29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Istilah Keuangan yang Kerap Dijumpai dalam Bisnis Startup Teknologi

DuniaFintech.com – Usaha rintisan atau kerap disebut startup berbasis teknologi mulai mendapatkan tren dalam beberapa tahun terakhir. Selain karena meluasnya perkembangan teknologi serta pemanfaatannya, hantaman pandemi COVID-19 di seluruh dunia membuat beberapa usaha rintisan berkembang atau bahkan meredup.

Selain menjadi sebuah tren, startup teknologi memiliki hal menarik seperti yang menjadi tantangan setiap pendirinya, yakni soal pendanaan dan berbagai bentuk investasi. Seperti diketahui, berbagai usaha rintisan yang telah meningkatkan bisnisnya kelak mendapatkan pendanaan dari berbagai pendana yang memiliki minat.

Akan tetapi, publik hanya mendengar berbagai pendanaan dalam bisnis startup teknologi. Sementara, ada beberapa hal lain yang juga perlu diketahui, salah satunya tahap lebih lanjut dalam pengelolaan pendanaan hingga performa dari bisnis rintisan tersebut. Apa saja istilah finansial yang juga penting dalam bisnis startup teknologi? simak ulasan berikut.

GMV dan GTV

Pendapatan (Revenue) adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan jumlah uang yang diterima oleh perusahaan. Jumlah ini adalah jumlah kotor, atau sering dikenal sebagai omzet penjualan. Perlu diketahui, platform yang digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan pendapatan tidak termasuk dalam kategori Revenue, meski dana tersebut berasal dari layanan milik perusahaan.

Istilah Gross Merchandise Value (GMV) atau Gross Transaction Value (GTV) pada dasarnya adalah kumpulan uang yang dikeluarkan oleh pengguna dalam waktu-waktu tertentu. Salah satu contohnya adalah bisnis yang dijalankan oleh Airbnb. GMV yang didapatkan oleh Airbnb berasal dari harga booking pengguna layanan, sementara revenue yang dihasilkan berasal dari komisi di setiap transaksi.

Baca juga:

Istilah Keuangan di Bisnis Startup Teknologi

TCV dan ACV

Total Contract Value (TCV) merupakan alur transaksi atas sejumlah uang secara keseluruhan yang dikeluarkan oleh klien untuk perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Sementara Annual Contract Value (AVC) adalah ukuran dari keseluruhan uang yang dikeluarkan oleh klien kepada perusahaan dalam waktu setahun.

Dalam hal ini aktivitas yang diharapkan dari klien adalah lebih dari 12 bulan. Dan yang perlu ditekankan ialah keseluruhan Contract Value dan uang yang terkumpulkan bukanlah pendapatan (Revenue).

Net Revenue & Gross Margin

Net Revenue & Gross Margin merupakan salah satu penentu kesehatan dari finansial bisnis startup teknologi. Net Revenue adalah pemasukan sebenarnya yang didapatkan setelah mengurangi biaya penjualan barang dari (Gross) Revenue. Kegiatan ini biasanya banyak diterapkan di e-commerce, ketika nilai Net Revenue biasanya melibatkan pengurangan biaya termasuk didalamnya diskon dan pengembalian.

DuniaFintech/Fauzan

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU