29.9 C
Jakarta
Minggu, 21 April, 2024

Kelola Rp1.170 Triliun, Sri Mulyani Instruksikan BLU untuk Produktif dan Kerja Keras

JAKARTA, duniafintech.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut bahwa terdapat 264 Badan Layanan Umum (BLU) di seluruh Indonesia yang mengelola nilai aset sebesar Rp 1.170 triliun. Atas hal itu, Realisasi pendapatan BLU pada tahun 2022 mencapai Rp 89,5 triliun atau telah melampaui target Rp 78,8 triliun.

“Seharusnya tidak usah ditonjolkan pendapatan, harusnya ditanya Rp1.170 triliun aset yang dikelola pantes nggak menghasilkan pendapatan Rp 89,5? Ini yang saya sering mengatakan asetnya jangan dibiarkan tidur, bapak dan ibu kerjanya luar biasa. Asetnya harus bekerja,” Sri Mulyani. 

Baca juga: Seruan tak Bayar Pajak, Wamenkeu Pastikan Pegawai Kementerian Taat Bayar Pajak

Lebih lanjut, Sri Mulyani menekankan kepada para pengelola BLU untuk dapat penggunaan aset secara produktif, optimal menuju perbaikan, serta dengan rambu rambu tata kelola yang baik dan tanpa korupsi.

“Saya berharap pada saat pengelolaan aset dan juga bahkan masih mendapatkan suntikan APBN, bapak dan ibu sekalian para pengelola dan para dewan pengawasnya mulai berpikir kreatif, inovatif, dan berpikir keras,” kata Sri Mulyani. 

Sri Mulyani juga menghimbau kepada seluruh BLU untuk memenuhi arahan Presiden dengan memprioritaskan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia melalui penurunan kemiskinan ekstrim, menurunkan stunting, dan menggiatkan investasi untuk menciptakan kesempatan kerja yang berkualitas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Akibat Ulah Anak Bertindak Kriminal, Menkeu Copot Jabatan Sang Ayah Rafael Alun Trisambodo 

“Kalau BLU nya bagus, well perform, kesehatan keuangannya baik, aset dikelola baik, tata kelola nya baik, pasti banyak investor ingin bekerja sama,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani berharap agar seluruh BLU dapat meningkatkan kinerjanya di bidang masing-masing, serta dapat berkoordinasi dan bersinergi untuk mendapatkan ide-ide baru yang lebih kreatif dan produktif dalam mengelola BLU.  

“Tentu saya berharap BLU-BLU juga bisa meningkatkan kinerjanya. Kita punya BLU di bidang lingkungan hidup, kelapa sawit, itu semuanya yang memiliki peran langsung terhadap isu isu perubahan iklim. Selain itu, BLU di bidang kesehatan yang memiliki peran di bidang kesehatan dan penanganan pandemi,” kata Sri Mulyani. 

Baca juga: Berita Ekonomi Hari Ini: Menkeu Sebut Kondisi Ekonomi Indonesia Lebih Baik daripada Negara di ASEAN dan G20

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE