26.7 C
Jakarta
Sabtu, 2 Desember, 2023

Jam Pasar Saham di Indonesia: Reguler hingga Derivatif

JAKARTA, duniafintech.com – Jam pasar saham adalah salah satu hal mendasar yang perlu diketahui saat kamu terjun ke dunia investasi saham.

Seperti diketahui, saat ini bermain saham memang bukan lagi sekadar hobi yang menguntungkan sebab banyak orang yang telah menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Nah, untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini, seperti dinukil dari Qoala.

Baca juga: Simulasi Saham Online Terbaik, Coba di 7 Platform Ini!

Jam Pasar Saham adalah

Jam pasar saham atau jam bursa saham pada dasarnya merupakan waktu yang diberikan oleh lembaga yang membuka sarana trading atau jual beli saham untuk investor dan trader dalam memasukkan penawaran jual atau permintaan beli saham.

Dari situlah kamu pun harus tahu bahwa memulai investasi saham berarti harus mengetahui kapan saja jam bursa saham dibuka. Adapun transaksi yang dilakukan diluar jam pasar saham tidak sah.

Hal itu berarti jika kamu membeli atau menjual saham sebelum jam pasar mulai atau setelah jam pasar berakhir maka transaksi tersebut tidak akan berhasil.

Jenis Pasar Saham Indonesia

  1. Pasar Reguler

Pasar reguler adalah tempat dilaksanakannya perdagangan saham di bursa yang dilakukan berdasarkan proses tawar-menawar secara lelang dan berkesinambungan oleh anggota bursa efek melalui JATS atau Jakarta Automated Trading System.

Pada umumnya, penyelesaian transaksi dilakukan pada hari bursa ketiga usai transaksi bursa atau T+3. Di pasar saham jenis ini, saham diperjualbelikan dalam satuan lot—adapun 1 lot adalah 100 lembar saham.

  1. Pasar Tunai

Di pasar tunai, saham diperdagangkan di bursa berdasarkan proses tawar-menawar secara lelang dan berkesinambungan oleh anggota BEI melalui JAT.

Namun, penyelesaian transaksinya lebih cepat ketimbang pasar reguler, yakni pada hari terjadinya transaksi atau T+0.

Satuan yang digunakan dalam transaksi pada jam perdagangan saham di pasar hari ini adalah lot, dengan 1 lot berisi 100 lembar saham.

  1. Pasar Negosiasi

Ini adalah jenis pasar saham ketiga dan menjadi pasar yang digunakan untuk perdagangan saham yang dilakukan secara pribadi.

Adapun penjual dan pembeli langsung melakukan negosiasi atau tawar menawar di pasar ini. Artinya, perdagangan tidak dilakukan melalui bursa.

Dalam hal ini, bursa hanya akan memantau jalannya transaksi lalu menyepakati hasilnya. Umumnya, pembelian saham dalam jumlah besar dilakukan di pasar negosiasi.

Jam Pasar Saham

Jam Pasar Saham di Indonesia

  1. Jam Perdagangan Pasar Reguler

Jam transaksi bursa pasar reguler dimulai dari 9.00-11.30 WIB dan dilanjutkan pada pukul 13.30-14.49 WIB.

Adapun pada Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional tidak ada transaksi yang dijalankan di bursa. Waktu ini juga berlaku bagi jam pasar saham Ajaib maupun platform saham resmi lainnya.

Sementara itu, untuk jam BEI untuk perdagangan di pasar reguler, ada beberapa sesi yang digunakan, yakni pra-pembukaan, pra-penutupan, dan pasca penutupan. Berikut ini rinciannya.

Baca juga: Cara Menghitung Nilai Intrinsik Saham dengan 4 Langkah Tepat

Pra Pembukaan

Untuk pra-pembukaan dilakukan sekitar 14—15 menit dengan agenda anggota BEI memasukkan penawaran jual atau permintaan beli.

