32 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

Kelebihan dan Kekurangan Kripto, Trader Wajib Paham

JAKARTA, duniafintech.com – Kelebihan dan kekurangan kripto sangat penting untuk diketahui. Para investor atau trader kripto mesti memahaminya. 

Cryptocurrency atau mata uang kripto saat ini tengah populer menjadi salah satu instrumen investasi yang menguntungkan. Kripto makin digandrungi masyarakat sebagai sarana investasi. 

Mengenal Apa Itu Kripto 

Melansir Investopedia, cryptocurrency atau mata uang kripto adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptography, mata uang digital ini menjadi hampir tidak mungkin dipalsukan.

Pencatatan semua transaksi yang dilakukan tersimpan pada teknologi blockchain. Blockchain tersebar luas antara satu komputer dengan komputer lain dan terkoneksi di dalam satu jaringan yang tersebar luas sehingga tidak terpusat pada satu tempat, atau dikenal dengan istilah desentralisasi.

Baca jugaMelihat Kelebihan Indodax, Platform Jual Beli Kripto Terpercaya di Indonesia

Sederhananya, kripto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga.

Selain digunakan sebagai alat transaksi, banyak pengguna yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Hal ini disebabkan oleh naik turunnya nilai mata uang virtual tersebut.

Di sini juga berlaku hukum penawaran dan permintaan (supply-demand). Artinya, semakin banyak orang yang menanamkan modalnya pada cryptocurrency, nilainya akan semakin tinggi.

Di Indonesia sendiri aset kripto yang dikategorikan sebagai emas digial telah mendapatkan legalitas hukum melalui Peraturan Badan Pengawasan Perdagangan Komoditi (Bappebti).

Kelebihan dan Kekurangan Kripto

Kelebihan dan Kekurangan Kripto

Baca jugaMengenal Manfaat Kripto: Pengertian dan Jenis-jenisnya yang Populer

Kelebihan Kripto 

Sebagai mata uang digital yang telah banyak digunakan oleh masyarakat, cryptocurrency tentunya memiliki beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui. Berikut ini beberapa kelebihan dari mata uang digital:

  1. Bersifat Universal

Kelebihan mata uang digital pertama yaitu bersifat universal. Hal tersebut karena siapapun bisa membeli mata uang digital ini. Selain hal tersebut, untuk parameter yang menjadi tolak ukur untuk nilai tukar juga lebih mudah dan tidak sebanyak mata uang konvensional pada umumnya.

2. Transaksi Dapat Dilakukan dengan Cepat

Kelebihan mata uang digital yang kedua yaitu untuk melakukan transaksi dapat kamu lakukan dengan cepat. Sebagai contoh, apabila kamu akan melakukan transaksi antara bank internasional, maka hal tersebut bisa menghabiskan waktu sampai hitungan hari. Lain hal dengan mata uang digital ini, transaksi dapat terlaksana dalam hitungan menit.

3. Bisa Dikontrol Secara Pribadi

Kelebihan mata uang digital ini yang selanjutnya yaitu bisa kamu kontrol secara pribadi. Ketika kamu menggunakan mata uang digital ini dan bahkan memutuskan untuk berinvestasi, maka kamu dapat bekerja secara mandiri dan bertanggung jawab terhadap aset yang yang kamu miliki

Kekurangan Kripto

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari mata uang digital ini, tentunya mata uang digital ini juga memiliki kekurangannya tersendiri. Berikut ini beberapa kekurangan dari cryptocurrency tersebut:

  1. Terjadinya Kejahatan

Saat kamu melakukan transaksi mata uang digital ini, maka kamu tidak dapat mengetahui dengan siapa kamu melakukan transaksi. Kamu hanya dapat melihat informasi berupa angka seperti berapa harga mata uang digital tersebut dan lain sebagainya. Karena hal tersebut, mata uang digital ini bisa saja menjadi tempat pencucian uang atau berbagai hal yang bisa melanggar hukum.

2. Dianggap Ilegal

Meskipun mata uang digital ini bukan hal baru di masyarakat, namun masih saja tetap ada yang berpendapat bahwa mata uang digital ini adalah hal yang ilegal. Hal tersebut juga karena ada beberapa negara yang tidak memberikan izin untuk menggunakan sarana transaksi mata uang digital tersebut.

Apakah Kamu Tertarik Investasi Kripto?

Itulah beberapa informasi seputar dunia kripto. Cryptocurrency merupakan sebuah aset mata uang digital yang kini sudah banyak sekali orang yang mengetahuinya. Untuk membeli kripto, anda bisa memulainya di Indodax

Indodax merupakan salah satu exchange kripto terpercaya di Indonesia, dengan memiliki jumlah member sebanyak 5,3 juta pengguna. Indodax juga memiliki indodax academy yang bisa menjadi tempat buat kamu untuk belajar. 

Demikianlah penjelasan seputar kelebihan dan kekurangan kripto. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat Anda.

Simak berita dan ulasan lengkap mengenai dunia cryptocurrency dan fintech hanya di Duniafintech.com.

Baca juga: Cara Main Indodax buat Pemula, Begini Panduan Lengkapnya

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Jangan Salah Kira, Inilah Perbedaan Bitcoin dan Stablecoin

JAKARTA, duniafintech.com - Perbedaan Bitcoin dan Stablecoin sangat mencolok. Data dari Coinmarketcap menunjukkan ada sekitar 20 ribu kripto yang tercatat.  Dari sekian banyak kripto di...

Lindung Konsumen, AFPI Percepat Sertifikasi Tenaga Penagihan

JAKARTA, duniafintech.com – Untuk meningkatkan perlindungan konsumen, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) percepat program pelatihan dan sertifikasi bagi para tenaga penagihan sehingga di...

Cara Bayar Shopee PayLater lewat BSI Mobile, Cobain Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Shopee PayLater Lewat BSI Mobile berikut ini perlu kamu coba sebab akan menawarkan kemudahan dalam prosesnya. Sebagai pengingat kembali, saat...

Platform Digital Syariah Buatan Aceh Dukung Ekonomi Syariah

JAKARTA, duniafintech.com - Akses permodalan harus terbuka bagi para pelaku usaha agar potensi ekonomi syariah tumbuh optimal. Aceh Sharia Funding Agregator (ASIFA) sebagai salah...

AS Sanksi Tornado Cash yang Terlibat Hacker Korea Utara

JAKARTA, duniafintech.com - Departemen Keuangan AS telah menambahkan mixer crypto, Tornado Cash, ke daftar organisasi yang terkena sanksi. Mereka juga  melarang semua warga AS...
LANGUAGE