski bukan polisi dan bukan aparat, namun Anda bisa meminta ditunjukkan KTP, STNK, kartu anggota resmi atau kartu identitas lainnya yang sah. Hal ini diperlukan untuk mengecek keaslian debt collector tersebut dan agar semuanya sesuai prosedur yang berlaku.

Baca Juga:

2. Tanyakan Kartu Sertifikasi Profesi dari APPI

Cara berikutnya ini tak hanya berguna untuk menghadapi penagih pinjaman online ilegal, tetapi juga untuk menghadapi debt collector kendaraan kredit. Jika Anda dihentikan di jalan oleh debt collector secara tiba-tiba, langsung tanyakan saja kartu sertifikasi profesi milik mereka dari APPI.

Setiap penagih utang resmi dan legal pasti memeliki kartu sertifikasi profesi dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Selain itu, mereka pun seharusnya dibekali dengan surat izin menagih sebagai legalisasi tindakan mereka tersebut. Jika mereka tak dapat menunjukkan kartu sertifikasi profesi dari APPI ini, Anda berhak menolak penarikan kendaraan yang dilakukan.

3. Surat Kuasa

Kemudian, tak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah mengenai kepemilikan surat kuasa atas kendaraan dan penagihan utang. Masing-masing penagih resmi biasanya dibekali juga dengan surat kuasa dari perusahaan finance tersebut. Surat kuasa ini bentuknya bisa berbeda-beda, namun yang pasti, isinya mencakup seluruh identitas penting yang diperlukan.

4. Sertifikasi Jaminan Fidusia

Cara terakhir untuk menghadapi penagih pinjaman online adalah dengan meminta salinan sertifikat jaminan fidusia. Salinan ini wajib dimiliki oleh setiap penagih dan jika tidak memilikinya, Anda berhak menolak.

5. Bicara Baik-baik atau Laporkan

Cara terakhir untuk menghadapi penagih pinjaman online dengan mengajak bicara baik-baik. Ini sangat penting terutama bila penagih tak mampu menunjukkan satu atau semua surat yang dibutuhkan di atas. Namun, jika mereka masih bertindak dengan semena-mena apalagi menggunakan kekerasan, langsung saja laporkan kepada pihak kepolisian.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar 250 Startup Fintech Menjanjikan 2020, Ternyata Ada P2P Lending dari Indonesia Juga!

DuniaFintech.com - Perusahaan mana saja yang masuk daftar 250 Startup Fintech Menjanjikan 2020? Ternyata salah satunya adalah PT Amartha Mikro Fintek (Amartha)....

Tentang Aplikasi GoIns, Aplikasi Viral Penghasil Uang di Kalangan Milenial

Duniafintech.com - Ada berbagai cara mudah untuk menghasilkan uang, misalnya dengan aplikasi penghasil uang. Cukup dengan menggunakan smartphone, Anda bisa dengan mudah...

Startup Ini Diprediksi Jadi Unicorn di Indonesia. Ternyata dari P2P Lending Loh!

DuniaFintech.com – Startup ini diprediksi jadi unicorn? Pasti penasaran kan perusahaan mana yang diprediksi menyandang gelar tersebut? Jawabannya adalah PT Lunaria Annua...

Layanan Syariah LinkAja Berikan Pelatihan Usaha Kecil dan Menengah

DuniaFintech.com - Layanan syariah LinkAja melakukan program pelatihan untuk 1000 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam ketahanan menghadapi pandemi COVID-19. Hal tersebut...

Produk FWD Life Kini Bisa Anda Temukan di Lifepal

DuniaFintech.com - PT FWD Life Indonesia (“FWD Life”), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, secara resmi berkolaborasi dengan lifepal.co.id, marketplace digital...
LANGUAGE