Lantas, pada pukul jam 08:59 hingga 08:59:59, JATS akan membentuk harga pembukaan serta memperjumpakan penawaran jual dengan permintaan beli di harga pembukaan dengan berdasarkan price dan time priority.

Pra-Penutupan

Adapun pra-penutupan di pasar reguler terjadi pukul 14.50 hingga 14.58. Dalam hal ini, anggota BEI akan memasukkan penawaran jual atau permintaan beli.

Kemudian, akan ada rentang waktu penutupan perdagangan secara acak, yakni pada pukul 14:14:58:01 hingga 15:00:00.

Selanjutnya, JATS akan memproses harga penutupan dan kemudian mempertemukan penawaran jual dengan permintaan beli di harga penutupan berdasarkan price dan time priority, tepatnya pada pukul 15:00:01 hingga 15:00:59.

Pasca Penutupan

Pada sesi pasca penutupan, anggota BEI hanya bisa memasukkan penawaran jual atau permintaan beli pada harga penutupan.

Lantas, JATS akan mempertemukan penawaran jual dengan permintaan beli untuk efek yang sama baik sebagian maupun keseluruhan berdasarkan time priority. Agenda itu terjadi pada pukul 15:01:00 hingga 15:15:00.

  1. Jam Perdagangan Pasar Tunai

Adapun di pasar tunai, jam bursa saham dimulai pukul 09.00 sampai 11.30 pada hari Senin sampai Jumat.

Di pasar ini, hanya ada satu sesi di jam tersebut sehingga kamu tidak akan menemukan sesi dua apabila memperdagangkan saham di pasar ini.

  1. Jam Perdagangan Pasar Negosiasi

Pasar negosiasi dikhususkan bagi transaksi yang bersifat pribadi, yang memungkinkan pihak penjual dan pembeli melakukan tawar menawar atau negosiasi.

Dari namanya, kamu bisa melihat bahwa di pasar ini negosiasi dilakukan namun tanpa bursa sebagai perantara.

Untuk sesi satu buka setiap hari Senin sampai Jumat pada pukul 9 hingga 11.30, sementara sesi dua dimulai pukul 13.30 hingga 15.30 (Senin – Jumat).

  1. Jam Perdagangan Derivatif – Kontrak Berjangka

Derivatif adalah salah satu unsur instrumen yang dapat dijadikan sebagai instrumen investasi. Instrumen tersebut tercatat di BEI selain saham, reksadana, dan obligasi.

Ringkasnya, derivatif adalah perjanjian kontrak antara dua pihak atau lebih dengan tujuan jual beli aset maupun komoditas.

Kontrak itu kemudian akan menjadi objek perdagangan dengan harga yang disetujui oleh pihak pembeli dan penjual.

Adapun harga aset atau komoditas induk mempengaruhi harga nilai kontrak ini. Sebenarnya, derivatif adalah produk turunan dari semua instrumen investasi yang tersedia di pasar.

Salah satu jenis derivatif, yaitu kontrak berjangka atau futures. Seperti instrumen investasi lainnya, produk ini juga memiliki jam perdagangannya tersendiri.

Sesi pertama dilakukan pada pukul 08.45 sampai 11.30 dan sesi kedua dilakukan pukul 13.30 sampai 15.15 pada waktu JATS (Jakarta Automated Trading System) yang operasionalnya adalah di hari Senin sampai Jumat.

Untuk diketahui, perdagangan dari seri kontrak yang jatuh tempo berakhir di sesi dua, yakni pada pukul 15.00 waktu JATS.

  1. Jam Perdagangan Derivatif – Kontrak Opsi

Kontrak opsi adalah jenis lain dari derivatif, dengan pemegang instrumen investasi bisa membeli atau menjual aset mereka pada satuan harga tertentu sebelum atau tepat saat jatuh tempo.

