26.3 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

KARTINI DI ERA DIGITAL SAAT INI

duniafintech.com – Kartini merupakan sosok pahlawan nasional yang dikenal tangguh dalam memperjuangkan emansipasi wanita. Tanpa perjuangannya, wanita di Indonesia tidak akan bisa menikmati pendidikan dan kesetaraan hak dengan kaum pria.

Baca juga : PROFESI YANG PALING DICARI DI ERA TEKNOLOGI

Kartini dikenal dengan wawasannya yang luas akan ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Wanita tangguh ini pun memberi perhatian khusus pada masalah emansipasi wanita dengan melihat perbandingan antara wanita Eropa dengan wanita pribumi.

Baca juga : INFINIX HOT S3 HADIRKAN FITUR FACE UNLOCK

Tidak hanya itu, Kartini juga memberikan perhatian pada masalah sosial, menurutnya seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebasan, otonomi serta kesetaraan hukum.Untuk mengenang jasa-jasanya, Indonesia memperingati hari lahir R.A Kartini setiap tanggal 21 April.

Di era digital ini informasi sangat mudah di akses, semua orang dapat bebas mengekspresikan diri mereka serta pengaruh paham dan budaya asing terus masuk ke Indonesia dikarenakan kemajuan teknologi yang amat pesat. Tentunya hal tersebut merupakan tantangan para Kartini pada saat ini.

Baca juga : PERKEMBANGAN BITCOIN DI KOTA BOGOR DAN PREDIKSI KENAIKAN BITCOIN

Devie Rahmawati selaku Pengamat Sosial Universitas Indonesia (UI) yang juga Devie Rahmawati ini menjelaskan era digital adalah eranya perempuan. Hal itu karena karakter dunia digital bertumpu pada tiga kata kunci yaitu koneksi, kolaborasi, dan komunikasi.

Ini adalah karakter dasar yang menjadi DNA yang dimiliki perempuan, jelas Devie, yang dikutip dari JawaPos.com.

 

Perempuan juga memiliki kemampuan membangun jaringan, yang ke semuanya menjadi kebutuhan strategis untuk menjadi warga digital yang sukses,  tambahnya.

Sosok kartini di era digital ini juga memiliki keunggulan lain. Menurut Devie para kartini ini mampu memegang kendali di depan dan belakang panggung publik. Karena kepemimpinan perempuan bukan tentang sorot cahaya popularitas tetapi pada kualitas kehidupan yang dibangun perempuan untuk orang lain.

Karena sejatinya perempuan adalah obor yang selalu siap membagikan cahaya kearifan dan kekuatannya bagi banyak orang, tegasnya. 

 

Written by : Dinda Luvita
Picture by : Pixabay.com

1 KOMENTAR

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU