31 C
Jakarta
Selasa, 28 Juni, 2022

Kelebihan Asuransi Properti yang Jarang Diketahui

JAKARTA, duniafintech.com – Kelebihan asuransi properti nampaknya sedang marak diperbincangkan akhir-akhir ini. Asuransi properti merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan ganti rugi saat terjadinya kerusakan aset properti. Adapun yang masuk sebagai properti adalah apartemen, rumah, ruko, rumah susun, dan lain sebagainya. Keuntungan asuransi properti ini tentunya sangat bermanfaat.

Apalagi Indonesia sering dilanda masalah banjir, tsunami, kebakaran, dan lainnya. Adanya asuransi tersebut bisa mengurangi risiko saat aset properti mengalami kerusakan. Asuransi ini terbagi menjadi dua yakni Asuransi Property All Risk dan asuransi kebakaran. Polis ini ditujukan untuk menjamin kerusakan atau kerugian atas bangunan industri dan bangunan non industri.

Baca jugaApa Saja Manfaat Asuransi Bisnis? Yuk, Simak Ulasannya di Sini

kelebihan asuransi properti

Kelebihan Asuransi Properti

Ada beberapa hal yang ternyata masuk sebagai jaminan asuransi properti. Mulai dari bangunan, perhiasan, peralatan, perlindungan kecelakaan diri, sampai tanggung jawab hukum pihak ketiga. Selain itu, ada beberapa kelebihan yang membuat asuransi properti menjadi penting.

1. Melindungi Bangunan Rumah

Salah satu kelebihan dari asuransi properti adalah mampu melindungi bangunan rumah. Bisa dibilang fungsi utama dari asuransi tersebut adalah memberikan jaminan perlindungan kepada hunian beserta isinya.

Jika Anda mengalami kerusakan properti akibat kebakaran, kebanjiran, atau masalah lainnya, asuransi ini akan menjamin semuanya. Selain itu, juga diperluas dengan jaminan atas risiko kehilangan akibat pencurian atau pun gangguan lainnya.

Alhasil, adanya asuransi properti bisa memberikan rasa aman. Apalagi perlindungan asuransi bisa digunakan untuk menghadapi risiko kerugian yang tidak pasti. Alhasil, Anda sebagai pemilik aset bisa merasa aman dan percaya diri.

2. Mempunyai Biaya yang Murah

Kelebihan asuransi properti yang bisa dirasakan adalah biayanya yang murah. Berdasarkan jenis Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia, nilai premi yang dikenakan terbilang kecil. Sebagai contoh, 0,5 % dari 1 milyar rupiah, maka premi yang harus Anda bayar per tahun adalah Rp 500.000.

Melihat angka tersebut, tentunya premi asuransi sangat murah, bukan jika dilihat dari perbandingan nilai pertanggungannya? Dengan biaya tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan proteksi yang maksimal dari nilai properti yang cukup besar.

3. Nilai Rumah dan Premi Terjangkau

Kelebihan jika Anda menggunakan asuransi properti terbaik, nilai rumah bisa terjaga dan nilai premi pun terjangkau. Hal ini karena rumah menjadi aset yang mempunyai nilai tinggi. Alhasil, saat rumah mengalami kerusakan, nilai aset pun akan menjadi berkurang.

Namun, jika Anda mempunyai asuransi, nilai rumah bisa terjaga karena langsung dijamin oleh pihak asuransi. Selain itu, nilai premi juga relatif terjangkau karena manfaat asuransi lebih tinggi jika dibandingkan biaya premi.

4. Membuat Kondisi Finansial Lebih Stabil

Adanya asuransi properti akan membuat kondisi finansial lebih stabil. Hal ini karena Anda tidak akan mengeluarkan biaya atau mengganggu stabilitas ekonomi akibat mengalami kerusakan aset atau properti. Alhasil, Anda pun tidak akan mengalami gangguan finansial.

Baca jugaPenjualan Properti Digital di Dunia Metaverse Sentuh Rp7,19 Triliun

Rekomendasi Asuransi Properti Terbaik

Setelah melihat beberapa kelebihan menggunakan asuransi properti di atas, apakah Anda ingin mencobanya? Ada beberapa rekomendasi atau referensi yang bisa Anda pilih di bawah ini.

1. Asuransi Properti ACA

Asuransi properti ACA mempunyai dua polis asuransi properti yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan profil nasabahnya. Polis asuransi yang pertama adalah ACA Rumah Idaman yang akan memberikan jaminan terhadap properti rumah tempat tinggal. Sementara polis asuransi kedua adalah ACA Asuransi Semua Risiko Properti/Industri.

2. Asuransi Properti Adira

Polis Adira ini ditujukan untuk Anda yang mempunyai usaha kecil dan menengah atau UKM. Selain berfokus pada jaminan kerugian atas properti bangunan, asuransi uni memberikan santunan meninggal dunia atau cacat. Selain itu, juga ada pertanggungan biaya terkait pengobatan jika mengalami kebakaran.

3. Asuransi Properti Allianz

Ada lagi asuransi lainnya yang bisa Anda pilih, yakni asuransi properti Allianz. Dalam asuransi ini, ganti rugi terkait kerusakan aset bangunan bisa mencapai 20 miliar. Selain itu, terdapat biaya akomodasi sementara dan santunan meninggal dunia yang bisa ditemukan di asuransi Allianz.

Kesimpulan

Itulah alasan dan kelebihan yang bisa didapatkan jika mempunyai asuransi properti. Meski beberapa kalangan menganggap jika asuransi ini tidak dibutuhkan, nyatanya banyak kalangan yang membutuhkan asuransi tersebut.

Jika Anda ingin mencoba merasakan kelebihan asuransi properti di atas, bisa memilih asuransi terbaik yang tersedia. Meski menurut Anda tidak akan terjadi kerusakan properti, tapi tidak ada salahnya untuk mencegahnya, bukan?

Baca jugaMantap, Perusahaan Properti Mulai Terima Bitcoin Sebagai Alat Bayar Jual Beli Apartemen

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Komisi VI DPR Setuju, Waskita Karya Dapat ‘Dana Segar’ Rp 3 Triliun pada 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Komisi VI DPR RI menyetujui kucuran penyertaan modal negara atau PMN untuk PT Waskita Karya (Persero) Tbk senilai Rp 3 triliun...

Ford Ecosport — Harga hingga Besaran Pajaknya

JAKARTA, duniafintech.com – Mobil Ford Ecosport merupakan salah satu contoh mobil SUV yang mempunyai harga yang terjangkau.  Seperti diketahui, mobil SUV selama ini selalu dijual...

Wajib Diketahui, Ini Manfaat Sistem Akad Musyarakat di P2P Lending Syariah

JAKARTA, duniafintech.com - Konsep dari sistem pendanaan P2P LendingSyariah di era modern seperti sekarang mampu memberi poin terbaik. Pada banyak kebutuhan pinjaman dengan sistem...

Sebut Harga Pertalite dan Pertamax Harusnya Rp30 Ribu per Liter, Ini Alasan Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com – Harga keekonomian Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk RON 90 (Pertalite) dan 92 (Pertamax) seharusnya sekarang ini mencapai Rp30 ribu/liter. Hal itu sebagaimana...

Fitur Baru, Instagram Bakal Lakukan Verifikasi Umur Menggunakan Video Selfie

JAKARTA, duniafintech.com - Instagram tengah melakukan uji coba untuk melakukan verifikasi umur pengguna dengan cara baru. Nantinya, setiap pengguna Instagram diminta melakukan verifikasi umur yang...
LANGUAGE