Ketika memilih derivatif jenis ini sebagai instrumen investasi, kamu harus melakukan perdagangan di jam yang sudah ditentukan.

Adapun sesi pertama dimulai pukul 909.30 hingga 1.30 waktu JOTS dan sesi kedua dimulai pukul 13.30 hingga 15.30 waktu JOTS.

Kedua sesi jam bursa saham tersebut buka di hari Senin hingga Jumat. Hal yang harus kamu ingat adalah perdagangan seri kontrak yang jatuh tempo berakhir di sesi dua, yakni pukul 15.00 waktu JOTS.

JOTS adalah singkatan dari Jakarta Option Trading System, yaitu JATS yang memiliki fungsi khusus untuk perdagangan opsi saham.

  1. Jam Perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk melalui FITS

Adapun efek yang bersifat utang dan sukuk diperdagangkan melalui FITS pada hari Senin hingga Jumat di dua sesi dengan waktu berbeda.

Untuk sesi pertama adalah pada pukul 09.00 hingga 11.30 waktu FITS sedangkan sesi dua dimulai pukul 13.30 hingga 15.00 waktu FITS.

FITS atau Fixed Income Trading System merupakan sarana perdagangan obligasi dan sukuk yang Bursa Efek Indonesia atau BEI sediakan.

Obligasi atau surat utang dan sukuk yang bisa kamu perdagangkan melalui FITS adalah obligasi dan sukuk yang tercatat di BEI.

  1. Jam Perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk melalui Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA)

Berikutnya ada efek bersifat utang dan sukuk yang tercatat di BEI, yang bisa kamu perdagangkan melalui SPPA atau Sistem Penyelenggaran Pasar Alternatif di waktu yang ditentukan, yakni Senin—Jumat mulai 09.00 hingga 15.00 waktu SPPA.

Sebagai informasi, membeli saham diluar jam bursa dianggap tidak sah oleh badan pengawas sehingga kamu wajib mengikuti jadwal jam bursa saham yang berlaku di Indonesia.

Sementara itu, untuk mengetahui informasi bursa pasar saham hari ini tutup jam berapa atau di hari lainnya, kamu bisa memantau kalender jadwal libur bursa yang selalu diinformasikan dan diperbaharui melalui website resmi IDX di laman https://www.idx.co.id/berita/jadwal-libur-bursa/

Sekian ulasan tentang jam pasar saham yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Membeli Saham Luar Negeri dan Pilihan Sekuritasnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Jenis Cyber Crime, Perhatikan Dampak dan Cara Antisipasinya

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis Cyber Crime perhatikan dampak dan cara antisipasinya juga dikenal sebagai keamanan siber, mengacu pada kegiatan kriminal yang melibatkan penggunaan komputer,...

Cara mengajukan Asuransi Mobil Syariah yang Tepat

JAKARTA, duniafintech.com - Cara mengajukan asuransi mobil syariah tak jauh berbeda dengan pengajuan asuransi kendaraan yang menggunakan lembaga keuangan konvensional. Asuransi mobil adalah produk...

Manfaat Survei dalam Pengembangan Bisnis Penting Diketahui Nih

JAKARTA, duniafintech.com - Dalam pengembangan bisnis, survei merupakan sarana pengumpulan informasi penting yang manfaat peranannya juga sangat penting. Dengan bantuan survei, perusahaan mendapatkan informasi...

Bunga Deposito 1 Milyar Per Bulan, Simulasi Perhitungan Bank

JAKARTA, duniafintech.com - Bunga deposito 1 milyar per bulan akan berbeda-beda tergantung pada bank dan tenor deposito. Bunga deposito untuk setiap jumlah dan periode...

Cara Cerdas Melunasi Kartu Kredit

JAKARTA, duniafintech.com - Cara cerdas lunasi kartu kredit hadir disaat kamu merasa tidak mungkin untuk melunasi semua utang tersebut, benarkah? Jangan bingung dulu. Utang...
LANGUAGE